Connect with us

NASIONAL

‘Mari Jaga Keutuhan NKRI dengan Menahan Diri Mempersonalisasi Pancasila’

Published

on

SIJUNGJUNG – Anggota MPR RI Hermanto menyebutkan ada pihak yang selalu melakukan personalisasi Pancasila.

Nilai-nilai Pancasila disesuaikan dengan ukuran personal yang bersifat subyektif. Tafsir nilai-nilai Pancasila yang benar hanya berdasarkan pendapatnya.

“Seolah-olah hanya dia yang Pancasialis, yang lain tidak Pancasilais. Tidak boleh demikian. Hal ini akan menimbulkan kegaduhan dan bisa mengancam keutuhan NKRI,” papar Hermanto dihadapan peserta kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR di Aula Utama Wisma Keluarga, Muaro, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat belum lama ini.

Hadir sebagai peserta dalam kegiatan tersebut 3 anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Syofian Hendri, Antonio Oksa Mursil dan Hendri Susanto.

Kalau Pancasila ditafsirkan menurut kehendak personal, kata Hermanto, maka jelas akan ada perbedaan.

“Pihak yang melakukan personalisasi Pancasila secara tidak langsung telah menggunakan Pancasila untuk membelah bangsa,” tandas legislator dari FPKS MPR ini.

“Padahal, Pancasila itu konsensus Bangsa Indonesia. Pancasila merupakan pemersatu Bangsa Indonesia,” tambahnya.

Lebih jauh Hermanto mengingatkan agar jangan benturkan Pancasila dengan agama. Masalah itu sudah selesai.

“Pancasila sudah final. Apalagi untuk orang Sumatera Barat, ” ujarnya.

Menurutnya, tugas kita saat ini adalah berupaya melakukan internalisasi dan objektivikasi lalu mengejawantahkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari kita jaga keutuhan NKRI dengan menahan diri dari mengeluarkan pernyataan yang mengandung personalisasi Pancasila,” pungkas legislator dari Dapil Sumbar I ini. (joko)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NASIONAL

Di Atas Bukit Pulai Padar, Bendera KITA Berkibar

Published

on

By

NTT – Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) Banten mengibarkan bendera kebesaran KITA di atas bukit Pulau Padar, Taman Nasional Komodo , Labuan bajo Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan yang dilakukan sejumlah pengurus dari KITA wilayah Banten itu dilakukan untuk mengenalkan destinasi wisata unggulan Indonesia kelas dunia kepada publik.

Ketua KITA Banten, Handi Jatna berharap, apa yang dilakukanya ini menginspirasi khalayak untuk berkunjung ke destinasi wisata unggulan di Tanah Air agar semakin digandrungi wasatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Labuan bajo seperti kita ketahui merupakan destinasi wisata prioritas pemerintah. Kita perlu mendukung upaya pemerintah untuk menggaet devisa dari bisnis pariwisata Indonesia,” ujar Handi kepada wartawan, Senin (30/11).

Handi juga mengajak masyarakat Indonesia untuk berbondong-bondong meramaikan objek-objek wisata di Indonesia khususnya ke Labuan Bajo. Menurutnya, di sana banyak objek wisata kelas dunia seperti Pulau Komodo yang menyajikan keindahan kekayaan laut nusantara yang menjadi surga para penyelam.

Handi bersama 2 rekan lainnya yakni Andrew Nawruz dan Mia Amithya selanjutnya bakal mengibarkan bendera Merah Putih dan Bendera KITA didasar laut Alor.

“Bendera KITA berkibar di atas gunung dan di dasar laut melambangkan semangat persatuan dan kesatuan di atas bumi pertiwi yang sangat kaya dan indah,” pungkasnya. (MM)

Continue Reading

NASIONAL

Sekjen PBB Ajak Kader dan Warga Doakan Kesembuhan untuk KH Said Aqil Siradj

Published

on

By

KabaRakyat.com | JAKARTA – Sekretaris Jenderal DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor mendoakan kesembuhan untuk Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj yang positif terinfeksi covid-19. Afriansyah meminta kepada para kader PBB atau warga Nahdliyin untuk mendoakan Said Aqil sehat dan sembuh dari Covid-19. (lebih…)

Continue Reading

NASIONAL

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra Kecam Pembunuhan di Sigi

Published

on

By

KabaRakyat.com |Jakarta – Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra mengecam keras pembantaian terhadap satu keluarga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, yang dilakukan oleh anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kolara. (lebih…)

Continue Reading














Kategori

Topik Terkini

Trending