Connect with us

NASIONAL

PKS Minta Pemerintah Kerahkan Semua Potensi Padamkan Karhutla

Published

on

JAKARTA – Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto mendesak Pemerintah agar meningkatkan intensitas aksi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera dengan mengerahkan semua potensi yang ada. Bagi Hermanto, Indonesia punya alat canggih.

“Kita punya tim pemadam api Manggala Agni, teknologi rekayasa hujan, bom air, armada pesawat pemadam kebakaran yang terdiri dari Hercules C-130, CN-235 dan CN-295 serta ribuan satuan tugas pemadam kebakaran. Kerahkan semua itu untuk memadamkan karhutla,” tandas Hermanto dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (13/9/2019).

Karhutla di Riau dan Jambi, lanjutnya, telah memproduksi asap yang sangat mengganggu berbagai sektor kehidupan di kedua provinsi tersebut dan provinsi tetangganya.

“Asap itu, kini telah sampai juga ke Sumatera Barat,” ucap legislator dari FPKS ini.

Dilaporkan, karhutla di wilayah Sumatera berdampak pada kabut asap yang mulai menyelimuti sebagian wilayah di Sumatera Barat. Sejumlah kota dan kabupaten di Sumbar yang mulai diselimuti kabut asap meliputi Kabupaten 50 Kota, Payakumbuh, Bukittinggi, Pasaman, Sawahlunto dan Pesisir Selatan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun GAW Koto Tabang mencatat terjadi penurunan kualitas udara untuk wilayah Sumatera Barat.

Lebih jauh, Hermanto menyerukan juga kepada instansi pemerintah dan swasta serta masyarakat agar secara masif mengadakan Shalat Istisqo (shalat khusus untuk meminta diturunkan hujan).

“Dalam shalat ini imam memimpin para makmum untuk shalat 2 rakaat. Setelah itu semuanya memohon ampun dengan sepenuh hati atas segala dosa dan dilanjut berdoa agar segera diturunkan hujan,” paparnya.

“Kalau satu kali shalat belum dikabulkan, maka ada baiknya diulang secara periodik sampai karhutla padam dan asap lenyap,” pungkas legislator dari dapil Sumatera Barat 1 ini. (joko)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NASIONAL

Kebakaran Hutan, PKS: Pedih Kita Lihat Kondisi Faktual di Pekanbaru dan Sekitarnya

Published

on

By

JAKARTA – Kebakaran hutan di Provinsi Riau berdampak serius bagi masyarakat setempat. Yang paling krusial menyangkut kesehatan, aktivitas pendidikan, dan ekonomi. Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini meminta Presiden turun tangan untuk mengatasinya secara efektif.

“Fraksi PKS prihatin atas bencana kebakaran hutan di Riau yang berdampak serius kepada warga. Kejadian ini mengancam tidak hanya aktivitas warga tapi juga keselamatan jiwa karena gangguan kesehatan,” ungkap Jazuli.

Untuk itu, Anggota Komisi I DPR ini, meminta seluruh jajaran pemerintah daerah hingga pusat bekerja keras memitigasi dan mengatasi dampak kahutla ini agar tidak semakin parah terutama dampaknya kepada kesehatan masyarakat.

“Presiden harus turun tangan langsung menginstruksikan jajarannya agar berkoordinasi sangat efektif untuk mengatasi bencana ini. Apalagi kebakaran hampir setiap tahun terjadi, harusnya sudah bisa diantisipasi,” tetasnya.

“Pedih kita melihat kondisi faktual di Pekanbaru Riau dan sekitarnya. Semoga bisa segera diatasi,” pungkas Jazuli.

PKS sendiri, kata Anggota DPR Dapil Banten ini, telah mendirikan posko bantuan di Provinsi Riau dan memobilisasi kader untuk membantu proses mitigasi bencana di sana. (J3)

Continue Reading

NASIONAL

Bawaslu Jakarta Utara Serahkan Laporan Hasil Pengawasan 2019 ke Bawaslu RI

Published

on

Jakarta – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Jakarta Utara Telah menyelesaikan dan menyampaikan Laporan Hasil Pengawasan Pemilu 2019, ke Badan Pengawas Pemilihan Umum RI di kantor Bawaslu RI, Jumat (13/9/2019). penyerahan berkas Langsung di terima oleh Dr. La Bayoni Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pemilu Bawaslu RI

Penyampaian laporan ini sesuai dengan Surat Edaran Ketua Bawaslu RI Abhan, SH, MH Nomor 1408 tentang penyampaian langsung laporan hasil pengawasan pemilu 2019 ke Bawaslu RI.

Ketua Bawaslu Kota Jakarta Utara Mochamad Dimyati mengatakan, penyampaian laporan ini serentak bersama 6 kabupaten/kota se DKI Jakarta yang didampingi oleh Anggota Bawaslu Propinsi DKI Jakarta yang juga Kordiv PHL Propinsi DKI Jakarta Burhanuddin.

“Laporan ini adalah bukti nyata kita bekerja sungguh-sungguh dalam mengawasi pemilu 2019 di daerahnya masing masing sesuai dengan Undang-undang Pemilu dan peraturan yang ada”, ujarnya.

Oleh karena itu, harapan kita bersama untuk pengawasan pada kegiatan Pemilu maupun Pilkada kedepannya kita tetap sukses melaksanakan tugas Pengawasan,” ungkapnya.

Bawaslu Kota Jakarta Utara mengucapkan terimakasih kepada Anggota Bawaslu Kota Jakarta Utara atas kerjasamanya dalam ikut serta penyusunan laporan ini begitu juga seluruh Tim Penyusunan Laporan sehingga laporan ini bisa diselesaikan dan disampaikan langsung ke Bawaslu RI, ujarnya Moch Dimyati Kordiv PHL

Disamping itu, Ucapaan terimakasih juga kami sampaikan kepada KaPolres Metro Jakarta Utara beserta jajaran dan Kejari Kota Jakarta Utara beserta jajaran yang bersama sama tergabung dalam Gakkumdu Kota Jakarta Utara bersama Bawaslu yang luar biasa bersinergi menegakkan keadilan Pemilu di Jakarta Utara.

Tak lupa juga kepada Walikota Jakarta Utara dan aparatur Pemda di lingkungan Jakarta Utara selain memfasilitasi juga selalu berkoordinasi untuk sukses pemilu, Stekholder dan seluruh masyarakat Jakarta Utara yang telah bersama-sama mengawasi setiap tahapan pemilu 2019, begitu juga jajaran Pengawas dari tingkat kecamatan, Desa dan PTPS yang telah melaksanakan tugas pengawasan dengan baik sehingga di Jakarta Utara tidak ada resiko setelah Pemilu.

Kesuksesan pengawasan pada pemilu 2019 ini diharapkan sukses kembali pada Pilkada 2022 di DKI Jakarta,”paparnya” .

Continue Reading

NASIONAL

Bamsoet: Kesejahteraan Guru adalah Materi Penting yang Perlu Diperjuangkan…

Published

on

By

BANJARNEGARA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meresmikan Monumen Dr. Sulistiyo., M.Pd, tokoh pendidikan sekaligus juga pernah menjabat sebagai Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sebagai tokoh pendidikan yang sangat peduli memperjuangkan nasib para guru, perjuangan Dr. Sulistiyo tidak hanya di tingkat lokal, melainkan hingga ke Senayan dalam posisinya sebagai anggota DPD RI wakil dari Jawa Tengah.

“Kesejahteraan guru adalah materi penting yang selalu diperjuangkannya. Beliau menilai, sebagai ujung tombak pendidikan, nasib guru masih kurang diperhatikan dan beliau pula yang selalu berada di baris terdepan untuk memperjuangkannya. Hal ini bisa kita lihat dari semakin meningkatnya kesejahteraan guru sekarang ini,” ujar Bamsoet saat meresmikan Monumen Dr. Sulistyo, di Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (13/09/19).

Hadir dalam acara ini Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin, Ketua PGRI Jawa Tengah Widadi dan unsur Forkopimda Banjarnegara.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menilai, meski Dr. Sulistiyo telah tiada dan Monumen Dr. Sulistiyo telah berdiri dengan indah dan megah, namun inti perjuangannya tidak boleh sirna hanya karena telah berdiri sebuah monumen. Para guru sebagai patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa, dituntut untuk terus meningkatkan profesionalisme sebagai tenaga pengajar sekaligus pendidik, guna menghantarkan generasi tangguh penerus bangsa mengisi pembangunan di masa yang akan datang.

“Para guru memiliki kontribusi yang sangat besar dalam mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju. Sebagaimana dicanangkan sebagai slogan pada hari kemerdekaan RI tahun ini,” tutur Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga mengingatkan semua pihak untuk bahu membahu meningkatkan kualitas pendidikan anak bangsa. DPR melalui pelaksanaan fungsi pengawasan, legislasi, dan anggaran akan senantiasa memperjuangkan aspirasi para guru. Demikian halnya dengan pemerintah yang perlu membangun basis sistem pendidikan nasional, metode pembelajaran dan materi kurikulum yang berorientasi pada peningkatan kualitas dan kuantitas peserta didik.

“Saya percaya, semangat dan kerja kita semua tentunya akan sejalan dengan semangat Dr. Sulistiyo dalam membangun Pendidikan Indonesia yang lebih maju lagi,” urai Bamsoet.

Bendahara Umum DPP Partai Golkar 2024-2016 ini juga mengingatkan, sebagai bangunan yang memiliki nilai sejarah, eksistensi Monumen Dr. Sulistiyo harus benar-benar dijaga keutuhan nilai sejarah dan fisik bangunannya. Pemerintah daerah perlu menyusun kebijakan tegas terhadap ancaman fandalisme dan ancaman pembangunan fisik di sekitar monumen.

“Nilai sejarah dan fisik monumen harus tetap dipertahankan secara utuh untuk masa kini hingga masa yang akan datang. Karena pada hakekatnya, monumen ini dibangun tidak untuk bermakna simbolik semata, tetapi untuk menanamkan nilai-nilai kesejarahan yang bisa diambil suri tauladanya oleh masyarakat dan generasi penerus bangsa,” pungkas Bamsoet. (dwi)

Continue Reading
Advertisement

Kategori

Topik Terkini

Trending