Connect with us

INTERNASIONAL

Hermanto: Nota Protes ke China Diharapkan Kematian Hasan Afriandi Tidak Terulang Lagi

Published

on

JAKARTA – Anggota Komisi IV DPR Hermanto mendesak Presiden Joko Widodo agar mengirimkan nota protes kepada Pemerintah China atas berlanjutnya kekerasan terhadap anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) di kapal nelayan China.

Kekerasan terakhir mengakibatkan tewasnya Hasan Afriandi, nelayan asal Lampung akibat penyiksaan oleh mandor kapal nelayan berbendera China Lu Huang Yuan Yu 118.

“Kematian ABK WNI di kapal nelayan China sudah terjadi berulangkali. Sudah saatnya Presiden memberikan perhatian serius, salahsatunya dengan melayangkan nota protes terkait hal ini kepada Pemerintah China,” papar Hermanto dalam keterangan tertulisnya.

“Dengan pengiriman nota protes tersebut diharapkan kejadian kematian yang sangat mengerikan seperti dialami oleh Hasan Afriandi tidak terjadi lagi di kemudian hari,” tambah legislator FPKS ini.

Diberitakan, Hasan Afriandi mengalami penyiksaan yang tidak berperikemanusiaan sampai akhirnya meninggal. Jasadnya lalu disimpan dalam freezer penyimpangan ikan.

“Saya mengapresiasi kinerja aparat yang berhasil menemukan jenazah Hasan. Kalau aparat tidak menemukan, sangat mungkin jenazah tersebut akan dibuang di laut internasional seperti yang pernah terjadi sebelumnya,” tuturnya.

“Ungkap kasus ini secara menyeluruh dan transparan. Jatuhkan hukuman yang setimpal atas semua pelakunya,” tandas legislator dari dapil Sumbar I ini.

Sebelumnya, awal Mei lalu diberitakan 3 jenazah ABK WNI dibuang ke laut dari kapal nelayan berbendera China. Koordinator Nasional Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia, M. Abdi Suhufan menginformasikan dalam periode November 2019 – Juni 2020 tercatat 30 orang awak kapal Indonesia menjadi korban kekerasan saat bekerja di kapal nelayan China. Rinciannya: 7 orang meninggal, 3 orang hilang dan 20 orang selamat. (Joko)

INTERNASIONAL

Usai Serahkan Salinan Surat Kepercayaan ke Wamenlu Panama, Sukmo Harsono Langsung Temui 17 ABK WNI

Published

on

By

KabaRakyat.com | JAKARTA – Pada Hari ini Kamis 19 November pukul 12.00 waktu Panama atau Jumat 20 November pukul 12.00 WIB di KBRI di Panama City telah dilakukan acara serah terima Copy Credential atau salinan surat kepercayaan Sukmo Harsono. SE. MM sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Panama kepada Wakil Mentri Luar Negeri Y.M. Federico Alfaro Boyd. Acara penyerahan surat kepercayaan tersebut berlangsung secara virtual. (lebih…)

Continue Reading

INTERNASIONAL

Jazuli Juwaini: Sebagai Warga Negara yang Merdeka Habib Rizieq Berhak Kembali ke Indonesia

Published

on

By

SERANG – Rencana kepulangan Habib Rizieq Syihab (HRS) sebaiknya tidak dipolemikkan agar suasana politik tetap kondusif. Demikian dikatakan Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menjawab pertanyaan sejumlah media.

“Sebagai warga negara yang merdeka adalah hak beliau untuk kembali ke Indonesia. Sebaliknya pemerintah berkewajiban melindungi hak-hak setiap warga negara baik diminta atau tidak–sesuai amanat konstitusi dan peraturan perundang-undangan,” tandasnya.

Lebih lanjut Anggota Komisi I DPR ini mengatakan, semua pihak sebaiknya menahan diri dari komentar yang menyulut polemik seputar kepulangan HRS. Kalaupun perlu komentar yang menyejukkan saja.

“Kita sambut beliau kembali ke tanah air, ahlan wa sahlan wa marhaban. Sambari kita tunggu kiprah konstruktif beliau bagi umat, bagi rakyat, dan bagi bangsa sekembalinya ke tanah air,” pungkas Jazuli.

Seperti diwartakan, Habib Rizieq Shihab telah menyatakan akan kembali ke Indonesia bersama dengan keluarganya.

Dia mengungkapkan, akan melakukan perjalanan pulang dari Arab Saudi pada 9 November 2020 pukul 19.30 waktu Saudi.

Habib Rizieq direncanakan akan tiba di Indonesia 10 November pukul 09.00 WIB. (J3)

Continue Reading

INTERNASIONAL

Bamsoet Dorong Pemerintah Perkuat Kerjasama Pariwisata Indonesia – Turki

Published

on

By

ISTANBUL – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memenuhi undangan Wakil Walikota Istanbul untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata di Istanbul, Turki. Dari atas kapal, Wakil Walikota Istanbul menjelaskan hamparan pemandangan beragam landmark dan beragam bangunan berarsitektur khas Eropa, Asia, bahkan Mediterania.

“Wakil Walikota juga menunjukan istana Dolmabahce yang terlihat dari atas kapal yang menyerupai istana-istana gaya Eropa. Dengan segala kebesaran serta kemegahannya. Istana ini merupakan pusat dari administrasi utama Kekaisaran Ottoman,” ujar Bamsoet di Istanbul, Turki, Kamis (5/11/20).

Ketua DPR RI ke-20 ini mengungkapkan, sebelum pandemi Covid-19, tak kurang dari 45 juta turis mancanegara datang ke Turki. Selama pandemi, turun menjadi sekitar 30 jutaan.

“Sementara Indonesia, di masa normal saja untuk keseluruhan total kedatangan turis mancanegara hanya sekitar 15-20 jutaan. Karenanya, saya mendorong kerjasama antara Indonesia-Turki dibidang pariwisata perlu terus ditingkatkan,” ungkap Bamsoet

Wakik Ketua Umum KADIN Indonesia ini menilai tak ada salahnya Indonesia belajar dari Turki dalam hal mengelola destinasi wisata. Sehingga bisa lebih banyak mendatangkan turis mancanegara

“Masyarakat di Istanbul sangat ramah terhadap turis. Sama halnya seperti masyarakat Indonesia. Objek wisata di Indonesia sebenarnya sangat luar biasa, seperti halnya objek wisata di Istanbul yang sarat akan sejarah. Kita hanya perlu meningkatkan managemen pengelolaan, sehingga turis semakin banyak terpancing datang ke Indonesia,” pungkas Bamsoet. (dwi)

Continue Reading














Kategori

Topik Terkini

Trending