Connect with us

RAKYAT

Populasi Manusia Terus Bertambah, Semuanya Perlu Pangan

Published

on

SOLOK – Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto menyebutkan, pembangunan pertanian tidak bisa dihentikan. Hal ini karena manusia, sejak pertama ada di muka bumi sampai menjelang kiamat, perlu makan.

“Populasi manusia terus bertambah. Semuanya perlu pangan. Karena itu perlu ada berbagai upaya untuk melipatgandakan produktivitas hasil pertanian,” papar Hermanto dihadapan para peserta kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Untuk Petani dan Penyuluh di Solok Selatan, Jumat 29/1 dan di Solok, Sabtu (30/1/2021).

Di Solok Selatan kegiatan diselenggarakan di Gedung Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan. Di Solok kegiatan diselenggarakan di Gedung Solok Nan Indah Kantor Bupati Solok.

Menurutnya, peningkatan produktivitas pertanian saat ini tidak bisa dilakukan dengan cara tradisional.

“Perlu ada sentuhan berbagai teknologi. Agar bisa menggunakan teknologi tersebut maka kapasitas petani dan penyuluh secara periodik perlu ditingkatkan,” ucap legislator FPKS ini.

“Kegiatan Bimtek ini merupakan salahsatu cara untuk meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh,” tambahnya.

Lebih jauh Hermanto menyebutkan, tenaga kerja sektor pertanian kecenderungannya terus berkurang.

“Kondisi ini sangat memprihatikan. Karena itu perlu dilakukan upaya menarik minat kaum Milenial agar tertarik terjun ke pertanian,” tutur Hermanto.

Kepada para milenial, katanya, perlu diyakinkan bahwa sektor pertanian menjanjikan masa depan yang cerah.

“Karena itu kegiatan ini pesertanya diutamakan kaum milenial dan pembicaranya juga dari kalangan milenial yang telah sukses di bisnis pertanian,” pungkas legislator dari Dapil Sumbar I ini.

Di Solok Selatan, hadir berbicara juga dalam kegiatan ini Asisten III Setdakab Solok Selatan Amdani, pejabat Balai Pelatihan Pertanian Jambi M. Taufiqurohman, milenial sukses dari Cianjur Sandi Octa Susila dan tokoh muda setempat Effendi Muharram. Di Solok, hadir berbicara juga Sandi Octa Susila dan tokoh muda setempat Roi Yurnades.

Kegiatan bimtek untuk petani dan penyuluh di Sumatera Barat dilakukan secara berseri. Sudah dimulai pekan lalu dari Sawahlunto dilanjutkan akhir pekan ini di Solok Selatan dan Solok. Kegiatan rencananya dilanjutkan ke 5 titik berikutnya. (Joko)  

RAKYAT

Bamsoet Dorong Perusahaan Wujudkan Kepedulian Melalui CSR

Published

on

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan perusahaan memiliki tanggungjawab sosial terhadap masyarakat ataupun lingkungan melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Melalui program CSR diharapkan perusahaan mampu berkontribusi dalam mengembangkan lingkungan serta memperbaiki kehidupan masyarakat. 

“Pada hakikatnya perusahaan memiliki tanggungjawab tidak hanya kepada pemegang saham saja, tetapi juga terhadap masyarakat dan lingkungan. Terlebih di tengah Pandemi Covid-19 ini, program CSR sangat berperan dalam membantu aktifitas dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bamsoet usai menyaksikan penyerahan bantuan program CSR dari PT Yamaha Mataram Sakti dan PT Jest Bright Ansanti Solusindo kepada Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) di Jakarta, Kamis (3/6/21).

Turut hadir antara lain Presiden Direktur PT Yamaha Mataram Sakti Bambang Santoso, Komisaris PT Jesbright Ansanti Solusindo (JAS) Santy Adranakus, anggota Dewan Pengawas Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga Laras Sinthya Putri dan anggota Dewan Pembina Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga Ritno Hendro Irianto.

Ketua DPR RI ke-20 ini berharap bantuan CSR sebesar Rp 1 miliar yang diberikan PT Yamaha Mataram Sakti dan PT JAS dapat membantu menunjang serta meningkatkan sarana dan prasarana UNPERBA. Saat ini UNPERBA telah memiliki fasilitas seperti gedung empat lantai, perpustakaan, laboratorium, serta berbagai sarana dan prasarana lainnya.

“UNPERBA yang diresmikan Menristekdikti Mohamad Nasir pada 11 April 2019, merupakan satu-satunya universitas di Purbalingga. Kehadiran UNPERBA akan mempermudah masyarakat Purbalingga dan sekitarnya yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi setelah lulus dari sekolah menengah atas,” kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga yang menaungi UNPERBA ini menuturkan, UNPERBA memiliki 2 fakultas dan 5 program studi (prodi). Beberapa di antaranya Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Prodi S1 Manajemen, Prodi S1 Akuntansi, serta Fakultas Sains dan Teknik dengan Prodi S1 Teknik Mesin, Prodi S1 Informatika dan Prodi S1 Agribisnis.

“UNPERBA bertekad menjadi kampus yang kuat secara keilmuan dan pengabdian masyarakat. Termasuk ikut andil dalam menyukseskan agenda ke-4 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030, yakni mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Terlebih, tantangan globalisasi menuntut sumber daya manusia yang mampu berkolaborasi dengan lingkungan dan masyarakat,” pungkas Bamsoet. (dwi)

Continue Reading

POLITIK

‘Partisipasi Masyarakat di TPS PSU Pilgub Kalsel Dipandang Sangat Penting’

Published

on

KALSEL – Politisi Senior asal Dapil Kalimantan Selatan (Kalsel I) Habib Aboe Bakar Alhabsyi meminta warga perpartisipasi pada pemilihan suara ulang (PSU) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel yang digelar Rabu, 9 Juni 2021 mendatang. 

“Peran serta masyarakat di TPS dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel dipandang sangat penting,” kata Habib Aboe yabg juga anggota MPR RI.

Itu disampaikan Habib Aboe Bakar Alhabsyi (29/1/2021) kemarin dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang diselenggarakan di Kabupaten Banjar.

“Masyarakat perlu berperan serta aktif dalam PSU besok. Ulun minta pian baraatan berhadir di TPS (saya minta anda sekalian hadir di TPS-red). Suara pian barataan sangat penting untuk pembangunan Kalsel kedepan”, ujar Habib Aboe. 

Tak hanya itu, Anggota Komisi III DPR RI itu menyam pentingnya mensukseskan PSU di Kalsel. Mengingat kualitas demokrasi di Kalsel ditentukan oleh rakyat sendiri. 

“Kehadiran pian barataan akan terkait dengan kualitas demokrasi di Kalsel. Semakin banyak yang hadir berarti semakin tinggi tingkat partisipasi dalam PSU. Ini menandakan semakin baik kualitas demokrasi di Kalsel. Tentunya ini menjadi salah satu parameter suksesnya PSU ini,” teang Habib Aboe.

Habib Aboe menjelaskan, PSU merupakan putusan Mahkamah Konstituasi yang harus dipatuhi. Sehingga kesuksesannya diperlukan partisipasi masyarakat. 

“Mahkamah Konstitusi adalah salah satu lembaga yang memiliki kompetensi untuk mengadili sengketa Pilkada. Karena itu, kita harus menghormati keputusannya dan melaksanakan putusan itu dengan baik pula,” ungkap ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI ini.

Pada kesempatan itu pula, Habib Aboe yang juga Sekjen DPP PKS ini mengingatkan agar seluruh komponen masyarakat untuk menahan diri dan menjaga stabilitas keamanan politik hingga selesai proses demokrasi tersebut.

“Situasi keamanan Kalsel yang kondusif adalah hal yang paling penting untuk dijaga. Karenanya, semua pihak harus menahan diri agar tidak melakukan pelanggaran atau tindakan lain yang dapat memicu gesekan di masyarakat,” jelas Habib Aboe dihadapan  peserta sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

Untuk diketahui, Pemilihan Gubernur Kalsel adalah salah satu Pilkada yang akan dilakukan pemungutan suara ulang (PSU). Di mana MK mengabulkan sebagian permohonan perkara nomor 124/PHP.GUB-XIX/2021 yang diajukan pasangan calon nomor urut 2 Denny Indrayana-Difriadi.

“MK memerintahkan KPU melaksanakan PSU pada semua TPS di satu kecamatan di Kota Banjarmasin, semua TPS di lima kecamatan di Kabupaten Banjar, dan 24 TPS di satu kecamatan di Kabupaten Tapin,” pungkas Habib Aboe. (D3)

Continue Reading

RAKYAT

Forkabi DPC Pancoran Kerjasama dengan Satgas Covid-19 Bagikan Masker

Published

on

Jakarta- Satgas covid-19 dan Forkabi Dpc pancoran bekerjasama serta di bantu oleh jajaran Polsek Pancoran membagikan masker kepada masyarakat di jalan Kalibata Timur 1 jakarta selatan.

Dalam wawancara dengan Encek selaku Ketua Dpc Forkabi Pancoran mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan membantu pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat,” tutur Encek (21/5/2021).

Encek berharap untuk masyarakat lebih dapat mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang telah di atur oleh pemerintah demi keselamatan dan kesehatan kita bersama.

Dalam mengantisipasi meningkatnya Covid-19 terlebih setelah libur idul fitri dan ada nya para pemudik yang balik ke Jakarta, harus saling bekerjasama antar organisasi dan institusi yang ada. (wahyu)

Continue Reading

Selamat Hari Raya Idul Fitri

Kategori

Topik Terkini

Trending