Connect with us

POLITIK

Ini Alasan Pengurus Golkar Kirimkan Somasi untuk Airlangga

Published

on

JAKARTA – Pengurus Pleno DPP Partai Golkar kembali mengirimkan somasi kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Somasi dilayangkan karena perkembangan Partai Golkar yang semakin amburadul dan tidak ada tanda-tanda perubahan ke arah yang lebih baik. Sementara perkembangan politik menjelang pelfil presiden maupun Pilkada 2020 tetap berjalan cepat, namun Partai Golkar tetap berjalan di tempat.

“Somasi pertama telah dikirimkan pada tanggal 9 September 2019, namun tidak direspon oleh Airlangga Hartarto. Karenanya hari ini kita kirimkan kembali Somasi kedua pada 18 September 2019. Jika tidak juga diindahkan, pekan depan akan dilanjutkan langkah hukum perdata melalui lembaga peradilan,” ujar Tim Somasi Partai Golkar, Amriyati Amin, di Jakarta, Rabu (18/9/19).

Selain Amriyati Amin, Tim Somasi terdiri dari Cyprus Tatali, Emmalia Natar, dan Marleen Petta. Turut hadir Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Viktus Murin dan Dewan Pembina Kesatuan Perempuan Partai Golkar Ulla Nurachwati.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Viktus Murin menegaskan, berbagai dinamika seperti Mosi Tidak Percaya, Somasi pertama, hingga Somasi kedua yang dilayangkan kepada Airlangga Hartarto semata untuk menjaga harkat, derajat dan martabat ketua umum serta Partai Golkar sebagai partai politik tertua dan terbesar di Indonesia. Karena jabatan ketua umum merupakan amanah sekaligus posisi terhormat yang tak boleh disalahgunakan demi kepentingan egoisme pribadi.

“Tugas para kaderlah menjaga agar jabatan ketua umum tidak menjadi barang rendahan. Karenanya, jika seseorang yang memegang jabatan ketua umum banyak melakukan penyimpangan, para kader yang cinta Partai Golkar harus mengingatkannya. Siapapun yang menjadi ketua umum tidak boleh menutup mata, telinga dan hatinya dari berbagai peringatan yang disampaikan para kadernya. Karena itu, jika Airlangga Hartarto gentleman, ia harus menyikapi somasi ini dengan bijaksana,” tutur Viktus.

Lebih jauh Tim Somasi Cyprus Tatali memaparkan, somasi yang disampaikan pada dasarnya berlandaskan beberapa hal. Antara lain, Airlangga Hartarto telah merusak prinsip tata kelola organisasi dengan mengangkangi AD/ART beserta ketentuan peraturan organisasi lainnya. Sehingga membuat Partai Golkar berada dalam kondisi ‘hal ihwal kegentingan yang memaksa’.

“Akibat tidak menjalankan amanat Musyawarah Luar Biasa 2017, Airlangga Hartarto kini membawa Partai Golkar berada dalam situasi krisis kepemimpinan dan terancam mengalami stagnasi konstitusional-organisatoris. Airlangga juga mencampakan aspirasi Pengurus Pleno DPP Partai Golkar yang menuntut diselenggarakannya Rapat Pleno sebagai forum musyawarah organisasi sebagaimana diatur AD/ART,” papar Cyprus Tatali.

Atas kerusakan tata kelola organisasi dan kemunduran budaya demokrasi di tubuh Partai Golkar yang ditimbulkan Airlangga Hartarto, Cyprus mengajak pengurus DPD Partai Golkar di provinsi hingga kabupaten/kota untuk menyatukan energi kolektif demi menyelamatkan keutuhan Partai Golkar. Pengurus DPD bisa melakukan langkah konstitusional mendesak DPP melaksanakan Rapat Pimpinan Nasional, yang pelaksanaannya bisa dilakukan jika disetujui 2/3 DPD provinsi.

“Dewan Pembina juga perlu bertindak lebih tegas mengkritisi kepemimpiman Airlangga Hartarto, yakni dengan cara memediasi terselenggaranya Rapat Pleno yang dituntut mayoritas Pengurus Pleno DPP Partai Golkar. Dengan demikian badai kemelut Partai Golkar bisa segera berlalu,” pungkasnya. (dwi)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POLITIK

Sowan ke Ketua PWNU Jatim, Syamsul Izin Maju Pilkada Kabupaten Malang

Published

on

MALANG – Bakal calon bupati Kabupaten Malang Syamsul Arifinmendatangi kediaman Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar di Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Sukun kota Malang, beberapa waktu lalu.

Samsul Arifin bersama rombongan dari pengurus DPC PKB Kabupaten Malang bermaksud untuk bersilaturahmi dan memohon doa restu serta arahan kepada tokoh nahdliyin tersebut untuk maju pilkada Kabupaten Malang 2020.

“Di budaya kami orang Madura ada istilah Norok Kyaeeh,” ujarnya.

Dalam pesannya, Kiai Marzuki, kata Syamsul meminta dirinya allout meraih dukungan masyarakat bila nanti dipastikan mendapat restu dari DPP PKB.

Dia juga meminta agar Syamsul bisa meningkatkan perekomian masyarakat Kabupaten Malang jika terpilih nantinya. Terutama sektor pariwisata di wilayah Malang Selatan.

“Tidak hanya ekspolrasi hasil laut saja tapi juga membuat alternatif wisata alam seperti membangun bendungan dan untuk sektor pertanian juga harus ditingkatkan dengan cara menanam yang mudah dan punya nilai ekonomis tinggi,” ujarnya.

Samsul mengaku sudah memiliki program menanam porang karena mudah ditanam dan punya nilai ekonomis tinggi.

“Kita memiliki pabrik pengolahan porang yang hasilnya diekspor ke Jepang dan China,” ujar Syamsul

PKB Malang Sambut Baik

Sekretaris DPC PKB Kabupaten Malang Muslimin menyatakan, pihaknya tersebut terhadap setiap kader yang berniat maju di Pilkada melalui PKB.

“Kami welcome kepada semua. Apalagi Gus Samsul Arifin adalah anggota FPKB DPRD Provinsi Jatim,” ujarnya.

PKB kabupaten Malang punya 12 kursi sudah bisa mencalonkan sendiri karena minimalnya partai bisa mencalonkan kan jika dapat 10 kursi DPRD.

“Tetapi kami tetap membuka peluang koalisi dengan partai lain untuk bergabung bersama kami untuk mendukung calon yang nantinya berangkat dari PKB,” pungkasnya.

Continue Reading

POLITIK

Jurhum Lantong Layak Jadi Menteri

Published

on

Jakarta – Kabar reshuffle Kabinet RI Jokowi-KH Ma’ruf terkuak di berbagai jejaring sosial hingga media. Hal itu lantaran penilaian Presiden terhadap kinerja para menteri dan lembaga pemerintahan lainnya. (lebih…)

Continue Reading

POLITIK

‘Ayo Masyarakat Jember Bersatu Mendukung Ifan di Pilkada Nanti’

Published

on

By

JEMBER – Anggota Dewan Syuro DPP PKB Syaiful Bahri Anshori membenarkan beredar informasi bahwa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung Calon Bupati Jember Ifan Ariadna. Saat ini tinggal bagaimana partai pengusung mencari pendamping Ifan.

“Betul, surat tugas sudah turun ke Ifan
alhamdulillah, Ifan udah didukung oleh 2 partai dan udah cukup, yaitu PKB dan Perindro Insya Allah suudah cukup untuk menghantarkan Ifan menjadi cabub Jember, saya berharap dengan keluarnya surat tugas dari dua partai tersebut untuk mendukung dan memilih Ifan di pilkada Jember yang akan datang. Terkait dengan Cawabub nanti kita serahkan kepada partai koalisi dan para kiai,” jelas Syaiful pada Bela Rakyat, Rabu (24/6/2020).

“Oleh karena itu saya berharap masyarakat bersabar menunggu hasil musyawarah para kyai dan koalisi partai siapa wakilnya Ifan nanti saya yakin bahwa cawabup nya nanti orang terbaik yang bisa mendampingi ifan dan cocok bagi masyarakat Jember saya berharap kepada masyarakat Jember untuk memilih dan mendoakan Ifan jadi bupati Jember pada Desember nanti,” sambungnya.

Komentar Syaiful itu untuk menjawab informasi yang telah tersebar ke media sosial, bahwa PKB dan Perindo tidak ke kandidat lainnya tapi ke Ifan. Artinya,  rekomendasi kedua partai itu tidak ke Djoko Susanto.

Sebelumnya ada surat rekom ke Djoko Susanto yang tersebar ke medsos, yang ditanda tangani oleh Ketua Umum DPP Muhaimin Iskandar dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB M Hasanudin Wahid.

Atas rekomendasi itu, Syaiful mengajak masyarakat Jember bersatu memenangkan Irfan pada Pilkada Serentak yang digelar Desember 2020 nanti.

“Ayo masyarakat Jember bersatu mendukung Ifan di pilkada nanti,” terang Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKB ini. (HMS)

Continue Reading














Kategori

Topik Terkini

Trending