Connect with us

RAGAM

Bolehkah Ucapkan Selamat Natal? Ini Jawaban Lengkap MUI

Published

on

JAKARTA – Sehubungan dengan adanya polemik terkait dengan boleh tidaknya umat Islam memberikan ucapan selamat Natal kepada Umat Kristiani. Bagaimana tanggapan Majelis Ulama Indonesia (MUI)?

Menurut Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi, terkait hal itu ada perbedaan pandangan para ulama. Sebagian ulama ada yang melarang dan sebagiannya lagi membolehkan.

“MUI sendiri belum pernah mengeluarkan ketetapan fatwa tentang hukumnya memberikan _tahniah_ atau ucapan Selamat Natal kepada umat Kristiani yang merayakannya, sehingga MUI mengembalikan masalah ini kepada umat Islam untuk mengikuti pendapat ulama yang sudah ada sesuai dengan keyakinannya,” jelas Zainut pada wartawan, Jakarta, Selasa (25/12/2018) kemarin.

Zainut menyampaikan, MUI menghormati pendapat ulama yang menyatakan bahwa mengucapkan selamat Natal itu hukumnya haram atau dilarang oleh agama.

“Hal itu didasarkan pada argumentasi bahwa mengucapkan selamat natal itu bagian dari keyakinan agamanya,” ujarnya.

“Begitu juga sebaliknya MUI menghormati pendapat ulama yang menyatakan bahwa mengucapkan selamat natal itu hukumnya mubah/boleh dan tidak dilarang oleh agama, karena didasarkan pada argumentasi bahwa hal itu bukan bagian dari keyakinan agama tetapi sebatas memberikan penghormatan atas dasar hubungan kekerabatan, bertetangga, dan relasi antarumat manusia,” sambungnya.

Alasan itu, MUI mengimbau kepada masyarakat untuk arif dan bijaksana dalam menyikapi perbedaan pendapat tersebut dan tidak menjadikan polemik yang justru bisa mengganggu harmoni hubungan antarumat beragama.

Politisi PPP yang duduk di Komisi IV DPR itu menyebutkan, MUI berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus menjaga dan memelihara ukhuwah atau persaudaraan diantara sesama anak bangsa.

“Baik ukhuwah Islamiyah (persaudaraan keislaman), ukhuwah basyariyah (persaudaraan atas dasar kemanusiaan) maupun ukhuwah wathaniyyah (persaudaraan kebangsaan).

“Demi terciptanya kehidupan masyarakat yang rukun, damai dan harmonis,” pungkas mantan Ketua Umum IPNU dua periode ini. (H3)

 

RAGAM

Ahmad Latupono Buka Konferensi ke-III HMI MPO Cabang Bireuen

Published

on

By

KabaRakyat.com | Bireuen – Ketua Umum PB HMI MPO Ahmad Latupono membuka secara resmi Konferensi ke-III Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI-MPO) Cabang Bireuen. Pembukaan Konferensi ini diselenggarakan di Aula Kampus Akper Muhamadiyah Bireuen, Lantai Tiga, Rabu (25/11/2020). (lebih…)

Continue Reading

RAGAM

HMI MPO Cabang Aceh Timur Gelar LK I Dengan Prokes Covid-19

Published

on

By

KabaRakyat.com | Aceh Timur – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Komisariat Gabungan Cabang Aceh Timur menggelar kegiatan Basic Training atau Latihan Kader (LK I) yang bertempat di MAS Idi Cut, Darul Aman. Kegiatan ini dengan tema “Menumbuhkan Integritas dan Loyalitas Mahasiswa Dalam Berorganisasi Dengan Semangat Kebangsaan Dalam Bingkai Keislaman”. (lebih…)

Continue Reading

RAGAM

Alhamdulillah, Alun-alun Purbalingga Bersih dari PKL

Published

on

By

KabaRakyat.com | PURBALINGGA – Pemerintah Purbalingga berusaha keras agar alun-alun bebas PKL dan akhirnya mulai bisa terasa akhir-akhir ini. Para PKL baik yang model asongan dan gerobak, sudah tidak terlihat, apalagi sampai kucing-kucingan. Apalagi, Sat Pol PP Purbalingga terus patroli siang dan malam serta langsung menangani yang terbukti berjualan. (lebih…)

Continue Reading














Kategori

Topik Terkini

Trending