Connect with us

RAGAM

Ethnic DNA Mengeksplorasi Kultur Anak Muda Melalui Imaji-imaji Seninya

Published

on

Sidoarjo – Beragamnya Indonesia dengan sukunya, bahasa, kebudayaan dan kultur anak mudanya seakan tak habis untuk di eksplorasi.

Maka di pameran seni urban yang bertajuk ETHNIC DNA ini ingin mengeksplorasi tentang apa saja mengenai kultur anak muda melalui bahasa imaji-imaji seninya dalam menangkap sebuah keragaman. Sebanyak 14 seniman muda dengan latar belakang menuangkan bahasa imajinya masing-masing dikemas dalam sebuah karya seni visual bermedia circle board:

1.Fahril Alvin Bahri

2.Habib Rahman

3.Anas Khoir

4.Doninod Indriasto

5.Matt Rossi

6.Rexsa

7.Cristian Adi Wicaksono

8.Supriyanto

9.Miftahul Huda

10.Iggo Feryawan

11.Pingki Ayako Saputro

12.recky canvas riyadi

13.faizal hardik

14.XGO

Acara pameran ETHNIC DNA ini sendiri digagas oleh Yayasan Artpreneur. Rek!

Dimana acara ini di laksanakan road show di 3 kota di Jatim.

– Surabaya di sabin cafe dan Latar Ombo Riverside

– Gresik di Beras Kopi

– Sidoarjo di Gubug Makan Latar Ombo

Dalam setiap perjalanan di kotanya, acara pameran ini selalu diramaikan dengan kegiatan2 lainnya.

Ada menggambar bareng, workshop batik, workshop cukil, mural bersama, cangkruk produktif, stand booth, sarasehan serta tak lupa juga support dari teman-teman musik seperti teras warna percusi dan mata rante dalam setiap opening pameran.

Dan alhamdulillah, dalam setiap perjalanan di tiap kotanya selalu sukses dan ramai pengunjung. Terutama adik-adik mahasiswa yang masih aktif, penikmat seni, kolektor seni dan rekan-rekan muda yang masih eksis dalam berkesenian.

Untuk acara road show yang terakhir yang dilaksanakan di gubug makan latar ombo sekaligus menjadi akhir dari road show ETHNIC DNA di tahun 2018, sekaligus dalam acara terakhir perjalanan road show juga sekalian dibarengi dengan kegiatan silaturahmi lintas angkatan Alumni SR/DG Unesa dan Pembentukan Pengurus Ikatan Alumni (IKA) SR/DG Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Hadir pula dalam acara road show terakhir ETHNIC DNA sekaligus  pembentukan IKA SR/DG Unesa :

1.Bpk Imam Zaini Kajur SR/DG Unesa 

2.Bpk Bambang & Bpk Andik Mariono Selaku perwakilan Dari pengurus IKA UNESA Pusat ).

3.Seniman dan beberapa perupa senior

Dimana pada ETHNIC DNA ini hampir 90% tidak lain dulunya adalah mahasiswa atau para alumni SR/DG unesa.

Harapannya dengan terbentuknya Ikatan Alumni SR/DG unesa ini, kedepan selain bisa menjadi ruang untuk bersilaturahmi juga sebagai wadah untuk bisa memberikan ruang baru bagi perkembangan berkesenian terutama seni rupa dan desain di indonesia.

Itulah sekilas dari perjalan road show ETHNIC DNA di 3 kota di Jawa Timur.

Selamat dan sukses selalu untuk pameran ETHNIC-DNA yang sudah berjalan di 3 kota. Semoga di tahun 2019 lebih sukses, semoga dengan pameran ini kita masih sadar bahwa Beragamnya warna kulit, bahasa dan budaya kita darah kita masih sama merahnya. 

Dan dengan terbentuknya IKA SR/DG Unesa memberikan nilai dan nuansa baru dalam pergerakan dunia seni dan desain di Indonesia. Amin…

Dan sedang dalam masa menyiapkan, insyallah hasil dari road show ETHNIC DNA ini akan kami ikutkan dalam event besar program kami di Yayasan Artpreneur rek!! yaitu kita akan buat ‘Artpreneur Rek!! Week’.

Yang mudah-mudahan kalo tidak ada halangan agendanya akan di laksanakan pada bulan februari di tahun 2019. Kami tunggu partisipasi semua pihak.

Salam Seni Dan Budaya 🤟

Oleh : Habib Rahman (Pengurus Yayasan Artpreneur)

PENDIDIKAN

Program Pengurus IPUNESA, Jalani Kunjungan ke Beberapa Wisata di Kota Surabaya

Published

on

Surabaya – Salah satu program Pengurus Ikatan Pensiunan Universitas Negeri Surabaya (IPUNESA) periode 2018-2020 adalah Surabaya City Tour 2019.

Ketua Ipunesa, Ali Mufiarief menjelaskan bahwa, kunjungan wisata kota Surabaya yang pertama Tugu Pahlawan dan Museum 10 November, kedua House of Sampoerna, ketiga Surabaya North Quay, keempat Jembatan Suramadu, dan kelima Jembatan Suroboyo Kenjeran.

“Alhamdulillah, dalam kegiatan rekreasi seperti ini, diikuti oleh 140 pensiunan yang termasuk Dosen dan Karyawan Unesa dari berbagai Fakultas,” ucapnya saat ditemui di Tugu Pahlawan. Sabtu, (09/3/2019).

Lanjut Ali, ia menerangkan para peserta rekreasi sangat antusias mengikuti kunjungan ini. Walaupun para peserta yang lahir di Surabaya dan sudah berpuluhan tahun tinggal di Surabaya.

“Ternyata, sebagian besar peserta belum pernah ke Museum Tugu Pahlawan, House of Sampoerna, Surabaya North Quay dan Jembatan Suroboyo,” ungkapnya.

Ali menambahkan, tujuan kegiatan Surabaya City Tour 2019 ini adalah sebagai sarana sosialisasi dan silaturrahim antar sesama anggota pensiunan Unesa.

“Dan mempererat hubungan kekeluargaan sesama pensiunan Unesa, serta melepas ketegangan dengan rutinitas kegiatan yang dilakukan selama di rumah,” tutupnya. (ari)

Continue Reading

HIBURAN

PC IMM Surabaya Rayakan Milad yang Ke-55 Dengan Seluruh Kader IMM Surabaya

Published

on

Surabaya – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Surabaya bersama Kader IMM Se-Kota Surabaya mengadakan kegiatan dalam rangka menyambut milad IMM ke-55. Acara yang berlangsung di halaman Universitas Muhammadiyah Surabaya juga diikuti oleh puluhan lansia yg ada di Kecamatan Mulyorejo.

Acara yang diawali dengan senam bersama tersebut dilanjutkan dengan sambutan PC IMM Kota Surabaya sekaligus  pemotongan kue sebagai tanda semarak milad IMM yang telah berusia lebih dari setengah abad. 

Ketua umum PC IMM Kota Surabaya M.M Firdaus Su’udi mengatakan, ada beberapa agenda dalam penyemarakkan milad ke 55 diantaranya lomba essay, lomba catur, lomba aransemen mars IMM, lomba ucapan video Milad, lomba kaligrafi, dan lomba stand up comedy yang diikuti oleh kader Se-Kota Surabaya dengan penuh antusias. 

“Pemberian penyuluhan kepada lansia dan kader IMM Kota Surabaya menekankan pada dampak berbahaya yang ditimbulkan oleh tikus. Mengingat populasi tikus di surabaya sangat mengkhawatirkan dan langsung dilanjutkan dengan cek kesehatan serta konsultasi  kesehatan yg bertempat di Gedung G dasar Universitas Muhammadiyah Surabaya,” ucap Firdaus. Sabtu, (16/3/2019).

Dalam sambutannya, Firdaus Su’udi berharap kader-kader IMM lebih percaya diri dan terus meningkatkan intelektual. Kader-kader harus giat mengikuti forum diskusi atau kajian keagamaan dan sebagainya, harapan di usia ke-55 tahun organisasi yang didirikan oleh Djazman Alkindi tersebut punya dinamika sendiri. 

Lanjut Firdaus, ia menceritakan, jauh berbeda dengan tempo dulu. Usia setengah abad IMM  merupakan perjalanan yang panjang bagi IMM untuk terus berkarya dan memberi kontribusi nyata bagi persyarikatan dan bangsa.

“Mari kita jadikan momentum milad ini sebagai semangat untuk terus ber-fastabiqul khairat dengan gembira dan hanya mengharapakan ridha Allah. (ari)

Continue Reading

NASIONAL

Anggota DPR RI Fraksi PDIP Kunjungi Beberapa Titik Lokasi Banjir Madiun

Published

on

Madiun – Mengunjungi desa terdampak Banjir di Pilangkenceng dan Saradan, Henky Kurniadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) serahkan bantuan biskuit nutrisi dan alat tulis kepada posko penanggulangan bencana.

Henky Kurniadi mengatakan, banjir bandang luapan bengawan solo selama tiga hari berdampak pada potensi gagal panen, ternak yang hanyut dan kerugian materil warga masyarakat. 

“Menurut data Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun Kerugian Pertanian sebesar Rp 7,106 Miliar dengan 497 Hektar Sawah serta mengakibatkan 17.268 Jiwa mengungsi,” ungkap Henky. Sabtu, (09/3/2019).

Dalam kunjungannya, Henky menegaskan akan berupaya untuk mengusulkan normalisasi Bengawan solo dan anak sungai untuk meminimalisir potensi banjir.

“Segera nanti diproses untuk Rumah Swadaya agar diterima masyarakat,” tandasnya.

Menurut data Yang diberikan ada 155 unit rumah yang diprogramkan pada awal tahun 2019 akan di rehabilitasi melalui aspirasi DPR RI. 

Henky juga berharap, kedepan ada langkah antisipatif dan tanggap bencana sehingga kerugian dapat ditekan, selain itu masukan dari masyarakat nantinya akan diperhatikan untuk disampaikan sebagai bahan sidang Komisi V dengan mitra kerja terkait. (ari)

Continue Reading
Advertisement

Kategori

Topik Terkini

Trending