Connect with us

OLAHRAGA

Bamsoet Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Published

on

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memandang Indonesia bisa mengambil peluang atas permasalahan yang tengah dihadapi Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Sebagaimana diketahui, Prancis tengah menyelidiki mantan Presiden Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) sekaligus Wakil Presiden FIFA, Michael Platini. Penyelidikan yang dilakukan Prancis tersebut menitikberatkan kepada intervensi Prancis yang melibatkan Michael Platini dan mantan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, atas dugaan skandal suap yang menjadikan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

“Sebagai sahabat, Indonesia tentu prihatin atas berbagai kejadian yang menimpa Qatar. Kita memang belum tahu seperti apa hasil akhir penyelidikan yang dilakukan Prancis. Apakah tidak ada sanksi apapun, atau justru akan berujung kepada tindakan FIFA menganulir keputusan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Sebagaimana pada tahun 1982, FIFA pernah membatalkan Colombia sebagai host Piala Dunia 1986. Jika seandainya hal itu sampai terjadi lagi pada Qatar, maka Indonesia sebagai salah satu negara terbesar di benua Asia, bisa mengisi kekosongan host tersebut,” ujar Bamsoet saat menerima Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSBI), di Ruang Kerja Ketua DPR RI, Jakarta, Rabu (26/06/19).

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain, Ketua Umum MSBI Sarman El Hakim, Sekjen MSBI Hary Saputra dan para pengurus lainnya seperti Bambang Roni, Eko S Tjiptadi, Noah Meriem, Zulfikar Utama, Hariqo serta Agres Setiawan.

Bendahara Umum DPP Partai Golkar periode 2014-2016 ini menambahkan, jika pun FIFA tidak menganulir Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, Indonesia masih berpeluang menjadi host Piala Dunia pada 2034. Dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-34 yang saat ini tengah dilakukan di Bangkok, Thailand, sepuluh negara ASEAN termasuk Indonesia telah mengajukan tawaran bersama untuk menjadi host Piala Dunia 2034.

“Presiden The Asean Football Federation (AFF), Khiev Sameth, juga telah mendukung langkah tersebut. Sebagai sebuah kawasan yang tumbuh dengan pesat, di tahun 2013 saja PDB ASEAN mencapai USD 2,4 triliun dollar, dengan jumlah penduduk lebih dari 639 juta jiwa. Konektifitas masyarakat ASEAN juga sangat tinggi, transportasi dari satu negara ke negara lainnya sangat mudah, baik menggunakan jalur darat, laut, maupun udara. Tidak perlu ditanya mengenai kebudayaan, karena semua sudah tahu bagaimana kayanya kebudayaan dan kesenian masyarakat ASEAN,” tutur Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menilai, dari segi infrastruktur, Indonesia sudah sangat siap menjadi host Piala Dunia. Masyarakat Indonesia yang terkenal keramahan dan kesantunannya akan dengan suka cita menyambut para tamu yang datang dari berbagai negara. Terbukti pada saat menjadi host ASIAN Games 2018 lalu, berbagai dunia mengakui kinerja dan pelayanan yang diberikan Indonesia.

“Selain menjadi kebanggaan nasional, dengan menjadi host sepakbola yang merupakan olahraga sejuta umat, Indonesia bisa semakin merekatkan persaudaraan sebagai sesama anak bangsa. Di sisi lain, dari segi potensi ekonomi, multiplier effectnya akan sangat besar sekali,” pungkas Bamsoet. (Dwi)

OLAHRAGA

Bamsoet Gelar Turnamen Catur Nasional ‘Indonesia Master’ Tanggal 19 Juni 2021

Published

on

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) akan menggelar Turnamen Catur Nasional ‘Indonesia Master’ memperebutkan Piala Bergilir Ketua MPR RI dan Piala Tetap Menpora RI. Acara akan diselenggarakan pada 19 Juni 2021, di Lobi Gedung Nusantara V, Komplek Majelis, dan disiarkan secara langsung melalui live streaming di kanal youtube MPR RI dan kanal Youtube Bamsoet Channel.

“Turnamen akan diikuti 50 peserta. Antara lain 3 Grand Master (GM) yakni GM Susanto Megaranto, GM Cerdas Barus, dan GM Novendra Priasmoro. serta Women Grand Master (WGM) Media Warda Aulia. Peserta juga berasal dari kelas Women International Master (WIM) yang menjadi atlet Pelatnas Sea Games 2021, antara lain WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite, WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra, WIM Ummi Fisabilillah, WIM Shanti Nur Abidah, dan WIM Dita Karenza (pelatnas Sea Games). Peserta lainnya terdiri dari 19 Master Internasional (MI), antara lain MI Mohamad Ervan, MI Yoseph Theolifus Taher, MI Sean Winshand Cuhendi, MI Farid Firmansyah, MI Muhammad Lutfi Ali, dan MI Danny Juswanto,” ujar Bamsoet dalam Konferensi Pers persiapan Turnamen Catur Indonesia Master, di Press Room MPR RI, Jakarta, Senin (14/6/21).

Turut hadir Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto yang juga Ketua Fraksi PDI-Perjuangan. Hadir pula GM Susanto Megaranto, dan WGM Irene Kharisma Sukandar yang akan menjadi komentator Turnamen Catur ‘Indonesia Master’. Kehadiran komentator sangat penting, agar masyarakat yang menyaksikan turnamen melalui kanal Youtube MPR RI dan Bamsoet Channel bisa lebih memahami jalannya pertandingan.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, selain dijadikan ajang persiapan bagi para atlet catur Pelatnas Indonesia, turnamen Indonesia Master tersebut juga menjadi ajang persiapan bagi GM Susanto Megaranto, WGM Irene Kharisma Sukandar, WGM Medina Warda Aulia, dan Master Internasional Mohamad Ervan menghadapi Piala Dunia Catur 2021 yang akan digelar di Sochi, Rusia, pada Juli-Agustus 2021.

“Untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil mengirimkan empat atlet catur ke ajang Piala Dunia Catur. Sebuah hal yang membanggakan. Karenanya sebagai sesama anak bangsa, kita wajib memberikan dukungan dalam bentuk apapun. Termasuk memfasilitasi mereka untuk berlatih dengan menyiapkan ajang turnamen bergengsi di dalam negeri,” jelas Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini mengungkapkan, selain memperebutkan hadiah total mencapai Rp 105 juta, akan ada hadiah menarik door prize bagi para peserta turnamen catur berupa 1 unit motor listrik Bike Smart. Melalui turnamen tersebut, sekaligus bisa mempromosikan percepatan migrasi penggunaan kendaraan konvensional berbagahan bakar minyak ke kendaraan bermotor listrik.

Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto menerangkan, Turnamen Catur ‘Indonesia Master’ merupakan turnamen catur terbesar tatap muka pertama yang diselenggarakan, setelah hampir setahun absen akibat Pandemi Covid-19. Penyelenggaraanya akan tetap mengedepankan protokol kesehatan agar tidak menjadi kluster penyebaran virus Covid-19.

“Selain seluruh peserta dan panitia turnamen sudah divaksin, panitia turnamen juga tetap mewajibkan peserta dan panitia yang datang ke lokasi turnamen terlebih dahulu melakukan swab antigen, menjaga jarak, serta memakai masker. Menunjukan ketatnya protokol kesehatan yang dijalankan,” pungkas Utut Adianto. (dwi)

Continue Reading

OLAHRAGA

Kantor Sekretariat IMI Pusat Tempati Kawasan Gelora Bung Karno

Published

on

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelanggang Olahraga Bung Karno (PPKGBK) Rakhmadi Kusumo menandatangani perjanjian kerjasama antara IMI dengan PPKGBK. Melalui kerjasama tersebut, IMI bisa memanfaatkan ruangan seluas 334,15 meter persegi di Gedung Elevated Parkir A, Unit Parkir Timur dan Hutan Kota, kawasan GBK, sebagai kantor sekretariat IMI Pusat. 

“Pemindahan kantor sekretariat IMI Pusat dari kawasan Jalan MInangkabau, Manggarai ke komplek GBK, tidak lain agar lebih representatif, mudah dijangkau, serta ketersediaan lahan parkir yang sangat memadai. Selain juga untuk berkontribusi meramaikan kawasan Gelora Bung Karno sebagai kawasan olahraga. Sejalan dengan visi IMI untuk memajukan olahraga otomotif nasional,” ujar Bamsoet usai penandatanganan perjanjian kerjasama sewa ruangan antara IMI dengan PPKGBK, di Jakarta, Jumat (11/6/21). 

Turur hadir pengurus IMI Pusat, antara lain Sekjen IMI Ahmad Sahroni, Badan Pengawas Brigjen Pol Syamsul Bahri dan Jeffrey JP, Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil Ananda Mikola, Wakil Ketua Umum IT dan Digital Tengku Irvam Bahran, Wakil Ketua Umum Event dan Internasional Judiarto, Plt Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Eddy Saputra, Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, serta Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho. 

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, dengan menempati kantor baru di kawasan GBK, keluarga besar IMI memiliki dorongan semangat baru agar lebih maksimal memberikan pelayanan dan koordinasi terhadap berbagai kegiatan olahraga maupun mobilitas klub otomotif. Mengingat suasana lingkungan kerja di GBK sangat kondusif dan asri. Sehingga staf bisa terhindar dari kejenuhan akibat rutinas kerja. 

“Jika sudah selesai kerja atau lagi penat, bisa langsung olahraga di sekitar kawasan GBK. Begitupun dengan para anggota dan pengurus IMI dari berbagai daerah yang sedang berkunjung ke Jakarta, bisa dengan mudah main ke kantor sekretariat IMI. Setelah itu bisa menikmati suasana GBK yang sporty and healthy,” jelas Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, dengan berkantor di kawasan GBK, IMI Pusat juga turut berkontribusi dalam membantu peningkatan pendapatan negara melalui pembayaran biaya sewa ruangan. Perjanjian sewa tersebut berlaku selama 4 tahun, terhitung sejak 1 Juli 2021 hingga 30 Juni 2025, dan dapat diperpanjang kembali 4 tahun dengan syarat dan ketentuan mengikuti tarif yang berlaku. 

“Kantor baru sekretariat IMI tidak hanya akan menjadi ruangan kosong tanpa makna. Selain sebagai tempat mengurus berbagai kegiatan administrasi, kita juga akan hidupkan suasana kantor dengan berbagai kegiatan produktif seputar olahraga dan mobilitas otomotif,” pungkas Bamsoet. (dwi )

Continue Reading

OLAHRAGA

Bamsoet Dukung Touring Ekspedisi Jelajah Kebangsaan Wartawan

Published

on

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung penuh pelaksanaan ‘Touring Ekspedisi Jelajah Kebangsaan Wartawan (JKW)’ keliling nusantara yang akan dilakukan wartawati Wariani Krishnayanni. Yanni akan melakukan solo touring-hiking sejauh 17.000 Km mengendarai motor dari Sabang hingga Merauke. 

“Yanni juga akan mendaki tujuh gunung tertinggi yang disinggahinya. Solo touring-hiking ini akan menyita waktu sekitar 4 bulan. Rencana akan dimulai pada tanggal 17 Agustus 2021 dari halaman Istana Negara RI Jakarta dan finish kembali di Jakarta pada 22 Desember 2021, tepat di Hari Ibu,” ujar Bamsoet usai menerima Yanni di Jakarta, Rabu (2/6/21).

Turut hadir antara lain Ketua PWI Pusat Atal S Depari, Bendahara PWI Pusat Dar Edi Yoga, Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Nurjaman, tim pelaksana JKW Herwan Pebriansyah, Nonnie Rering dan Agus Asianto. 

Ketua DPR RI ke-20 ini menuturkan, keinginan Yanni melakukan solo touring-hiking untuk memastikan hasil pembangunan infrastruktur di era Presiden Joko Widodo berjalan baik dan nyaman. Selain, mempromosikan berbagai daerah wisata dan Empat Pilar MPR RI. 

“Yanni juga ingin membuktikan bahwa kaum perempuan dapat menorehkan prestasi dengan memecahkan rekor MURI yaitu touring sambil mendaki 7 puncak tertinggi di Indonesia. Ia akan menempuh perjalanan bermotor di tanah Jawa sejauh 1.140 Km, Sumatera 5.075 Km, Kalimantan 3.743 Km, Sulawesi 4.237 Km, Sunda Lesser 2.425 Km dan Maluku – Papua sepanjang 807 Km,” jelas Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menambahkan, Yanni mulai menekuni kembali hobi mendaki sejak tahun 2017. Hingga saat ini sudah 21 gunung yang didaki di Jawa, Lombok dan Flores.

“Sangat jarang seorang wartawati yang memiliki hobi mengendarai motor sekaligus mendaki gunung. Touring yang dilakukan Yanni bisa mendukung sport tourism yang tengah digalakan pemerintah, dengan menuangkan dan mempromosikan keindahan alam yang dilalui melalui tulisan di media massa ataupun media sosial,” pungkas Bamsoet. (dwi)

Continue Reading

Selamat Hari Raya Idul Fitri

Kategori

Topik Terkini

Trending