Connect with us

OPINI

Kesederhanaan Kapolri Idham Azis di Mata Senator dari Sulteng

Published

on

Oleh: Abdul Rachman Thaha*

Sosok Kapolri, Idham Azis memang sangat sederhana, karena memang berangkat dari keluarga yang tak punya apa-apa. Jadi saya sangat paham persoalan tentang kehidupan, memang dari ajaran nenek moyang kami yang berasal dari Sulawesi itu hanya satu lah yang kami selalu berpegang teguh pada persoalan adat budaya kami, yang selalu dijaga dan selalu diingatkan oleh para petuah kami di mana saja berada. Prinsip kami sebagai anak Sulawesi adalah kami itu tak pernah mau mengurusi urusan orang dan tak mau tau apa urusannya orang. Kami selalu bersandar pada bagaimana filosofi kami dari adat Bugis-Makassar.

Menurut saya, kesuksesan seorang Idham Azis yang merupakan Putera Bugis Makassar, menjadi orang nomor satu di lembaga Kepolisian Republik Indonesia tidak terlepas dari nilai dan prinsip hidup yang menjadi pegangannya sebagai Putera Bugis Makassar.

Saya pun menyaksikan sendiri, bagaimana kesederhanaan beliau. Walaupun sangat dihormati dan ditakuti oleh semua orang, namun Kapolri yang satu ini seakan tidak berjarak dengan siapapun, termasuk masyarakat biasa. Dia juga adalah sosok Kapolri yang selalu mendekatkan diri pada Tuhannya, taat beribadah, jujur dan taat pada orang tuannya.

Untuk itu, setiap orang tentunya harus memiliki pandangan hidup. Suku Bugis Makaassar sudah sangat dikenal sebagai pekerja keras, mereka senang sekali untuk merantau jauh di negeri seberang untuk mengubah haluan hidup demi mencapai kesuksesan sejati.

Falsafah Hidup Orang Bugis

Falsafah Hidup merupakan sebuah prinsip yang mendasar yang harus dimiliki insane dan individu tanpa prinsip maka kehiduppan orang tersebut laksana kapal yang terombang ambing ombak ditengah lautan tanpa tujuan yang jelas.

Orang Bugis Makasssar memiliki juga beberapa prinsip kehidupan yang sangat dalam memaknai perjalanan hidup dan berikut ini beberapa prinsip-prinsip tersebut:

Pertama, Siri Na Pacce. prinsip ini mengajarkan bahwa orang bugis Makassar sangat menjunjung tinggi persoalan siri atau rasa malu mereka akan senantiasa merasa malu untuk melakukan perbuatan yang tidak baik. Dan baginya panyang untuk melakuka perbuatan yang memalukan yang bertentangan dengan norma agama, hukum maupun norma adat dan kesopanan

Menjadi sebuah aib yang cukup memalukan bila dikemudian hari melakukan hal-hal yang dianggap sebagai perbuatan tidak terpuji. Harga diri atau integritas merupakan barang/mata uang yang palig berharga bagi orang bugis makassar kehilangan harga diri laksana khilangan segala-galanya dan lebih baik kehiolangan uang dari pada harga diri karena kehilangan uang kita kehilangaan sedikit akan tetapi kalau kehilangan integritas maka kita kehilangan segala-galanya.

Pacce merupakan sebuah sikapyang dapat merasakan penderitaan sesama manusia dan tentunya sikap ini akan senantiasa memunculkan solidaritas bagai sesama manusia.

Berpegang teguh pada prinsip kehidupan yang mampu perasakan pederitaan sesama manusia maka hal itu akan memicu keinginan untuk senantiasa mengulurkan pertolongan bagi mereka yang membutuhkannya.

Kedua, RESO Tamanginggi Naletei Pammase Puang, artinya bahwa didadalam mengarungi kehidupan ini Orang Bugis akan senantiasa bekerja secara keras, tekun dan pantang menyerah maka dapat dipastikan kebrhasilan akan bisa dicapai karena Rahmat Tuhan meniti menuju jalan kesuksesa. Dan di dalam bekerja tersebut pantang berputus asa karena semakin kita berkeja keras dan semakin banyak rintangan yang kita hadapi seperti kegagalan maka dapat dipastikan kita akan semakin dekat dengan kesuksesan karena hampir semua orang sukses diunia ini pasti perna merasakan kegagalan.

Jika Fisik dibesarkan dengan melatihnya mengangkat beban seperti barbell maka jiwa dibentuk berdasarkan kegagalan yang dihadapi. Hanya dengan kerja keras maka segalah usaha pasti bisa dicapai dan tuhan sangat menyenangi orang yang bekerja secara keras.

Ketiga, Tea Tamakua idipanajaji yang artinya kesuksesan anda tergantung dari diri anda sendiri apa yang anda pilih pada waktu yang lalu hasilnya apa yang aanda rasakan pada saat ini. Dan jika anda ingin merubah nasib anda maka tidak ada jalan lain hanya anda yang mampu mengubahnya karena itu hargai diri anda. kenali diri anda dan potensi anda, lejitkan dan jangan pernah berfokus pada kekurangna anda, karen jika berfokus kepada kekurangan maka anda hanya mampu berkeluh kesah, tapi fokuslah pada kelebihan anda maka anda akan bisa melakukan apapun yang anda cita-citakan. “Tidak akan berubah nasib seseorang kecuali dia yang merubanya sendiri demikanlah peringatan tuhan”.

Keempat, Sipakainga, Sipakatau, dan sipakalebbi. Sikap ini mengajarkan kepada kita bagaimana cara menggapai kesuksesan dan berhubungan dengan sesama manusia karena kesuksesan tidak akan bisa kita capai tanpa bantuandan berinteraksi dengan orang-orang di sekeliling kita karena dalam menjalin hubungan dengan manusia termasuk dengan relasi bisnis dan rekan kerja hendaknya kita senantiasa saling mengingatkan, saling menghormati, dan saling menghargai. jika ketiga sikap ini anda terapkan maka dipastikan urusan anda akan berjalan mulus.

Sipakainga adalah tindakan untuk senantiasa saling mengingatkan, saling menegur, saling mengevaluasi dan membimbing jalan yang benar jika seseorang mengalami permasalahan atau kesulitan hidup pada saat tanpa membedakan yang salah dan yang benar.

Sipakatau merupakan cerminanan untuk senatiasa saling menghormati dan tidak sebaliknya saling bermusuhan ,selink sikuk dan injak menginjak dalam merebut jabatan atau mengejar kekayaan hendaknya senantiasa kita memanusiakan sesama manusia.

Sipakalabbi merupakan sebuah gambaran dalam menjalani hidup dalam bermasyarakat untu senantiasa saling menghargai antara sesama manusia dengan saling menghargai maka hubungan akan semakin erat dan jauh dari rasa permusuhan dan kebencian.

Kelima, Malilu Sipakainge, Mali iparappe, Rebba Sipatokkong artinya bahwa hendaknyaa kita membantu satu sama lain, jangan saling menjatuhkan tapi sebaliknya saling menarik serta saling mengingatkan antara sesama manusia, karna jalan menuju kesuksesan pasti penuh hambatan. Dan ketika engkau terjatuh maka saling bantulah dan memotivasi untuk bangkit kembali karena kegagalan akan selalu ada dalam setiap jalan kesuskesan

Jika anda ingin sukses maka jangan pernah takut akan kegalalan dan jangan pernah menghitung berapa kali anda gagal dan terjatuh, tapi hitung dan ingatlah sudah berapa kali anda bangkit dari kegagalan.

Keenam, Taro Ada Taro Gau. prinsip ini mengajarkan betapa pentingnya memiliki sikap yang bissa dipercaya taro ada taro gau memiliki makna bahwa sebagai pemimin atau apapun profesi anda senantiasalah untuk selalu konsisten antara ucapan dan perbuatan.

Ketika ucapan dan perbuatan anda sejalan maka dapat dipastikan orang-orang yang anda pimpin atau berada disekitar anda akan semakin mempercayai anda. Dengan adanya kepercayaan, maka anda sudah sukses menapaki tangga kepemimpinan yaitu dipercaya atau menjadi pemimpin yang dipercaya. Ketika seorang pemimpin sudah dipercaya, maka yang dipimpinnya otomatis akan mencintainya. Ketika anda sudah dicintai rakyat atau orang yang anda pimpin maka pegaruh anda akan semakin kuat, dengan kuatnya pengaruh maka anda menciptakan diri anda menjadi pemimpin yang kharismatik.

Demikianlah beberapa falsafah orang Bugis Makassar yang penuh dengan pembelajaran kehidupan. Dan semua itu saya melihatnya terimplementasi dalam diri seorang Idham Azis.

*Penulis Merupakan Anggota DPD RI dari Dapil Sulawesi Tengah

OPINI

Di Tengah Pandemik Covid-19, THR Harus Tetap Dibayar

Published

on

By

Oleh: Syaiful Bahri Anshori, Presiden Konfederasi Sarbumusi

Pandemik covid 19 trennya semakin tinggi dan belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir. Bahkan masyarakat yang terpapar dan meninggal setiap hari semakin meningkat.

Meski di sisi lain yang sembuh pun terus meningkat dan ada trend yang mengembirakan. Namun, dampak Covid 19 menggoyahkan ekonomi Indonesia dan tentunya dampak terbesar dirasakan dalam hubungan industrial baik secara makro maupun mikro.

Banyak perushaaan yang kebingungan mengambil sikap atas kelangsungan produksi, di satu sisi ada protokol kesehatan yang mengharuskan buruh bekerja di rumah namun disisi lain bagi pekerja produksi sama saja perusahaan harus shut down produksinya,

Dampak dari itu semua banyak pekerja/buruh yang habis masa kontraknya tidak diperpanjang, dirumahkan sementara dan lebih parahnya lagi banyak buruh yang sudah ter PHK dan mengalami kesulitan ekonomi.

Sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan dan perayaan Iedul Fitri, secara normatif regulasi tentunya maksimal H-7 buruh harus mendapatkan THR. Kondisi saat ini tentunya akan berdampak pada pelaksanaan pembayaran THR tersebut.

Terkait dengan pembayaran THR, saya atas nama Presiden Konfederasi Sarbumusi menyatakan hal hal sebagai berikut;

1. Mendorong bagi perusahaan yang mampu harus membayar THR sesuai ketentuan regulasi peraturan perundang undangan dan jangan sampai atas na covid 19 perusahan melakukan kecurangan dan dalih dalam pembayaran THR .

2. Bagi pengusaha yang mengalami kesulitan cash flow saat ini sehingga belum bisa membayar THR penuh. Bagi pengusaha yg cash flownya terganggu maka wajib berkomunikasi dgn SP/SB yang ada di perusahaan atau pekerja bila belum ada SP SB di sana sehingga ada solusi yang tidak mengorbankan buruh.

3. Pemerintah harus menguatkan dialog sosial antara pekerja dan pengusaha untuk mencari solusi terbaik dalam mekanisme pembayaran maka bisa dicarikan solusi dalam mekanisme pembayaran THR. Bisa saja solusinya adalah pembayaran 75% atau 50% dulu, nanti sisanya akan dibayarkan 2 atau 3 bulan ke depan.

4. Penguatan peran pengawas ketenagakerjaan untuk melakukan pengawasan atas Proses pembayaran THR tersebut agar hak pekerja atas THR benar2 diberikan. Dalam kondisi normal saja masih banyak oknum perusahaan yang enggan bayar THR sesuai ketentuan, apalagi di saat seperti ini. Oleh karenanya peran pengawas ketenagakerjaan benar benar dibutuhkan, bukan sekadar buka posko THR sebagai rutinitas tahunan.

5. DPP konfederasi Sarbumusi dalam kerangka pengawasan terlibat aktif melakukan advokasi atas hak hak THR yang dilanggar selain dari membuka posko pembayaran THR DPP konfederasi Sarbumusi melalui LBH sarbumusi melakukan peran aktif dalam mengawal dan mengadvokasi buruh yang dilanggar hak THR nya. ▽△

Continue Reading

OPINI

ISLAM INDONESIA

Published

on

Itho Murtadha - Penulis dan Intelektual Muda

Oleh: Itho Murtadha*

Bisakah kita menjadi Islam sekaligus Indonesia, atau menjadi Indonesia tanpa perlu risau dibilang tak Islam?

Meme soal Salam Pancasila, segera saja beredar seusai Kepala BPIP, Prof. Yudian Wahyudi, mengutarakan pendapat bahwa musuh Pancasila adalah Agama, dan mengusulkan penggantian ucapan “Assalamu Alaikum” menjadi Salam Pancasila.

Bagi kalangan yang tak mau ruwet berpikir soal bangsa, pernyataan Prof. Yudian ini direspon dengan main-main saja. Mereka bikin meme tentang itu. Semua lucu, namun menggelitik satire. Panggung parodi dibentangkan. Parodi menjadi semacam arena perlawanan terhadap ‘ketidakwarasan’ yang dewasa ini kerap menghantam negeri ini secara bertubi-tubi. Parodi menjadi sebentuk perayaan atas kegilaan massal.

Tetapi, bagi kalangan yang serius, pernyataan ini disikapi secara serius pula. Terlepas dari pro dan kontra; ada pihak yang menyatakan bahwa, jika mau jujur memang benar (kelompok radikalis-ekstrimis) agama menjadi musuh bagi Pancasila. Musuh bagi NKRI yang kita cintai ini. Dan ada pula yang berpandangan sebaliknya, ini adalah penghinaan terhadap agama. Tetapi, sejatinya, polemik ini meruahkan semacam ketegangan yang belum usai antara negara (state) dan agama.

Rocky Gerung, intelektual-cum-aktivis yang kesohor beberapa tahun terakhir ini, misalnya, menyebut bahwa masih seringnya terjadi ketegangan antara negara dan agama, tidak lain disebabkan oleh tak terselesaikannya perdebatan (konflik) soal ideologi negara di masa lampau di masa para founding father menyusun puzzle bernama Indonesia ini. Dan sialnya, konflik ini laten. Relasi antara negara dan agama akan terus berada pada situasi pasang-surut, selama ini tak diselesaikan.  Demikian katanya.

Ekspresi Kultural

Ide tentang Salam Pancasila, bagi saya, memperlihatkan adanya arogansi (atau boleh jadi: kegenitan) rezim yang ada untuk terus mengusik wilayah ini. Relasi antara negara dan agama masih ditempatkan dalam posisi yang berhadap-hadapan (vis a vis). Negara di wilayah yang satu, agama di wilayah yang lain. Dan keduanya tak bisa bersatu. Binary Opposition.

Prof. Yudian melakukan kecerobohan (walau saya tak yakin benar, mengingat kapabilitas keilmuannya yang sangat mumpuni) dengan mewacanakan penggantian salam, sebab: 1) Islam kebanyakan, yang tumbuh-berkembang di Indonesia adalah Islam yang telah mengalami dialektika yang panjang dengan budaya lokal Indonesia. Islam telah berakulturasi (dengan dialog dan damai) dengan lokalitas yang didatanginya. Sederhananya, Islam yang datang di Indonesia telah menjadi Islam Indonesia.

Ada banyak kawan saya, yang kebetulan beragama non-Islam, ketika menelepon saya mengucapkan Assalamu Alaikum. Atau ketika kaget berucap: Astagfirullah. Juga acap menyebut Subhanallah ketika takjub. Bagi mereka, ucapan Assalamu Alaikum tidak lagi mewakili simbol dan bahasa agama (Islam). Mereka bisa dengan fasih dan santai mengucap salam itu tanpa harus was-was terpengaruh dengan Islam. Dengan kata lain, salam Islam ini telah menjadi ekspresi dan bahasa kultural semua warga yang mendiami wilayah Indonesia.

2) Upaya simplikasi kalimat guna menegaskan sebuah pernyataan, dalam diskursus akademik adalah sesuatu yang biasa-biasa saja. Lihat saja ketika Gus Dur berujar: Tuhan tak perlu dibela. Atau Ulil Abshar Abdalla ketika memberi judul tulisannya: Membakar Rumah Tuhan. Semua tampak biasa-biasa. Tak ada yang menakutkan. Sebab, dalam ruang akademik tak ada yang ‘terlarang’ untuk didiskusikan.

Tetapi, ketika itu memasuki ruang publik kita mutlak hati-hati. Apalagi jika yang menyampaikannya adalah pejabat publik. Tentu harus lebih ditimbang matang-matang. Sebab, implikasinya pasti luas. Level pengetahuan dan kesadaran keberagamaan tiap-tiap orang berbeda. Oleh karena itu, berucap sembrono walau dengan tujuan benar, belum tentu baik untuk dilakukan.

Hadangan

Memang, problem ketegangan-relasional antar negara dan agama hanya bisa diselesaikan dengan adanya keberbesaran hati untuk menerima kedua entitas ini untuk hidup dan tumbuh-berkembang secara sederajat. Di sini dan kini. Kedua-duanya harus diletakkan sebagai dua sisi integral yang tak bisa dipisahkan.

Agama harus diposisikan sebagai kenyataan sejarah yang telah banyak membentuk dan menjadi tulang punggung berdirinya nation-state. Sebaliknya, negara harus dipahami sebagai taman yang memungkinkan bunga bernama agama mekar di dalamnya.

Dalam amatan saya, memang ada dua kelompok (atau cara pandang) yang selalu menjadi hambatan bagi ikhtiar ini.

Pertama, Kelompok/cara pandang radikal-ekstrimis. Cara pandang radikal-ekstrimis adalah cara pandang keagamaan yang dibentuk oleh ideologi puritan. Bahwa Islam yang autentik itu adalah Islam masa lalu. Di sini, autentisitas dipahami sebagai sesuatu yang given. Tak tumbuh atau menjadi (becoming) dalam istilah Erich Fromm.

Oleh karena itu, sebagaimana sering kita saksikan, kaum puritan selalu mengagendakan proyek pengembalian Islam ke masa lalu. Kata Kuntowijoyo, logikanya adalah: dari konteks ke teks, bukan dari teks ke konteks. Islam adalah apa yang dipraktekkan oleh nabi, para sahabat, dan orang-orang saleh terdahulu (salafus shalih). Selain itu bukan. Dan, apa-apa yang diadakan adalah bid’ah.

Padahal, jika ditelaah, Islam yang kini hadir di Indonesia (atau bahkan pada zaman nabi sekalipun) tidaklah hidup di “ruang hampa” sejarah. Islam mengalami persentuhan dengan norma, kebiasaan, simbol, maupun budaya yang telah ada sebelumnya. Begitupun di Arab Saudi. Islam datang, dengan mau tak mau, harus menerima norma, kebiasaan, simbol, maupun budaya yang telah ada sejak zaman pra-Islam.

Dalam konteks ini, dapat dipahami bahwa: yang dilakukan nabi bukanlah membuang tradisi, kebiasaan, maupun budaya pra-Islam, tetapi merevitalisasi atau memberi pemaknaan baru atas tradisi, kebiasaan maupun budaya yang dianggap positif bagi Islam. Ia sebentuk kreolisasi merujuk kepada Khomi Bhaba.

Jadi, sesungguhnya, (bahkan) Islam yang dinubuatkan oleh nabi juga adalah Islam yang terhibridasi. Islam yang tidak autentik, tidak genuine jika kita mendefinisikan autentisitas sebagai tercemar atau tidaknya sebuah agama oleh norma, kebiasaan, simbol, atau budaya setempat.

Kedua, Kelompok/cara pandang nasionalis-sekularistik. Cara pandang nasionalis-sekularistik adalah cara pandang yang menempatkan nation sebagai segala-galanya dan berusaha menjauhkan negara dari agama. Nasionalisme tak masalah. Sebab agama, semisal Islam, juga menganjurkan penganutnya untuk cinta kepada tanah air.

Tetapi yang jadi problem, jika mensupremasi nation di satu sisi, dan di sisi lain memusuhi agama. Ini misalnya, dapat dilihat dari gerakan privatisasi agama. Agama dipinggirkan sekadar menjadi urusan personal semata. Agama adalah soal ibadah kepada Tuhan: salat, puasa, zakat, haji, dan lain-lain. Agama tak diberi ruang untuk bicara soal keadilan, kemanusiaan, kemiskinan, dan lain sebagainya. Padahal inilah ruh semua agama-agama.

Penutup

Idealnya, sudah tak ada lagi problem antara negara dan agama. Dibutuhkan dialog yang berkelanjutan untuk mengubur ketegangan antara dua entitas ini. Negara dan agama mutlak untuk saling terbuka dan mau merangkul satu sama lain.

Kerisauan bahwa menjadi Indonesia berarti menghilangkan keislaman kita, dan sebaliknya menjadi Islam maka tak perlu berkomitmen atas keindonesiaan kita, dengan demikian, harus dibuang jauh-jauh.

Agama harus menjadi pelengkap bagi negara, dan negara harus menjadi rumah yang baik bagi agama. Hanya dengan cara itu, kita bisa dengan bangga menyebut: Kita adalah Muslim Indonesia.

*Penulis adalah seorang intelektual muda yang berasal dari Kota Palu, Sulawesi Tengah

Continue Reading

OPINI

Catatan PKS, Kapolri Idham Azis: Tausyiah Sebelum Rapim Polri

Published

on

By

Oleh: Habib Aboe Bakar Alhabsyi, Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS

Hari ini Komisi III DPR RI gelar raker dengan Kapolri. Saya menyampaikan apresiasi untuk Kapolri, yang membuat suasana baru saat pembukaan Rapim Polri. Yaitu menghadirkan tausiyah dari seorang ustadz sebelum menggelar Rapim.

Ini adalah langkah baik sebagai bentuk implementasi pancasila, yaitu sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Selain itu saya juga apresiasi pesan yang diberikan kapolri saat itu, yang meminta agar para aparat di lapangan, mengedepankan pendekatan humanisme saat menangani aksi unjuk rasa.

Saya ada beberapa catatan untuk Kapolri, mulai dari persoalan SDM, Kompolnas menyampaikan selama tahun 2019 menerima 2.059 pengaduan yang kebanyakan yang berkaitan pelaksanaan tugas yang tidak profesional.

Ini menandakan masih banyaknya persoalan penyalahgunaan kewenangan oleh personel. Misalkan saja dua kasus yang lagi menjadi atensi publik pada pekan-pekan terakhir. Ada Brigadir HH yang bertugas sebagai Banit Opsnal Subbid Surveillance Ditintelijen Densus 88 Antiteror Polri yang menjual Senpi ke sipil. Bayangkan, kok bisa sekelas personel intel dari Densus menjual Glock 17 ke sipil ? bagaimana ini bisa terjadi ?

Adalagi soal SDM, pada persidangan di PN Jakarta Pusat 20 Januari kemarin, Lutfi Alfiandi pembawa bendera saat demo STM yang fotonya viral, memberikan pengakuan didepan persidangan bahwa yang bersangkutan di setrum untuk mengakui melempar petugas dengan batu.

Ini pengakuan diberikan di depan persidangan, tentunya harus mendapat atensi dari kita. Masak ngatasi anak STM demo saja pakai ditrum segala, Kenapa bisa terjadi seperti ini ?

Selain SDM saya berikan atensi soal Narkoba, ini persoalan serius, negara ini sudah darurat narkoba. Sampai saat ini masih banyak zona merah di republik ini, yang harus diatensi oleh Polri.

Setidaknya ada 654 kawasan narkoba di seluruh Indonesia, sara rasa Pak Kapolri perlu perintahkan kepada jajarannya untuk mengurangi hot spot narkoba yang sangat banyak itu.

Misalkan saja di Jakarta 117 zona merah, tolong kasih target untuk pada Kapolda agar jumlah zona itu bisa berkurang. Dan secara berkala, tentunya perlu dievaluasi bersama BNN. Sehingga nantinya akan terlihat, ada berapa pengurangan zona merah narkoba di Indonesia.

Hal lainnya, saya minta Kapolri memberikan penjelasan soal kedatangan penyidik KPK ke PTIK, Apa yang sebenarnya terjadi di sana ? ada yang menggunakan istilah disekap, ada yang bilang di tes urine. Karena ini menjadi atensi publik yang perlu dijelaskan agar tidak mengundang spekulasi di tengah masyarakat.

Selain itu, ada kabar Penyidik KPK yang Tangani Suap KPU kemarin ditarik oleh polri, ini juga membuat publik semakin berspekulasi. Karenanya saya minta Kapolri menjelaskan hal itu. []

Continue Reading
Advertisement

Kategori

Topik Terkini

Trending