Connect with us

OLAHRAGA

Ketahanan Keluarga, Strategi Penguatan Ideologi Bangsa

Published

on

SOLOK – Anggota MPR RI Hermanto menilai, sudah saatnya negara membuat strategi penguatan ideologi dan konstitusi melalui ketahanan keluarga.

“Negara harus sudah fokus memberikan pemahaman Pancasila dan konstitusi pada unit keluarga sehingga keluarga menjadi unit terkecil dalam mencegah masuknya paham-paham yang bertentangan dengan budaya bangsa,” ujar Hermanto dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR Kepada Aparatur Pemerintah di Aula Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kabupaten Solok Selatan belum lama ini.

Menurutnya, arus informasi yang tidak sesuai dengan Pancasila meluncur deras melalui teknologi informasi.

“Sulit dibendung masuk ke alam pikir masyarakat. Akibatnya, pemahaman masyarakat terhadap Pancasila semakin lemah,” ujar legislator dari FPKS ini.

Setiap individu, lanjutnya, saat ini sangat mudah mengakses informasi melalui media elektronik tanpa instrumen penyaring.

“Tidak sedikit informasi yang didapat itu kemudian membentuk pola pikir dan gaya hidup masyarakat yang bertentangan dengan budaya bangsa,” paparnya.

Paham liberalisme, komunisme, vandalisme, dan lain-lain berserakan di media elektronik internet.

“Patut menjadi perhatian bagi negara untuk mengantisipasinya. Agar bangsa Indonesia tetap berada pada nilai budaya bangsa yang memiliki ciri keindonesiaan, namun tetap dapat menerima budaya modern yang tidak merusak,” tuturnya.

Penguatan ketahanan keluarga menjadi salahsatu solusi efektif dalam menyaring maraknya informasi tersebut. Keluarga yang kuat akan mampu memilah dan memilih informasi.

“Keluarga yang kuat hanya akan mengambil informasi yang sesuai dengan ideologi bangsa dan membuang jauh-jauh informasi yang tidak sesuai apalagi yang merusak,” ucap Hermanto.

“Kita berharap setiap keluarga Indonesia menjadi cermin budaya bangsa yang kokoh menjalankan nilai Pancasila,” pungkas legislator dari Dapil Sumatera Barat I ini. (JOKO)

OLAHRAGA

Pertemuan PKS-NasDem, Habib Aboe: Kami Banyak Bahas Isu Nasional

Published

on

By

JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terus menggelar Silaturahmi Kebangsaan. Kali ini Partai Nasional Demokrat (NasDem).

“Hari ini, kami dari PKS menyambangi DPP Nasem dalam rangka silaturahmi kebangsaan,” kata Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi pada Wartawan Lintas Parlemen usai acara, Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Habib Aboe mengungkapkan, pada pertemuan itu diperkenalkan jajaran pengurus baru DPP PKS.

“Selain itu, kami bahas berbagai isu nasional dibahas bersama antara PKS dan Nasdem,” ujar Habib Aboe.

Habib Aboe menjelaskan, PKS dan Nasdem memiliki pandangan yang sama mengenai nasionalisme dan kebangsaan. Terdapat komitment bersama untuk melawan segela bentuk radikalisme dan terorisme di republik ini.

“Tidak ada tempat untuk gerakan gerakan terorisme di Indoensia,” tegas anggota Komisi III DPR RI ini.

Ketua MKD DPR RI ini juga mengaku, PKS bersama Nasdem menyepakati untuk meningkatkan kualitas demokrasi, termasuk menghindari adanya polarisasi politik pada Pemilu 2024.

“Kami di PKS dan Nasdem bersepakat untuk mendorong penanganan Covid-19 secara lebih baik. Termasuk untuk mengurangi pergerakan masyarakat untuk mencegah adanya kenaikan jumlah positif Covid-19,” terangnya.

Tak hanya itu, PKS bersama Nasdem telah bersepakat untuk mendorong tumbuhnya perekonomian daerah saat lebaran dengan gerakan tranfer THR dan zakat ke daerah. (HB)

Continue Reading

OLAHRAGA

Komunitas Penerbang Sport atau Air Race Gabung ke IMI

Published

on

By

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyambut hangat bergabungnya komunitas para penerbang pesawat sport (Aero Motorsport) atau air race dalam keluarga besar IMI Mobilitas, yang memfasilitasi berbagai klub/komunitas olahraga motorsport. Dengan demikian, air race Indonesia memiliki induk organisasi, sehingga bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Championship Air Race (WCAR).

“Jalan panjang Indonesia menjadi host World Championship Air Race (WCAR) sudah dirintis sepuluh tahun lalu. Dalam kalender event WCAR 2022, Indonesia sudah mendapatkan slot untuk menjadi tuan rumah pada Juli 2022. Kesempatan bagus yang tidak boleh disia-siakan. Selain menumbuhkembangkan olahraga aero motorsport, juga bisa membangun ekonomi rakyat melalui sport tourism,” ujar Bamsoet usai menerima Jeffrey Adrian, atlet World Championship Air Race Indonesia, di Jakarta, Jumat (30/4/21).

Hadir pula para penggemar air race Indonesia, antara lain dr. Rheza Maula, Riri Elbisri, dan Barry Rozano. Turut hadir pengurus IMI Pusat, antara lain Wakil Ketua Umum Internasional dan Event Judiarto, Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, serta  Komukasi dan Media Sosial Dwi Nugroho dan Hasby Zamri.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, Jeffrey Adrian merupakan atlet air race Indonesia yang telah menggeluti dunia kedirgantaraan selama lebih kurang 13 tahun dengan 7.000 jam terbang lebih. Ia juga sudah mendalami pendidikan penerbangan khusus professional aerobatic di Executive Flyers Aviation, Boston. Namun hingga kini belum bisa menampilkan kepiawaiannya dalam melakukan manuver pesawat air race di langit Indonesia, karena Indonesia belum pernah menjadi tuan rumah WCAR.

“Penyelenggaraan WCAR mampu menarik perhatian 268,6 juta penduduk dunia. Sekitar 30 pesawat dari 25 negara akan bermanuver di langit Indonesia. Dalam setiap penyelenggaraan di berbagai negara, WCAR mampu menarik 120.000 penonton yang datang langsung menyaksikan acara. Serta mendatangkan seribu lebih pilot dan official team,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menerangkan, dengan menjadi tuan rumah, Indonesia akan mendapatkan banyak keuntungan. Seperti country and city branding, sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

“Dari kajian yang dilakukan, dengan menjadi tuan rumah WCAR 2022, Indonesia akan mendapatkan keuntungan ekonomi mencapai EUR 29,411 juta. WCAR juga mampu memberikan multiplier effect economy terhadap berbagai sektor lainnya seperti UMKM souvenir, perhotelan, pariwisata, dan lainnya mencapai EUR 18,224 juta,” terang Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini memaparkan, WCAR 2022 rencananya digelar sebanyak 9 putaran di sembilan negara dunia. Selain Indonesia, negara lainnya yang rencananya menjadi host WCAR 2022 antara lain Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Februari 2022. Dilanjutkan Dammam, Arab Saudi pada Maret 2022. Kemudian Cannes dan Châteauroux, Perancis pada April dan Mei 2022. Selanjutnya Uni Eropa pada Juni 2022.

“Kemudian rencananya di Indonesia pada Juli 2022. Chiba, Jepang pada Agustus 2022. Austin, USA pada September 2022. Ditutup di Poshan, China pada Oktober 2022. WCAR juga memiliki 51 broadcast partners global media, yang tersebar di 187 negara. Menjadi tuan rumah WCAR 2022 akan menjadi sarana strategis bagi Indonesia untuk semakin dikenal dunia,” pungkas Bamsoet. (dwi)

Continue Reading

OLAHRAGA

Perayaan HUT Ikatan Motor Indonesia ke-115, Bamsoet: IMI Bertekad Jadikan Indonesia Juara…

Published

on

By

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo merayakan HUT ke-115 IMI dengan syukuran bersama anak yatim. Dilanjutkan potong tumpeng sekaligus doa bersama dengan seluruh Pengurus IMI Pusat dan Pengurus IMI Provinsi yang hadir secara virtual. Di usianya yang sudah melebihi satu abad, IMI terus berkomitmen membangun negeri. Tercermin dalam Panca Bhakti IMI, yakni menjadikan Indonesia Juara, Bebas Narkoba, Taat Berlalu Lintas, Langit Biru, dan Jaga NKRI. 

“Implementasinya, pada tahun 2021 ditargetkan ada 50 kejuaraan balap motor tingkat nasional dan 2 kejuaraan balap motor tingkat internasional (2 putaran MXGP), ditambah tujuh seri lomba balap motor bebek memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia. Serta 56 kejuaraan balap mobil tingkat nasional dan 2 kejuaraan balap mobil tingkat internasional (TCR Asia dan Asian Gokart),” ujar Bamsoet dalam perayaan HUT ke-115 IMI, secara virtual di Studio Digital Black Stone Bamsoet Channel Jakarta, Selasa (30/3/21). 

Turut hadir Pengurus IMI Pusat, antara lain Badan Pengawas Jeffrey JP dan Kombes Pol Syamsul Bahri, Bendahara Umum Effendi Gunawan, Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Sadikin Aksa, Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil Ananda Mikola, Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar, Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi A. Riyanto, Wakil Ketua Umum IT dan Digital Tengku Irvan Bahran, Wakil Bendahara Johnson Yaptonaga, Komunikasi dan Media Sosial Chandra Charock, Dwi Nugroho dan Hasby Zamri. 

Sementara dari Pengurus IMI Provinsi turut serta secara virtual antara lain, pengurus Pengprov Bengkulu, Jambi, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, Kalimantan Utara, Sumatera Selatan, Bali, Kalimantan Timur, Banten, NTB, Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, IMI juga memfasilitasi pembangunan prasarana olahraga otomotif seperti sirkuit internasional Gokart di Pecatu, Bali dan sirkuit internasional F1 di Jembrana, Bali. Selain juga mengembangkan sirkuit yang sudah ada, seperti Sentul International Circuit, menjadi semakin berkembang. 

“Untuk memperkuat organisasi, dalam waktu dekat ada tiga musyawarah provinsi memilih kepengurusan IMI Provinsi, yakni Sumatera Utara, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah. Penguatan organisasi juga dilakukan dengan pembuatan kartu tanda anggota IMI dan pembayaran iuran anggota secara online. Serta penguatan jaringan digital agar berbagai kejuaraan yang digelar bisa disaksikan melalui live streaming dari berbagai media sosial,” jelas Bamsoet. 

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menerangkan, bersama Badan Narkotika Nasional, IMI akan membuat pusat rehabilitasi narkoba. Bersama Korlantas Polri, sesuai MoU yang ditandatangani 10 Maret 2021, IMI akan membangun sirkuit offroad di kawasan Indonesia Safety Driving Center (ISDC), Pusdik Lantas Polri, di Tangerang Selatan. 

“Serta memanfaatkan lahan ISDC seluas 10 hektar untuk pelatihan safety driving dan safety riding kepada masyarakat, dengan pelatih profesional yang berasal dari para pembalap seperti Rifat Sungkar, Ananda Mikola, dan Moreno Soeprapto,” terang Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menegaskan, IMI mendukung Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Mendorong masyarakat dan pemerintah mempercepat migrasi kendaraan berbahan bakar minyak ke kendaraan bermotor listrik, sehingga menjadikan langit Indonesia semakin biru, terbebas dari polusi kendaraan bermotor. 

IMI juga menjadikan kendaraan listrik Hyundai IONIQ sebagai official Car IMI, serta mendukung pengembangan produksi motor listrik Bike Smart. Dengan beralih ke kendaraan listrik, masyarakat bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli BBM dan tidak perlu service rutin bulanan. 

“Negara juga bisa mengalihkan subsidi BBM ke sektor lainnya seperti kesehatan, pendidikan, dan riset. Dalam rentang waktu 2014-2019, jumlah subsidi BBM mencapai Rp 700 triliun. Di APBN 2021, subsidi untuk BBM jenis tertentu mencapai Rp 16,6 triliun,” tandas Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menambahkan, IMI telah memasukan Empat Pilar MPR RI dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART). Menjadikan setiap anggota IMI sebagai Duta Empat Pilar yang menyebarluaskan nilai Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika kepada setiap kalangan masyarakat. 

“Melalui semangat Empat Pilar, IMI terus berkontribusi dalam menjaga NKRI agar tidak terpecah belah, khususnya dalam menangkal virus ekstrimisme dan radikalisme yang semakin mengkhawatirkan, terlebih juga sudah masuk ke kalangan milenial. Daripada terpapar menjadi teroris, lebih baik kalangan milenial terjun ke dunia otomotif dengan menjadi pembalap yang membanggakan negeri,” pungkas Bamsoet. (dwi)

Continue Reading

Kategori

Topik Terkini

Trending