Connect with us

RAKYAT

Gaji Pertama Ketua dan Anggota Fraksi PKS DPR Untuk Bantu Korban Gempa Maluku

Published

on

Maluku (19/11) – Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini bersama Anggota Fraksi PKS DPR Saaidah Uluputty (Maluku) dan Nasir Jamil (Aceh) didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Abdul Aziz, Ketua dan Anggota Fraksi PKS DPRD Maluku mengunjungi sejumlah lokasi terdampak gempa Maluku (Senin, 18/11). Kunjungan Fraksi PKS DPR ini juga didampingi langsung oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku atas perintah Gubernur. Terakhir, rombongan Fraksi PKS juga diterima Gubernur di rumahnya.

Lokasi yang dikunjungi yaitu tempat pengungsian Puncak Bumbun Neg. Liang Kabupaten Maluku Tengah, sekolah swasta dan negeri darurat (bertemu Kadis Pendidikan dan para kepala sekolah yang sekolahnya roboh), rumah sakit darurat, serta gereja yang digunakan menampung pengungsi.

“Kedatangan Fraksi PKS DPR ke sini mengunjungi bapak, ibu, saudara dan anak-anak untuk menunjukkan empati dan kepedulian kami karena Fraksi PKS cinta kepada warga Maluku yang saat ini terkena musibah dan sebagian masih tinggal di pengungsiaan,” kata Jazuli dalam sambutannya.

Di depan para pengungsi tedampak gempa Jazuli menyampaikan salam dari Ketua Majlis Syuro dan Presiden PKS. “Salam cinta dari Ketua Majelis Syuro PKS Habib Dr. H. Salim Segaf Aljufri dan Presiden PKS H.M. Shohibul Iman, Ph.D. Insya Allah PKS akan berusaha membantu masyarakat Maluku semaksimal dan sesuai kewenangan,” katanya.

Jazuli Juwaini, Saadiah Uluputty, dan Nasir Jamil atas nama Fraksi PKS DPR RI menyerahkan sejumlah dana/bantuan yang merupakan gaji DPR pertama di periode baru ini untuk membantu para korban dan proses rehabilitasi. Sebelumnya bantuan, baik dana, logistik, maupun tenaga (relawan) juga telah dihimpun dari kader-kader PKS dari Maluku maupun luar daerah Maluku.

Anggota Komisi I DPR ini mengajak kepada semua elemen bangsa untuk membantu saudara-saudara sebangsa yang tertimpa musibah di berbgai tempat khususnya di Maluku.

“Gotong royong, kesetiakawanan, dan kerelawanan adalah budaya bangsa kita. Mari tumbuhkan kesadaran saling membantu saudara sebangsa yang terkena musibah. Dari sana muncul banyak keberkahan, diantaranya semakin kuatnya persatuan dan kesatuan diantara kita,” ungkapnya.

Insya Allah Partai Keadilan Sejahtera, lanjut Anggota DPR Dapil Banten ini, akan terus berikhtiar merekat keindonesiaan dengan semangat saling peduli dan membantu saudara-saudara yang terkena musibah di mana pun mereka berada.

“Semoga Allah ridho dan jauhkan negeri ini dari marabahaya. Allah ringankan ujian masyarakat yang terkena musibah. Amiin,” doanya.

*Dorong Respon Cepat dan Tepat Pemerintah*

Ketua Fraksi PKS berharap respon cepat dan tepat Pemerintah dan Pemda dalam melakukan tanggap darurat, menolong masyarakat terdampak serta dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa.

“Kami ingin pastikan agar logistik kebutuhan dasar para korban khususnya yang tinggal di tempat-tempat pengungsian terpenuhi. Untuk itu pemerintah harus memiliki data akurat dan respon yang cepat dan tepat dalam mengkoordinir dan mendistribusikan bantuan,” ungkapnya.

Tahap berikutnya baru rehabilitasi lingkungan dan rekonstruksi berbagai fasilitas publik termasuk rumah sakit, sekolah, pasar, jalan-jalan dan seterusnya, pungkas Jazuli. (J3)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RAKYAT

Cari Pemimpin Pemuda Terbaik, Panpel Musda KNPI Jaktim Gelar Uji Publik Bakal Calon Ketua KNPI

Published

on

By

JAKARTA – Panitia Pelaksana Musda XIII Pemuda/KNPI Jakarta Timur gelar Uji Publik Bakal Calon Ketua Periode 2019-2021 pada besok hari di Aula Gedung Pemuda/ KNPI Provinsi DKI Jakarta Jalan Veldrom, Rawamangun Jakarta Timur.

Ketua DPD KNPI Abdurauf Haulani AP mengemukakan “Musda merupakan tugas terakhir setiap kepengurusan DPD KNPI, untuk itu saya ingin meninggalkan yang nantinya mampu menjadi estafet kepengurusan yang baik bagi Pemuda Jakarta Timur di masa yang akan datang”

Dihubungi terpisah Rasminto selaku Ketua SC menuturkan “kebutuhan zaman hari ini harus mampu melahirkan generasi-generasi unggul, generasi yang memiliki kompetensi mumpuni, integritas yang terjaga, serta berdaya saing dan mampu mengelola satu kesatuan pemuda yang berkontribusi bangi kemajuan bangsa dan negara. Oleh karena itu, uji publik merupakan rangkaian proses seleksi kepemimpinan pemuda Jaktim agar teruji kapasitas dan visi misi nya mau dibawa kemana pemuda Jaktim ke depan”. Ujar Rasminto.

Uji publik ini akan menjadi ciri khas dalam pencarian pemimpin pemuda di KNPI Jaktim.

“Berangkat dari dasar pemikiran ini kami Panpel Musda mematangkan konsep acara ini dengan meminta masukan dari berbagai stakeholder kepemudaan, terutama dari Ketua MPI KNPI Jaktim dan jajaranya dan senior-senior KNPI sehingga dapat terumuskan rangkaian acara Musda yang menghasilkan keputusan-keputusan strategis dan berkualitas, khususnya acara uji publik Bakal Calon Ketua KNPI Jaktim, agar nantinya setiap Bakal Calon semakin teruji visi misinya, karena akan di pertajam oleh Panelis Pakar pada bidangnya masing-masing”, lanjut Rasminto.

Secara tahapan rekrutmen pendaftaran bakal calon Ketua KNPI Jaktim sudah dibuka sejak 1 November 2019 lalu.

“Tahapan pembukaan pendaftaran Bakal Calon Ketua telah kami buka sejak 1 November lalu, ada 8 orang Balon Ketua yang mengambil formulir, namun hanya 4 Balon Ketua yang mengembalikan sampai pada penutupan tanggal 21 November, dan tahapan penetapan akan kami lakukan pada Esok Minggu (24/11) secara terbuka pada saat Pra Musda berlangsung” ujar Alam S Barkah selaku Ketua OC.

Lebih rinci Bobby selaku Sekretaris OC menjelaskan terdapat empat Balon Ketua KNPI Jaktim dengan berbagai latar belakang dan masing-masing memiliki karakter dan usia kandidat rata-rata di bawah 30 tahun.

“Bakal Calon Ketua KNPI Jaktim ada 4 orang, secara berturut-turut yang mengembalikan formulir yakni Erlangga Putra Pratama dengan latar belakang dari OKP AMPG, Iksan Akbar dari OKP Sapma Pemuda Pancasila, Yaser Muhammad Hatim dari HMI, dan Rajes Sahat M Samosir dari unsur PK Pulogadung, dan alhamdulillah semua kandidat rata-rata di bawah usia 30 tahun,” tutup Bobby Darmanto. (To)

Continue Reading

NASIONAL

Duh, Alami Kerusakan Garuda Indonesia Gagal Terbang ke Bali

Published

on

Situasi Terminal 3 Soekarno Hatta

Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 4204 rute Jakarta–Bali alami gagal terbang di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pada Kamis, (21/11/2019).

Pesawat jenis Airbus ini seharusnya take off pukul 07.30 WIB. Namun sesaat setelah ingin lepas landas, pesawat berhenti dan baru dikabarkan mengalami kerusakan sehingga tidak bisa terbang.

Para penumpang yang sudah berada di dalam pesawat pun diminta oleh kru Garuda Indonesia kembali ke terminal 3. Padahal turut serta rombongan Komisi V dan Komisi VI di dalam pesawat yang hendak melakukan kunjungan kerja. Akibat kerusakan pesawat ini, agenda kunjungan Komisi V dan Komisi VI pun mengalami ketertundaan.

Diinfokan bahwa terjadi kerusakan di bagian elevator sehingga pesawat tidak bisa take off. Sejumlah penumpang pun mengalami kekecewaan. Sejumlah penumpang pun meminta maskapai untuk mencari solusi secepatnya.

“Kita mau ke Bali dan agenda kita ke sana menggelar pertemuan dengan pemerintah daerah,” kata salah satu penumpang yang mengaku bekerja di salah satu lembaga negara, dana Kamis (22/11/2019).

Namun hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari jajaran petinggi Garuda Indonesia. (IN)

Continue Reading

HUKUM

Keluarga Kesultanan Kutai Kartanegara Layangkan Somasi ke Gubernur Kaltim

Published

on

JAKARTA – Keluarga Besar dan Kerabat Kesultanan Kutai Ing Martadipura 6 (enam) menggelar pertemuan di Hotel Grand Elty Singgasana, Kutai Kartanegara pada Rabu, 30 Oktober 2019.

Pertemuan ini menyikapi pernyataan dari Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor tentang harta miliki Kerajaan Kesultanan Kutai Ing Martadipura. Gubernur Noor menyebutkan bahwa harta milik Kesultanan Kutai Ing Martadipura menjadi milik negara sejak kerajaan itu menyatakan diri bergabung dengan NKRI.

Ketua Kerabat 6 pemangku hibbah Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, H. Adji Pangeran Ario Jaya Winata mengungkapkan, hasil dari pertemuan itu disepakati akan meyangkan surat somasi kepada Gubernur Kaltim Isran Noor.

“Tim hukum yang segera melayangkan surat somasi kepada Gubernur Kaltim,” ungkap Ario Jaya Winata di Kutai Kartanegara, Rabu (30/10/2019).

Ia menjelaskan, pernyataan Gubernur Kaltim harta milik Kesultanan Kutai Ing Martadipura menjadi milik negara tidak benar sama sekali. Sebab, dalam surat Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim Nomor: 01/Pem/KKTI/1966 tanggal 6 Oktober 2019, menegaskan bahwa semua benda milik pribadi atau warisan dikembalikan pada pribadi sedangkan hanya benda milik Kerajaan menjadi milik negara.

“Hal ini menjadi kontraditif karena tanah waris milik kerabat yang telah di bagikan kepada seluruh kerabat pada tahun 1902 sesuai surat hibah kemurahan Sultan yang disahkan oleh notaris belanda waktu itu sudah pasti menjadi hak ahli waris secara pribadi bukan menjadi asset kerajaan sesuai surat Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur nomor 01/Pem/KKTI/1966 tanggal 6 Oktober tersebut,” tegas Ario Jaya.

Ia mengatakan, sesuai dengan surat BPN RI No. 2316/25.2-600/VII/2011, pada tanggal 8 Juli 2011 kepada Gubernur Kaltim dalam huruf 2b poin 2 menyatakan, sebagai pemegang tanah-tanah grant Sultan , secara hukum dapat memperoleh kompensasi dari pihak yang akan mengusahakan atau memanfaatkan tanah-tanah tersebut sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.

Dengan demikian, ia menilai bahwa pernyataan Gubernur Kaltim tersebut telah menyimpang dari surat yang dikeluarkan BPN RI.

“Sehingga gubernur dianggap oleh kerabat kesultanan kutai kartanegara ing martadipura juga menyimpangi apa yang telah menjadi perintah BPN RI kepada Gubernur Kaltim,” jelasnya.

Ia menuturkan, atas ketidakpatuhan Gubernur Kaltim terhadap surat Kejati Kaltim Nomor: 01/Pem/KKTI/1966 tanggal 6 Oktober 2019, dan Surat Perintah BPN RI itu, pihaknya membentuk tim hukum dan melayangkan surat somasi kepada Gubernur Kaltim Isran Noor.

Adapun anggota tim hukum yang dibentuk yakni Warman, SH., Rudi Ebon, SH.,Aji Dendi, SH., Elisason, SH., dan Aji Bambang Purnawarman, SH., M, hum., sebagai pengarah& koordinator tim advokasi.

Ahli waris yang hadir dalam pertemuan itu adalah ahli waris Adji Pangeran Kartanegara II, ahli waris Adji Pangeran Sosronegoro, ahli waris Adji Raden Ario Sosro atau Adji Mahligai, ahli waris Sultan Adji Muhammad Parikesit, ahli waris Adji Raden Ario Joyo Boyo, dan ahli waris Adji raden godang, juga hadir68 orang mewakili tokoh lintas Suku kaltim awang zulkifli, hadir pula satu-satunya anak Sultan Parikesit yang masih hidup yakni Adji Pangeran Hario Adiningrat Bin Sultan Adji Muhammad Parikesit yang merupakan sesepuh masyarakat adat kutai.[]

Continue Reading
Advertisement

Kategori

Topik Terkini

Trending