Connect with us

NASIONAL

Dua Kapolda Dicopot, PB HMI MPO: Sanksi Apa Untuk Gubernur DKI & Jabar?

Published

on

KabaRakyat.com | Jakarta – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI MPO) soroti pencopotan dua Kapolda beberapa waktu yang lalu. Pasalnya, dua Kapolda tersebut dicopot lantaran dinilai lalai dalam menjalankan penegakan protokol kesehatan di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat, yang disinyalir banyaknya kerumunan massa pasca kepulangan Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Bendahara Umum PB HMI-MPO, Yogi Prasetio, menegaskan bahwa polemik pencopotan dua Kapolda harus di cermati secara mendalam dan Ia pun menjelaskan lebih jauh bahwa bukan hanya aparat Kepolisian saja yang terikat dengan tanggung jawab penanganan Covid-19 di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

“Saya rasa tanggungjawab penanganan wabah Covid-19 ini bukan hanya terikat pada aparat kepolisian semata, namun banyak stake holder lainnya yang ikut bertanggungjawab tentang hal ini. Disana ada kepala daerah yang juga punya peranan penting dalam menekan angka penyebaran Covid-19 ini,” kata Yogi Prasetio selaku Bendahara Umum dalam keterangannya diterima KabaRakyat.com, Senin (16/11/2020).

Sebelumnya, terjadi kerumunan massa di beberapa wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat pasca kepulangan Imam besar FPI HRS ke tanah air. Kerumunan terjadi dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan resepsi pernikahan putri dari HRS yang digelar di sekitar Petamburan Jakarta pada tanggal 14 November 2020.

Yogi Prasetio pun kembali menjelaskan asal muasal banyaknya kerumunan masa di beberapa daerah tersebut, terkhusus di wilayah DKI dan Jawa Barat. Ia mempertanyakan alasan para kepala daerah tersebut memberi izin kepada pihak penyelenggara yang pasti mengundang banyak kerumunan masa.

“Dalam rangka menekan angka penyebaran wabah Covid-19, harusnya para kepala daerah lebih tertib dan tegas dalam memberikan izin berkerumun kepada siapapun untuk melakukan pertemuan atau iven-iven yang dapat mengundang kerumunan masa, toh sudah jelas dalam undang-undang nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan, disana gamblang semua aturan mainnya,” kata Yogi.

Untuk itu, Yogi menekankan pemerintah pusat harus tegas menindak kepala-kepala daerah yang tidak tertib dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NASIONAL

Bamsoet: Jalur Khusus Sepeda Perlu Dilengkapi Proteksi Pembatas

Published

on

By

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong berbagai pemerintah daerah agar dalam menyiapkan jalur khusus sepeda di beberapa ruas jalan, bisa turut dilengkapi dengan proteksi pembatas. Misalnya menggunakan tanaman sebagai pembatas jalan, sehingga kendaraan bermotor tak bisa masuk ke jalur khusus sepeda. Dengan demikian bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya.

“Sebagai langkah awal, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa menjadi lokomotifnya. Jalur khusus sepeda di kawasan Sudirman – Thamrin yang sudah bagus, misalnya, dengan sedikit sentuhan kreatifitas bisa dimaksimalkan penggunaannya dengan ditambahkan pembatas berupa tanaman. Selain untuk mempercantik wajah jalan raya, juga bisa menjaga pesepeda dari berbagai gangguan pengendara kendaraan bermotor,” ujar Bamsoet saat membuka Gowes Bareng dan Reuni Pembalap dan Perally 3 Jaman, di Jakarta, Sabtu (5/12/20).

Calon Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menjelaskan, para peserta yang mengikuti acara ini akan menggoes sepeda mengelilingi Ibu Kota DKI Jakarta sejauh 35 Km. Dengan rute Warung Solo Kemang – Warung Buncit – Gatot Subroto – Semanggi – Bundaran HI – Semanggi – Pattimura – Prapanca – dan finish kembali di Warung Solo Kemang.

“Karena jalur khusus sepeda yang tersedia belum memiliki proteksi, maka pesepeda harus tetap waspada. Utamakan keselamatan berkendara. Jangan sampai niat baik berolahraga untuk menyehatkan badan dan meningkatkan imunitas tubuh, malah berujung pada kecelakaan akibat keteledoran,” jelas Bamsoet.

Ketua DPR RI ke-20 ini menerangkan, kesadaran masyarakat menggunakan sepeda sebagai moda transportasi semakin hari terus meningkat. Terlebih sejak pandemi Covid-19, masyarakat mulai marak menggunakan sepeda, bukan hanya sebagai sarana berolahraga melainkan sebagai sarana mobilitas sehari-hari.

“Mobilitas menggunakan sepeda juga sangat ramah lingkungan, lantaran tak ada gas buang yang menghasilkan polusi udara. Karenanya pemerintah daerah di berbagai wilayah, khususnya di daerah yang masih terus melakukan pembangunan infrastruktur, harus menyiapkan jalur khusus sepeda dengan proteksi. Jangan sampai pembangunan jalan yang lebar, malah hanya dinikmati pengendara kendaraan bermotor saja,” pungkas Bamsoet. (dwi)

Continue Reading

NASIONAL

Di Atas Bukit Pulai Padar, Bendera KITA Berkibar

Published

on

By

NTT – Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) Banten mengibarkan bendera kebesaran KITA di atas bukit Pulau Padar, Taman Nasional Komodo , Labuan bajo Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan yang dilakukan sejumlah pengurus dari KITA wilayah Banten itu dilakukan untuk mengenalkan destinasi wisata unggulan Indonesia kelas dunia kepada publik.

Ketua KITA Banten, Handi Jatna berharap, apa yang dilakukanya ini menginspirasi khalayak untuk berkunjung ke destinasi wisata unggulan di Tanah Air agar semakin digandrungi wasatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Labuan bajo seperti kita ketahui merupakan destinasi wisata prioritas pemerintah. Kita perlu mendukung upaya pemerintah untuk menggaet devisa dari bisnis pariwisata Indonesia,” ujar Handi kepada wartawan, Senin (30/11).

Handi juga mengajak masyarakat Indonesia untuk berbondong-bondong meramaikan objek-objek wisata di Indonesia khususnya ke Labuan Bajo. Menurutnya, di sana banyak objek wisata kelas dunia seperti Pulau Komodo yang menyajikan keindahan kekayaan laut nusantara yang menjadi surga para penyelam.

Handi bersama 2 rekan lainnya yakni Andrew Nawruz dan Mia Amithya selanjutnya bakal mengibarkan bendera Merah Putih dan Bendera KITA didasar laut Alor.

“Bendera KITA berkibar di atas gunung dan di dasar laut melambangkan semangat persatuan dan kesatuan di atas bumi pertiwi yang sangat kaya dan indah,” pungkasnya. (MM)

Continue Reading

NASIONAL

Sekjen PBB Ajak Kader dan Warga Doakan Kesembuhan untuk KH Said Aqil Siradj

Published

on

By

KabaRakyat.com | JAKARTA – Sekretaris Jenderal DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor mendoakan kesembuhan untuk Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj yang positif terinfeksi covid-19. Afriansyah meminta kepada para kader PBB atau warga Nahdliyin untuk mendoakan Said Aqil sehat dan sembuh dari Covid-19. (lebih…)

Continue Reading














Kategori

Topik Terkini

Trending