Connect with us

POLITIK

Pantau Netralitas ASN, Anak Buah Prof Yusril di Manggarai Barat Akan Buru Oknum PNS

Published

on

KabaRakyat.com | LABUAN BAJO – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pemilihan umum serta pemilihan kepala daerah selalu mengemuka dan menjadi sorotan publik.

Begitu juga saat menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Netralitas ASN sedang menjadi sorotan mendekati hari pencoblosan pada 9 Desember mendatang.

Seperti pada pilkada-pilkada sebelumnya, netralitas ASN sedang diuji. Godaan untuk terlibat dalam dukung-mendukung diperkirakan sedang terjadi secara personal.

Informasi mengenai hal tersebut akhir-akhir ini kerap muncul ke publik. Tetapi publik juga semakin kritis dalam mencermati adanya oknum ASN yang terlibat politik praktis khususnya dukung-mendukung dalam pilkada.

Hal ini juga terjadi di Pilkada Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Ali Sehidun pengaku bahwa pihaknya mendapat aduan dari masyarakat prihak ada keterlibat oknum ASN/PNS di Mabar yang mendukung salah satu kandidat paslon.

“Isu keterlibatan oknum ASN/PNS dalam mendukung salah satu kandidat di Pilkada Manggarai Barat ini memang betul, saya perna terima laporan dari masyarakat,” kata Ali Sehidun saat dikonfirmasi, Sabtu (14/11/2020).

“Saya dengar ASN dan bahkan tenaga Kontrak Daerahpun dipaksa dan diintimidasi untuk mendukung salah satu Paslon yang ada,” sambungnya.

Ali Sehidun menegaskan bahwa pihanya kini sedang mencari bukti otentik.

Menurutnya, tim pemburu atau pemantau PNS/ASN yang dibentuk olehnya kini sedang bekerja dikampung-kampung guna menggali informasi dan mencari bukti-bukti dan selanjutnya akan diadukan ke Bawaslu atau Gakkumdu.

“Kiranya kalau nanti kami sudah punya bukti yang akurat, tentu hal ini akan kami bawah ke ranah hukum. Biarkan aparat penegak hukum yang bertindak sesuai ketentuan yang berlaku,” ujar ketua tim pemenangan paslon nomor urut 3 paket Edi-Weng itu.

“Tim pemburu PNS/ASN kami sudah mulai bergerak untuk memantau keterlibatan ASN dalam dukung-mendukung dan menggiring warga untuk mendukung paslon tertentu. Tim sudah tersebar di 3 Dapil. saya sagat yakin kapasitas dan kemampuan teman-taman tim yang sudah kami bentuk,” sambungnya.Untuk itu, Ali Sehidun menyarankan kepada saudara-saudara ASN/PNS agar tidak terlibat dalam politik praktis.

“Saudara adalah Aparatur Negara yang tidak dibolehkan untuk terjun ke dunia politik praktis dan bahkan tidak dibenarkan untuk mendukung salah satu paslon dengan cara apapun bentuk dukunganya,” sarannya.

ASN terang Ali Sehidun, telah diprintah kan dalam No 5 tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah No 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS.

Selain itu dikuatkan dalam Peraturan Pemerintah No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, beberapa surat edaran sebagai penegasan dari Komisi ASN , Menteri PANRB, Mendagri, BKN, dan Bawaslu RI.

“Setiap ASN dilarang memberi dukungan atau melakukan kegiatan yang mengarah pada politik praktis pada kontestasi Pilkada/Pileg/Pilpres. ASN dituntut untuk tetap profesional dan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.” jelas anak buah Yusril Ihza Mahendra itu dengan mengutip bunyi UU tersebut.

Dia menambahkan, PBB sebagai partai pengusung paslon Edi-Weng selalu menghimbau kepada masyarakat bila ada oknum ASN atau Tenaga Kontrak Daerah yg mengarahkan masyarakat untuk mendukung paslon tertentu segera dokumentasikan dan serahkan kepada tim untuk ditindaklanjuti ke penegak hukum.

“Kami dilapangan selalu mengimbau kepada masyarakat jika menemukan ASN/PNS yang terlibat politik praktis di Pilkada Mabar agar supaya di foto atau di video-kan saja biar jadi bukti untuk memproses mereka secara hukum oknum-oknum tersebut,” punganya.

Untuk diketahui, pasangan calon bupati-wakil bupati Manggarai Barat, nomor urut 3, Edistasius Endi-Yulianus Weng (Paket Edi-Weng) maju di Pilkada Mabar 2020 diusung Partai Nasdem, PKPI, Partai Golkar dan PBB.

POLITIK

Roadshow di Jabar, Sekjend PBB Terus Gaungkan Tiga Program Partai

Published

on

By

KabaRakyat | GARUT – DPP Partai Bulan Bintang terus melakukan konsolidasi internal partai untuk merelealisasikan tiga program utama partai. Yaitu infrastruktur, kaderisasi, dan pencitraan. Kali ini Sekjen PBB Afriansyah Noor melakukan roadshow di Jawa Barat. (lebih…)

Continue Reading

POLITIK

PKS Gelar Muswil dan Musda di Tengah Pandemi secara Virtual

Published

on

By

JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) pada 27 Desember 2020 dan Musyawarah Daerah (Musda) pada 28 Desember 2020. Kegiatan ini istimewa dan berbeda dengan Muswil dan Musda sebelumnya karena dilaksanakan secara virtual serentak dan dalam waktu bersamaan di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/ Kota di seluruh Indonesia.

Sekjen DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan bahwa langkah ini diambil untuk menyiasati kondisi pandemi yang masih belum berakhir.

“Sampai saat ini kita masih pada masa pandemi Covid-19, sehingga pertemuan fisik dengan dalam jumlah yang banyak kita hindari. Hal ini yang mendorong PKS untuk melaksanakan kegiatan ini secara serentak dan dalam waktu bersamaan secara daring menggunakan teleconference. Ini adalah terobosan agar protokol kesehatan tetap terjaga dan mekanisme organisasi tetap berjalan sebagaimana mestinya,” ungkap Habib Aboe Bakar.

Lebih lanjut Aboe Bakar menjelaskan bahwa peserta kegiatan ini terbagi dua, yaitu ada yang hadir secara fisik dan ada yang hadir secara virtual.

“Kehadiran peserta ada yang melalui daring ada pula yang luring. Kegiatan utama berada di DPP PKS yang akan dihadiri secara terbatas oleh para pimpinan PKS, antara lain Presiden PKS, Sekjen, Bendum, Ketua MPP, Ketua DSP, dan para Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan Wilayah. Kemudian di seluruh Provinsi nantinya para pengurus DPW akan mengikuti kegiatan kegiatan ini secara bersama-sama. Selain itu para pengurus di berbagai tingkatan, anggota legislatif PKS di berbagai tingkatan, Kepala Daerah di berbagai tingkatan, dan seluruh kader serta simpatisan PKS juga akan mengikuti secara daring,” papar Aboe.

Habib Aboe Bakar menjelaskan bahwa agenda utama dari Muswil adalah pergantian kepengurusan di tingkat Wilayah/ Provinsi.

“Setelah kemarin dilaksanakan pergantian kepemimpinan di tingkat pusat melalui Munas V, ini adalah suksesi kepemimpinan PKS di tingkat Wilayah. PKS ini adalah partai kader, tentunya kita melakukan kaderisasi, salah satunya melalui forum Muswil V seperti ini; begitu juga dengan Musda untuk tingkat Kabupaten/ Kota”, paparnya.

“Agenda pelantikan dan pembacaan sumpah jabatan seluruh kader yang akan mengemban amanah sebagai pimpinan partai di tingkat Wilayah dan pimpinan partai di tingkat Kabupaten/ Kota merupakan hasil dari proses demokrasi yang dilaksanakan PKS dengan melibatkan seluruh kader.

“Terakhir akan ada Pidato Politik Presiden PKS, H, Ahmad Syaikhu dengan tema ‘Songsong Kemenangan 2024 dengan Mewujudkan Kepemimpinan yang Tangguh’ di level nasional dan daerah,” tambah Aboe.

Meskipun dilakukan secara daring, Aboe Bakar menyampaikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan Muswil dan Musda dilaksanakan sebagaimana mestinya. Mereka yang terpilih sebagai Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah (DPTW), akan dilantik oleh Presiden PKS pada 27 Desember 2020 besok, sedangkan mereka yang terpilih sebagai Dewan Pimpinan Tingkat Daerah (DPTD), akan dilantik oleh Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan Wilayah masing-masing.

Setelah pelantikan, agendanya adalah membahas amanah Muswil dan amanah Musda, rencana kerja, serta rencana anggaran. Seluruh rangkaian Muswil dan Musda dilaksanakan sesuai panduan yang ditetapkan oleh partai,” terang Aboe Bakar. (H3)

Continue Reading

POLITIK

Politisi PBB Jurhum Lantong Dinilai Layak Jadi Menteri di Kabinet Jokowi-KH. Ma’ruf Amin

Published

on

By

KabaRakyat.com | Jakarta – Kekosongan 2 menteri di Kabinet Jokowi-KH. Ma’ruf Amin menjadi publik bertanya-tanya. Dan bukan saja Kementerian Sosial dan KKP yang diperbincangkan kalangan pengamat dan masyarakat, namun sejumlah Kementerian juga perlu untuk dievaluasi. Sehingga dibutuhkan orang yang tepat untuk mengisi jabatan tersebut. (lebih…)

Continue Reading














Kategori

Topik Terkini

Trending