Connect with us

RAKYAT

DPP KNPI Ajak Pemuda Awasi Pemilu tanpa Ada Politik Uang dan Intimidasi

Published

on

Jakarta – Ketua DPP KNPI sekaligus Ketua Carateker DPD KNPI Bengkulu Muhammad Arfan menilai pemuda Indonesia adalah harapan besar bangsa Indonesia mewujudkan welfare state (negara sejahtera) di negeri ini. Alasanya, kata Arfan, pemuda punya semangat dan harapan besar mewujudkan hal tersebut.

Tak hanya itu, Arfan juga mengaku, Indonesia ke depan menjadi bangsa besar dengan potensi yang dimilikinya. Seperti sumber daya alam melimpah dan sumber daya manusia yang dikenal cerdas.

“Pemuda masih menjadi tumpuan pembangunan nasional di masa depan, termasuk dengan bersaing dengan bangsa-bangsa dunia,” ujar Arfan pada wartawan, Sabtu (8/12/2018) malam.

Keyakinan Arfan itu ditopang dengan kondisi yang menguntungkan bagi Indonesia. Di mana bonus demografi telah dimiliki Indonesia.

“Terlebih lagi, dari total penduduk Indonesia yang hampir 270 juta jiwa 60 persennya ada pemuda. Ini potensi demografi yang dimiliki Indonesia di masa depan untuk itu sudah menjadi keharusan pemuda untuk terus berinovasi dalam rangka memperkuat proses pembangunan nasional,” jelas Arfan.

“Inilah momentum bagi pemuda Indonesia untuk terus mendorong, menjaga demokrasi di Indonesia dengan tetap menjaga persatuan sebagai sebuah negara kesatuan republik Indonesia. Dalam tahub politik ini pemuda Indonesia bukan saja sebagai subjek dari kontentasi namun juga objek,” papar mantan Bendahara Umum PB HMI ini.

Peran pemuda, lanjutnya, yang paling sederhana, bisa dilakukan dengan mendorong partisipasi pemilih, mengawal pemilu agar berlangsung secara langsung umum bebas dan rahasia (Luber) tanpa ada politik uang dan politik intimidasi.

“Disinilah peran pemuda akan terlihat,” tutup Arfan. (H3)

POLITIK

Kota Pahlawan pada Tahun 2020 Akan Pilwali, Ngatmisih Berpeluang Gantikan Risma

Published

on

Surabaya – Sosok perempuan cerdas, energik dan menjadi Ibunya Kota Pahlawan satu tahun lagi akan berakhir jabatannya sebagai Walikota Surabaya, tepatnya pada tahun 2020 mendatang setelah dua periode memimpin, masa jabatan Tri Rismahari (Risma) sebagai Walikota Surabaya akan berakhir. 

Sejumlah nama pun belakangan muncul digadang-gadang sebagai calon pengganti Walikota Risma. Setidaknya ada sepuluh nama yang sudah muncul di media, dan banyak dibicarakan publik untuk maju dalam pemilihan walikota (Pilwali) kota Surabaya mendatang, dan menggantikan Tri Rismaharini untuk periode 2021-2026.

Terkait hal itu, Pakar komunikasi publik Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo memaparkan, dengan kriprah serta kualitas sosok Risma yang begitu kuat di masyarakat, jelas akan ada tantangan tersendiri bagi calon penerus yang akan maju menggantikan Risma.

“Sebab, mereka harus mampu menawarkan kapasitas yang minimal setara dengan sosok Risma yang menang mutlak di Pilwali Kota Surabaya dengan perolehan 86,22 persen di 2015 lalu,” ucapnya saat dilansir jatim.tribunnews.com

“Walikota Surabaya ke depan, idealnya cerdas, inovatif, care dan komunikatif. Saya sendiri cenderung memilih Walikota yang teknokrat dengan didukung kemampuan komunikasi publik yang memadai,” terangnya.

Teknokrat yang dimaksud Suko bisa berangkat dari banyak tempat. Bisa dari birokrasi maupun dari kalangan pengusaha. Sehingga memiliki kemampuan teknik dalam menata kota dengan baik.

Terkait hal itu Pendiri Rumah Basmalah, Inang Zaenal menyampaikan ungkapannya kepada media, terkait salah satu Sosok yang digadang-gadang pantas untuk melanjutkan estafet pemerintahan Tri Rismaharini untuk periode 2021 yaitu Hj. Ngatmisih, S.H., M.Hum, sang pejuang tanah dari kota Surabaya.

“Ibu Ngatmisih sosok yang cerdas, energik dan bagus dengan didukung kemampuan komunikasinya dengan publik yang cukup luas ketika nanti mencalonkan sebagai Walikota Surabaya,” tegasnya melalui keterangan tertulisnya yang dikirim ke media ini. Sabtu, (23/3/2019).

Selain itu, Ngatmisih sekarang aktif menjadi Ketua organisasi Sultan Aryo (Konsulgan Pertanahan Arek Suroboyo) yang sudah berumur 1 tahun tepat pada tanggal 10 Maret 2019 kemarin, lembaga konsultan non profit yang bertujuan untuk membantu permasalahan-permasalahan pertanahan warga Surabaya,

“Dan memberikan fasilitas konsultasi dan advokasi secara gratis, aktifitas ini dilakukan beliau ketika telah habis masa jabatannya sebagai Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten Bangkalan provinsi Jawa Timur yang pensiun sejak 1 Maret 2018,“ imbuh Zainal.

Meskipun warga kota Surabaya selama hampir sepuluh tahun di nahkodai oleh seorang pemimpin perempuan, Inang Zainal menganggap, “bukan berarti masyarakat akan menutup mata dengan calon perempuan lagi yang akan memimpin Kota Pahlawan tersebut jika kalau Ngatmisih mencalonkan menjadi Walikota Surabaya,” tandasnya. (ari)

 

Continue Reading

NASIONAL

Legislator PDI Perjuangan Realisasikan Jembatan Gantung di Desa Mabung Nganjuk

Published

on

Nganjuk – Sore tepi sungai widas desa Mabung, warga menyambut kedatangan Henky Kurniadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi V Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang akan meresmikan Jembatan Gantung.

Henky menceritakan bahwa, jembatan tersebut menelan biaya Rp 3,5 milyar dengan bentang 83 meter dan lebar 1,8 meter menghubungkan kecamatan Baron dan Gondang kabupaten Nganjuk.

Bermula dari keluhan masyarakat Mabung yang sebelumnya menggunakan perahu tambang untuk menyebrangi sungai pada tahun 2018 direspon oleh Henky Kurniadi yang merupakan Anggota Komisi V DPR RI membidangi Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dan telah diselesaikan pada awal 2019.

“Jembatan ini akan dinamai sebagai jembatan ‘Amanah’, dimaksudkan seorang pemimpin harus memiliki jiwa amanah untuk dapat merealisasikan keinginan warga,” tegas Henky. Minggu, (17/3/2019).

“Jembatan Gantung ini bermanfaat bagi ekonomi warga Mabung yang didominasi petani,” imbuh Putut Priyanto selaku Kepala Desa (Kades) Mabung.

Dalam peresmian juga dihadiri Suwarsi yang juga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Nganjuk dari Fraksi PDI Perjuangan), Satiran (Mantan Kades Mabung), perwakilan Kementerian PUPR dan Forum Kominkasi Pimpinan Kecamatan (Forkompicam). (ari)

Continue Reading

NASIONAL

Antusias Warga dan Fans Sambut Caleg DPR RI dari Partai Nasdem Livy Andriani di Sragen

Published

on

Sragen – Kebahagian dirasakan oleh Livy Andriani calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Nasdem nomor urut 6 ini, ketika setiap kunjungan bisa secara langsung bertatap muka dengan masyarakat.

Hal tersebut dilakukan saat mengunjungi beberapa pasar yang berada di daerah pemilihan Jawa Tengah lV yaitu Karanganyar, Sragen, dan Wonogiri.

Antusias warga dan fans meyambut kedatangan calon anggota legislatif Livy Andriani yang sekaligus artis sinetron mengumbar senyum kepada pengunjung dan foto bersama di pasar Gondang kabupaten Sragen. Jumat, (15/3/2019).

Keluar masuk pasar dan warga secara langsung atau door to door ke pelosok desa sering dilakukan livy Andriani dalam setiap kunjungan dapil 

Livy menceritakan banyak hal positif yang didapatkan dengan terjun langsung ke masyarakat, sehingga kita tau kekurangan kelebihan dari masing daerah, kita juga jadi tau hal-hal baru mulai dari peternak, petani, industri sampai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Ini merupakan pengalaman yang paling berharga, dan ini menjadi bekal kelak kalau dipercaya masyarakat untuk menjadi wakil rakyat,” ucap Livy. (ari)

Continue Reading
Advertisement

Kategori

Topik Terkini

Trending