Connect with us

OLAHRAGA

Di Rapat Formatur IMI, Bamsoet Harap Indonesia Menjadi Kiblat Otomotif Kendaraan Listrik Dunia

Published

on

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga dipercaya menjadi Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) memimpin rapat Final Tim Formatur penyusunan kepengurusan IMI periode 2021-2024. Rapat formatur memutuskan Ketua Dewan Pembina Letjen TNI AD AM Putranto dengan anggota antara lain Hutomo Mandala Putra, Nanan Soekarna, Sambudi Gustian, Tinton Soeprapto, Ricardo Gelael, Rommy Winata, Iwan Bule, Prasetyo Edi Marsudi dan lain-lain. Sementara Sekretaris Jenderal dipegang Ahmad Sahroni, Bendahara Umum dipegang Effendi Gunawan. Para Wakil Ketua Umum antara lain Sadikin Aksa, Boy Haryanto Joedo, Rifat Sungkar, M Riyanto, Judiarto (Event Internasional), Tengku Irvan Bahran (Motorsport Digital) dan Muhamad Setiawan (Pengembangan Kendaraan Listrik).

Pengurus di bidang balap roda empat dan roda didominasi oleh anak-anak muda milenial pembalap prestasi.

Pelantikan pengurus rencananya dilakukan oleh Ketua KONI pada awal Februari 2021, dihadiri Menteri Perhubungan, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Perindustrian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hingga Kapolri. 

“Para tokoh balap dan otomotif nasional juga terlibat dalam kepengurusan IMI 2021-2024. Antara lain Moreno Soeprapto di Badan Penasehat. Rifat Sungkar sebagai Wakil Ketua Umum Mobilitas dan Ananda Mikola sebagai Ketua Komisi Balap Mobil. Para milenial dan selebritis pecinta otomotif juga ambil bagian. Antara lain Rudy Salim sebagai Wakil Bendahara. Di Bidang Komunikasi dan Media Sosial ada Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Andre Taulany, Gading Marten hingga Jolene Marie,” ujar Bamsoet di Jakarta, Jumat (15/1/21). 

Mantan Ketua Komisi III DPR RI dan Ketua DPR RI ke-20 ini mengungkapkan, beberapa nama senior di dunia balap dan otomotif juga akan terlibat di kepengurusan IMI 2021-2024. Antara lain Letjen TNI A.M Putranto, Tinton Soeprapto, Hutomo Mandala Putra (Tomy Soeharto), Ricardo Gelael, Rosan Roeslani, Komjen Pol (purn) Nanan Soekarna, Romy Winata, hingga Yapto Sumarmo yang berada di Badan Pembina. 

“Kombinasi senior-junior akan menguatkan semangat gotong royong di kepengurusan IMI 2021-2024. Karena memajukan industri dan olahraga otomotif perlu melibatkan banyak pihak, baik dari unsur pemerintahan hingga berbagai kalangan masyarakat,” ungkap Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menambahkan, dalam kepengurusan IMI 2021-2024 akan ada posisi baru, yakni Direktur Pengembangan Kendaraan Listrik yang akan dipegang oleh Setiawan. 

“Salah satu misi IMI adalah mempercepat migrasi kendaraan konvensional berbahan bakar fosil ke kendaraan bermotor listrik. Bersama pemerintah, IMI ingin mewujudkan Indonesia sebagai kiblat otomotif kendaraan bermotor listrik dunia. Karena kita punya sumber daya nikel yang luar biasa, market yang besar dengan 260 juta penduduk, serta infrastruktur jalan hingga pelabuhan yang sangat layak sebagai penunjang ekspor,” pungkas Bamsoet. (Dwi)

OLAHRAGA

Hadiri Arowana Exhibition Charity and Competition, Bamsoet Dorong Ekspor Ikan Hias

Published

on

By

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak para pelaku usaha untuk kreatif menghadapi pandemi Covid-19. Karena di setiap masalah pasti ada peluang yang bisa diambil. Sebagaimana yang terjadi pada pelaku usaha budidaya ikan hias, yang justru mencatatkan nilai peningkatan ekspor. 

“Sebagai gambaran, pada tahun 2012, nilai ekspor ikan hias Indonesia tercatat sebesar USD 21 juta. Pada tahun 2019 meningkat pesat menjadi USD 33 juta, atau mengalami kenaikan sebesar 57,54 persen. Meskipun di awal masa pandemi nilai ekspor ikan hias sempat mengalami penurunan, namun perlahan-lahan mulai bangkit dan terus mengalami peningkatan. Seiring dengan semakin banyaknya negara-negara tujuan ekspor yang mulai melonggarkan kebijakan impor di masa pandemi,” ujar Bamsoet dalam acara Arowana Exhibition Charity and Competition, di Jakarta, Jumat (5/3/21). 

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, salah satu komoditas ekspor ikan hias yang paling menjanjikan dan memberikan kontribusi terbesar pada devisa negara sektor non-migas adalah ikan Arwana Super Red. Meskipun dari perspektif potensi bisnis ekspor ikan hias jenis ini mempunyai nilai ekonomi tinggi, pelestarian ikan-ikan endemik Indonesia seperti Arwana harus terus dilestarikan dan dijaga agar jangan sampai punah. Karenanya diperlukan langkah-langkah pembudidayaan yang baik dan benar. 

“Saya mengucapkan selamat dan turut berbangga atas berlangsungnya acara Iseereds Arowana Competition and Expo yang telah di mulai dari tanggal 4 Maret kemarin, sampai dengan 7 Maret yang akan datang. Iseereds adalah contoh nyata yang menguatkan argumen bahwa budidaya yang baik dan benar akan memberikan hasil yang optimal, ini terbukti dari banyaknya kontes yang telah dimenangkan oleh Iseereds.
Acara yang diselenggarakan pada hari ini merupakan ajang Pelestarian Ikan Asli Indonesia yang menjadi Salah Satu Jenis Ikan Hias Terbaik Di Dunia, yang ternyata banyak diminati di berbagai negara luar seperti Singapura, Malaysia, Hongkong, Tiongkok, Jepang dan Filipina,” ujar Bamsoet yang juga penggemar Ikan Arowana Super Red.

Hadir dalam acara tersebut Anggota DPR RI Robert Kardinal, komunitas Arowana dan pegiat Iseereds, Edy, Michael serta Rudiyanto.

“Dengan metode budidaya yang baik dan benar, kita tidak saja melestarikan satwa endemik Indonesia, tetapi juga menjamin peluang bisnis bagi para pelaku usahanya agar dapat terus konsisten mengekspor ikan Arwana ke berbagai negara dan menyumbang devisa negara,” jelas Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menerangkan, acara pameran seperti Arowana Exhibition Charity and Competition bisa dijadikan ajang pelestarian ikan asli Indonesia yang menjadi salah satu jenis ikan hias terbaik di dunia. Peminatnya pun sangat banyak, tersebar ke berbagai negara luar, seperti Singapura, Malaysia, Hongkong, Tiongkok, Jepang dan Filipina. Bahkan, ada arwana terbaik di dunia yang harga jualnya mencapai Rp 1,5 miliar.

“Satu hal yang membuat saya bangga atas penyelenggaraan event ini adalah adanya charity atau aksi sosial. Di mana Iseereds selaku pihak penyelenggara akan menyumbangkan uang dari hasil kontes dan sponsor ke panti asuhan yang mereka pilih atau instansi penanggulangan Covid-19,” pungkas Bamsoet. (dwi)

Continue Reading

OLAHRAGA

IPW Diingatkan Arema FC untuk Tidak Provokasi Terkait Piala Menpora

Published

on

Malang – Klub Liga 1 mengingatkan agar IPW tidak memprovokasi rencana gelaran Piala Menpora 2021 yang telah mengantongi ijin untuk digelar pada 21 Maret mendatang dengan ketakutan dan ancaman beelebihan terkait Covid 19.

Sudarmaji, Jubir Arema FC menyayangkan pernyataan sikap IPW terkait gelaran Piala Menpora.

“Ditengah kondisi sulit dan rumit sepakbola kita, harusnya IPW memberi solusi konstruktif kepada semua pihak, bukan memprovokasi apalagi mengancam pihak yang terkait sepakbola Indonesia,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Wartawan, Rabu (3/3/21).

Pegiat sepakbola nasional mengapresiasi langkah Kapolri dan Menpora serta PSSI memberi ijin digelarnya Piala Menpora dengan tetap menjalankan komitmen patuh pada aturan protokol kesehatan.

“Tujuannya yakni menjadikan simulasi pola hidup baru di segala aspek termasuk olahraga, dimana sepakbola menjadi salah satu aktifitas hiburan rakyat bisa tetap bergiat, namun dengan tetap menjalankan prokes. Dari simulasi itu nantinya akan menjadikan dasar pijakan, bagaimana semua pihak bisa berdampingan menjalankan pola hidup sehat baru dengan tanpa mengorbankan aspek prestasi sepakbola kita,” papar mantan wartawan ini.

Menurut Sudarmaji, pernyataan IPW juga kurang bijak melihat fakta bahwa setahun kompetisi tidak bergulir, itu sangat berdampak kepada ribuan pelaku sepakbola nasional, mulai dari pemain, pelatih, official hingga pelaku ekonomi yang bergantung kepada sepakbola.

“Sosialisasi agar tidak datang ke stadion juga telah intensif dilakukan, Bahkan diatur dalam ranah regulasi pertandingan dimana diatur sanksi berat bagi klub dan fans yang melanggar,” ungkapnya.

Karena itu, IPW diharapkan agar memberikan solusi kontruktif bukan ujaran ancaman dan kekhawatiran, sebab ini juga akan berdampak kepada respon masyarakat, juga komitmen PSSI untuk terus mengelola Timnas yang ditarget berprestasi dalam sejumlah event antar negara, meskipun dalam kondisi melawan pandemi.

“Mari kita bersinergi bersama, menjaga bersama sepakbola kita ditengah pandemi, dengan saling percaya saling menjaga, agar sepakbola tetap hidup dan bergairah berdampingan dengan upaya kita melawan pandemi, ” pungkasnya. (IS)

Continue Reading

OLAHRAGA

IMI Bersama Prestige Motorcars Hibahkan Mobil Listrik Tesla kepada Korlantas Polri

Published

on

By

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengungkapkan, keluarga besar IMI bersama Prestige Motorcars menghibahkan satu unit mobil listrik Tesla Seri 3 kepada Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas). Mobil tersebut telah didesain untuk mobil patroli anggota lalu lintas.

“Jika baterai penuh, mobil Tesla yang dihibahkan tersebut bisa menempuh jarak 400 KM. Pengisian baterainya pun tidak memakan waktu lama, cukup 4-6 jam sudah bisa penuh. Penggunaan mobil listrik oleh jajaran Korlantas diharapkan akan memasifkan migrasi kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke kendaraan bermotor listrik,” ujar Bamsoet, di Jakarta, Kamis (25/2/21).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, serah terima hibah dilakukan oleh Badan Pengawas IMI Pusat, Kombes Pol Syamsul Bahri dan Diterima langsung oleh Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol. Istiono. Disaksikan para pengurus IMI Pusat, antara lain Bendahara Umum Effendi Gunawan, Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar, Wakil Bendahara Umum Rudy Salim, dan Wakil Bendahara Umum Johnson Yaptonaga.

“Kepolisian di berbagai negara dunia juga sudah menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas. Antara lain di Australia, Swiss, Amerika, Inggris, dan Spanyol. Indonesia juga tidak boleh ketinggalan,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menerangkan, suara yang dihasilkan mobil listrik cenderung lebih senyap dibandingkan mobil konvensional berbahan bakar minyak. Sehingga sangat cocok digunakan oleh jajaran kepolisian. Khususnya dalam melakukan pengintaian.

“Kendaraan listrik juga dikenal mampu menghadirkan torsi yang instan, sehingga dapat melakukan akselerasi dengan cepat. Sangat cocok untuk menunjang tugas kepolisian lalu lintas. Tak salah kiranya jika pihak Korlantas mulai beralih menggunakan kendaraan listrik,” pungkas Bamsoet. (dwi)

Continue Reading

Kategori

Topik Terkini

Trending