Connect with us

RAKYAT

DPR Sebut Akibat Kebakaran Hutan Capai Kerugian Rp221 Triliun

Published

on

JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR RI Junaidi Auly menyoroti dampak kerugian ekonomi dari kebakaran hutan di wilayah yang terkena dampak. Apa saja kerugian rakyat itu?

“Terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini sangat berdampak pada aktivitas dan aksesibilitas ekonomi masyarakat. Sebagian masyarakat terganggu baik dalam operasional produksi barang ataupun dalam hal perdagangannya,” ujar Junaidi pada Lintas Parlemen, Selasa, Jakarta (17/9/2019).

Data dari Bank Dunia memperkirakan kerugian akibat dari bencana kebakaran hutan dan kabut asap pada tahun 2015 yang dampaknya ke sektor kesehatan, pendidikan, penghidupan masyarakat di wilayah terdampak dan beberapa sektor lainnya yang kerugiannya mencapai senilai Rp 221 triliun.

Anggota DPR yang biasa disapa Bang Jun ini menegaskan persoalan kebakaran hutan tidak hanya berkaitan dengan lingkungan dan kesehatan saja, tapi kompleks termasuk didalamnya terkait ekonomi masyarakat yang perlu menjadi perhatian bersama.

Legislator PKS asal Lampung ini berharap pemerintah segera melakukan langkah kongkrit dalam menyelesaikan dampak ekonomi yang timbul dari kebakaran hutan dan lahan ini.

“Jika pemerintah tidak responsif dalam menyelesaikan masalah ini, maka dikhawatirkan dapat mengganggu kesejahteraan masyarakat sekitar,” tutup Bang Jun. (Hadi)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NASIONAL

Bawaslu Jakut Selenggarakan Evaluasi dan Monitoring Pengawasan Pemilu 2019

Published

on

Jakarta – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Jakarta Utara menggelar acara Monitoring, Evaluasi dan Supervisi Pengawasan Pemilu Tahun 2019 dengan jargon “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan keadilan Pemilu “, di Hotel Swiss Belinn, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (9/10).

Walikota Jakarta Utara Sigit Widjatmoko, mengatakan, berterima kasih kepada semua pihak khususnya Bawaslu Jakarta Utara yang sudah membantu terselenggaranya Pemilu dengan baik.

“Pemilu berjalan dengan lancar dan aman serta dalam situasi yang kondusif”, ujarnya

Lanjut, dalam ini kondisi Jakarta Utara yang bertengger di tingkat kedua dalam hal kerawanan.

“Dan ternyata Bawaslu bersama teman – teman di sini bisa mematahkan asumsi masyarakat luas dengan terselenggaranya Pemilu yang aman”.

Potensi konflik bisa dideteksi sejak awal, sehingga tidak mempengaruhi jalannya Pemilu 2019 kemarin. Peran Bawaslu Kota, KPU Kota sangat luar biasa,” tambah mantan Wakadishub ini.

Yang menjadi penting adalah apa yang menjadi hambatan, kendala pada Pemilu yang lalu bisa dijadikan catatan penting agar bisa diperbaiki sekaligus dicarikan solusinya.

Saya berharap kedepannya agar semua pihak yang hadir di sini baik Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara, Bawaslu Kota, KPU Kota sampai dengan Panwascam perencanaan yang lebih baik, lebih sempurna di tahun mendatang,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Jakarta Utara Moh. Dimyati, menjelaskan, kegiatan ini sebagai ajang evaluasi dan masukan terhadap apa yang telah dilakukan Bawaslu selama Pemilu 2019 lalu.
“Kegiatan ini selain sebagai evaluasi agar kedepan menjadi bahan Bawaslu untuk menjadi yang lebih baik juga sebagai ajang silahturahmi dengan pengurus Partai – Partai Peserta pemilu Tahun 2019 di Jakarta Utara,” jelas Dimyati.

Acara tersebut dihadiri Asisten Pemerintah Abdul Khalit dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Manson Sinaga. Kepala Sudin Dukcapil Eric, Kantor Kejaksaan, Polres Metro Jakarta Utara, Ketua Dewan kota M. Sidik Dahlan dan seluruh pengurus partai serta Panwascam se Jakarta Utara

Sementara itu Ketua Bawasku Kota Jakarta Utara M Dimyati menyerahkan plakat kepada Walikota Jakarta Utara Sigit Widjatmoko, KPU Jakarta Utara, Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Kapolres KP 3,dan Kapolres Jakarta Utara, dalam acara Evaluasi dan Monitoring Pelaksanaan Pemilu 2019.

Continue Reading

RAKYAT

Lagi! Jazuli Donasikan Seluruh Gaji untuk Korban Asap Sumatera-Kalimantan

Published

on

By

RIAU – Kebakaran hutan (Kahutla) di Sumatera dan Kalimantan khususnya Provinsi Riau dan Kalteng menimbulkan dampak jatuhnya korban masyarakat yang membutuhkan uluran tangan untuk mitigasi dan recovery.

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini hari ini (Sabtu, 28/9) mengunjungi Posko Penganan Bencana Kabut Asap di DPW PKS Riau dan menyerahkan donasi yang diambil dari Gaji sebagai Anggota Dewan Bulan September untuk membantu meringankan beban saudara-saudara yang terdampak bencana tersebut.

“Atas nama Fraksi PKS DPR kami turut prihatin dan mendesak Pemerintah dan pemda agar mencari cara supaya kebakaran hutan ini bisa diatasi secara efektif dan tidak terulang lagi. Sebagai bentuk kepedulian dan rasa empati, saya pribadi menyerahkan Gaji saya sebagai Anggota DPR Bulan September untuk membantu masyarakat melalui Posko DPW PKS Riau ini,” ungkap Jazuli dalam penyerahan simbolis di Kantor DPW PKS Riau.

Dana bantuan tersebut diterima oleh Ketua DPW PKS Henry Munif. Kantor DPW PKS sendiri sejak awal terjadinya Kahutla yang menyebabkan kabut asap pekat telah berubah menjadi tempat penampungan sementara dengan fasilitas kesehatan yang memadai. Donasi pun datang dari berbagai pihak utamanya dari struktur dan kader PKS di berbagai daerah seluruh Indonesia. Hal ini diapresiasi oleh Jazuli Juwaini.

“Terima kasih dan penghargaan yang tinggi untuk pimpinan, kader dan simpatisan DPW PKS Riau. Luar biasa khidmat antum kepada masyarakat dan hal ini diapresiasi luas oleh publik dan media. Tentu niat kita ikhlas membantu, semoga Allah balas dengan kebaikan yang berlipat, amiin,” ungkap Jazuli.

Anggota Komisi I DPR ini berharap dan berdoa agar kebakaran hutan kali ini bisa ditangani dengan baik, masyarakat yang terdampak dan menjadi korban bisa mendapat layanan kesehatan yang paripurna hingga sembuh, dan ke depan tidak terjadi lagi bencana seperti ini. (J3)

Continue Reading

NASIONAL

Gelar Tikar, Bawaslu Jakarta Utara Ajak Masyarakat berdiskusi soal Pemilu 2019

Published

on

Jakarta – Bawaslu Kota Jakarta Utara, menyelenggarakan Diskusi Publik melalui Gelar Tikar Refleksi Pemilu 2019: Meneropong Demokrasi Dari Sudut Muda, Rabu (18/9/2019) di Kantor Bawaslu Jakarta Utara

Ketua Bawaslu Jakarta Utara Mochamad Dimyat, mengatakan bahwa acara ini digelar sebagai bentuk tanggung jawab dan pasrtisipasi serta kepedulian dari Bawaslu Jakarta Utara sebagai bagian dari Penyelenggara Pemilu untuk membahas secara komprehensif mengenai Pemilu 2019 lalu.

Pasca perhelatan akbar pesta demokrasi negeri ini, ada beberapa point yang harus di perhatikan.

Pertama, mulai merajut kembali silaturahmi dan hubungan sosial pasca pemilu satu sama lain”

Kedua harus dikaji secara komprehensif, kritis, rasional, dan konstruktif tentang demokrasi yang terwujud saat rakyat terlibat aktif dalam perhelatan pemilu serentak.

“Bawaslu Jakarta Utara sebagai pengawas pemilu mengajak publik untuk ikut berpartisipasi dan berperan aktif melalui diskusi publik ini,” ungkap Dimyati.

Lanjut, ada tiga isu strategis yang harus bisa dijelaskan oleh Bawaslu sebagai pengawas pemilu sehingga publik paham. Yaitu, Ruang Komunikasi untuk menyalurkan aspirasi, kesiapan regulasi, dan skema pembiayaan.

“Jangan sampai pesta demokrasi ini memperpuruk kondisi negara akibat tingginya biaya pemilu misalnya atau akibat perencanaan yang asal-asalan”, ungkapnya.

Padahal kita punya peluang pada hal-hal lain yang seharusnya bisa kita kejar seperti bonus demografi, jangan sampai di era saat ini adanya keterbatasan ruang komunikasi untuk menyalurkan aspirasi perihal kepemiluan.

Intinya harus matang betul dan komprehensif dari perspektif politik, ekonomi, tata negara, sosial, pertahanan keamanan dan lain-lain,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komju Apek Saiman menyampaikan, bahwa diskusi publik ini harus terus dilakukan oleh Bawaslu untuk mensosialisasikan konsep dan jati diri pengawas pemilu serta sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen Bawaslu terhadap Demokrasi Bangsa.

“Kami sangat mengapresiasi Bawaslu Jakarta Utara atas kinerjanya selama ini”.

Di tatanan masyarakat, komitmen Bawaslu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Kontribusinya untuk memajukan Demokrasi di Jakarta Utara ini. Terbukti bahwa bawaslu sebagai pengawas pemilu pun ikut di awasi oleh masyarakat. Ini salah satu tolak ukur komitmen Bawaslu dalam mewujudkan demokrasi maju di Jakarta Utara” tegasnya.

Komju sendiri pun telah ikut melakukan partisipasi pengawasan dalam pemilu 2019 lalu di Jakarta Utara, paparnya.

Continue Reading
Advertisement

Kategori

Topik Terkini

Trending