Connect with us

NASIONAL

Surajudin Rewul Terpilih Sebagai Formateur HMI MPO Cabang Jayapura

Published

on

KabaRakyat.com | Jayapura – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Cabang Jayapura telah menggelar Konferensi Cabang ke-XI pada tanggal 20-23 November 2020. Konfercab itu menghasilkan Formateur/ Ketua Umum Surajudin Rewul.

“Alhamdulillah berjalan dengan tertib dan aman, dan tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Demisioner HMI MPO Cabang Jayapura Abdul Gafur Karepesina, Jayapura, Rabu (25/11).

Konfercab ini mengusung tema “Restorasi Sistem Tata Nilai Perkaderan dan Perjuangan HMI Cabang Jayapura Sebagai Bentuk Ikhtiar Mewujudkan Cita Masyarakat yang Diridhoi Allah SWT”. Dari tema ini diharapkan segala dinamika yang terjadi di internal HMI, terkhusus Cabang Jayapura dapat diletakkan bangunan nilai perkaderan dan perjuangan sebagai solusi bagi pembentukan individu dan juga masyarakat, sebagaimana cita-cita HMI sejak awal didirikan.

Abdul Gafur Karepesina berpesan kepada seluruh kader dan pengurus Cabang selanjut untuk tetap konsisten pada nilai-nilai perkaderan, sehingga HMI tetap eksis sebagai organisasi yang progresif dan berdaya saing. Selanjutnya, kepada pengurus Cabang berikutnya harus tetap amanah dengan menjalankan semua rekomendasi Konferensi yang tertuang lewat sidang komisi. Sebab, sambungnya, rekomendasi itu lahir dari gagasan-gagasan besar para kader untuk tumbuh kembangnya HMI Cabang Jayapura.

“Landasan utama bagi berjalannya roda organisasi adalah AD/ART HMI dan Khittah Perjuangan sebagai ideologi atau cara pandang kader,” ujarnya.

Abdul Gafur menambahkan, konflik internal HMI Cabang Jayapura dapat menjadi pelajaran berharga bagi seluruh kader. Bahwa untuk menjalankan HMI, katanya, kita perlu memiliki satu visi yang sama tentang bagaimana membangun HMI. Ia juga menekankan kepada seluruh kader tentang pentingnya memahami mission HMI. Sehingga cita-cita HMI untuk membentuk kader berkarakter insan ulil albab dan masyarakat yang diridhoi Allah SWT dapat terwujud.

Sementara itu, Formateur terpilih Surajudin Rewul menyampaikan bahwa Cabang dan Komisariat harus tetap sinergi dalam mengawal proses perkaderan dan perjuangan HMI sebagai ikhtiar menjawab tantangan zaman. Dan tetap istiqomah dijalan perjuangan demi terwujudnya tatanan masyarakat yang diridhoi Allah SWT.

“Kita perlu mengisi ruang-ruang sosial dengan cara menjaring isu-isu aktual tentang perkembangan masyarakat, yang akhirnya HMI muncul sebagai solusi konkrit bagi dinamika yang dihadapi masyarakat, baik lokal maupun nasional. HMI juga harus mampu berperan penting untuk memunculkan wacana-wacana konstruktif, sehingga masyarakat dapat memahami dinamika-dinamika yang sedang dihadapi,” harapnya.

Konferensi Cabang Ke-XI Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jayapura dibuka dan ditutup langsung oleh Fandi Gay selaku Sekretaris HMI Badan Koordinasi Maluku Papua Raya mewakili PB HMI MPO.

Dalam sambutannya, Fandi Gay menyampaikan terima kasih dan salam hormat buat Ketua Umum Demisioner dan pengurusnya, yang telah menjaga nilai pengkaderan dan perjuangan HMI Cabang Jayapura. Walaupun, lanjutnya, terjadi dinamika Cabang yang kurang sehat dikarenakan PB HMI MPO sebelumnya memiliki kepentingan yang tidak sehat. Namun selama satu periode pengurus mampu melanjutkan kepengurusan dan melaksanakan Konferensi dan itu sangat luar biasa.

“Karena memang mau dilihat, Cabang sudah semakin besar, pasti daya tariknya juga besar dan dinamika juga pasti besar, itu terbukti dengan disusupi oleh kepentingan dari luar yang masuk ke dalam. Sehingga menguras pikiran dan tenaga dalam menjalankan kepengurusan sudah pasti terbagi. Semestinya banyak hal yg harus diperhatikan, mulai dari pembinaan kader bahkan juga sebagai social of control, sebab itu menjadi tanggungjawab HMI,” imbuhnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NASIONAL

IMI Berikan Bantuan Kemanusiaan Kepada Korban Gempa Sulawesi Barat

Published

on

By

MAMUJU – Ikatan Motor Indonesia (IMI) menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada para korban gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar). Bantuan berupa makanan sebanyak tiga truk dan satu mobil bak terbuka diberikan kepada para pengungsi di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene.

“IMI tidak hanya peduli terhadap olahraga otomotif saja. Melalui program IMI Peduli, pengurus IMI yang diwakili IMI Pengprov Sulawesi Barat telah menyalurkan bantuan berupa beras, mie instan, air mineral, biskuit serta makanan lain kepada para korban gempa bumi di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene Sulbar,” ujar Ketua IMI Pengprov Sulawesi Barat Andi Ibrahim Nassar di Mamuju, Senin (18/1/21).

Andi menjelaskan bantuan yang disalurkan berasal dari anggota IMI Sulbar. Usai gempa berkekuatan 6.2 M melanda Sulbar pada tanggal 15 Januari 2021, Pengurus IMI pusat bersama Pengprov Sulbar melakukan penggalangan bantuan kemanusiaan bagi para korban gempa.

“Alhamdulillah selama kurang lebih tiga hari, bantuan yang berhasil dikumpulkan melalui IMI Pengprov Sulbar mencapai tiga truk dan satu mobil bak terbuka. Hari ini bantuan tersebut telah disalurkan kepada para korban gempa. IMI Pengprov Sulbar juga masih membuka open donasi bagi masyarakat yang ingin membantu para korban gempa di Sulbar, baik secara langsung ataupun melalui rekening IMI Pengprov Sulbar,” urai Andi.

Sementara itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga merupakan Ketua Umum IMI mengajak seluruh keluarga besar IMI dapat membantu para korban bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga kini jumlah korban meninggal dunia akibat gempa Sulbar mencapai angka 81 orang. Korban di Kabupaten Mamuju mencapai 70 orang dan 11 orang di Kabupaten Majene. Sementara korban luka-luka di kedua wilayah mencapai ratusan jiwa. 

“IMI tidak akan tinggal diam melihat saudara-saudara kita tertimpa musibah. Semangat gotongroyong yang merupakan perwujudan nilai-nilai Pancasila akan terus ditebarkan IMI untuk membantu sesama,” kata Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara ini juga mengingatkan masyarakat terus mewaspadai potensi bencana alam yang mungkin terjadi. Iklim dan cuaca yang tidak terduga bisa secara tiba-tiba mendatangkan bencana alam, semisal banjir dan gempa. 

“Pemerintah daerah bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus terus melakukan evakuasi sekaligus mengoptimalkan bantuan kepada warga terdampak bencana. Posko-posko kesehatan harus tersedia dengan kecukupan tenaga medis dan obat-obatan. Satgas Covid-19 perlu pula mewaspadai agar jangan sampai tenda pengungsian menjadi lokasi rentan penularan Covid-19,” pungkas Bamsoet. (dwi)

Continue Reading

NASIONAL

Sukmo Harsono Siap Menjadi Dubes Pertama Yang Akan Divaksin Covid-19

Published

on

By

KabaRakyat.com | Jakarta – Duta Besar RI untuk Pa‎nama City Sukmo Harsono menya‏takan bahwa dirinya sebagai dubes pertama yang siap divaksinasi covid-19. (lebih…)

Continue Reading

NASIONAL

Terima Ikatan Wartawan Online, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kualitas Insan Pers

Published

on

By

Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak seluruh insan pers agar selalu meningkatkan kualitas diri serta organisasi, sehingga karya-karyanya bisa berdampak baik untuk bangsa dan negara. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, profesionalisme wartawan Indonesia semakin teruji untuk mampu menyajikan berita yang akurat dan terpercaya 

“Pers merupakan jembatan informasi kepada rakyat di seluruh pelosok Indonesia. Karenanya, insan pers harus menjunjung tinggi kode etik, kaidah jurnalistik serta menjaga keseimbangan dalam melakukan berbagai kegiatan pers. Jangan sampai pemberitaan yang sampai kepada rakyat meleset dari prinsip kebenaran,” ujar Bamsoet saat menerima Dewan Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (IWO) yang dipimpin Ketua IWO Jodhi Yudono, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menuturkan dalam survei Digital 2020 yang dikeluarkan We are Sosial, Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai negara dengan pertumbuhan populasi internet terbesar dunia, setelah India dan China. Tercatat pengakses internet di Indonesia meningkat 17 persen dalam satu tahun terakhir atau meningkat sekitar 25,3 juta pengakses internet.

“Penetrasi pengguna internet di Indonesia meningkat mencapai 64 persen atau sekitar 175 juta penduduk Indonesia telah mengakses internet. Rata-rata dalam sehari, setiap pengguna internet di Indonesia menghabiskan 7 jam 59 menit untuk mengakses internet. Lamanya waktu mengakses internet di Indonesia lebih besar dari rata-rata dunia yang hanya 6 jam 45 menit,” kata Bamsoet.
Karenanya, Ketua DPR RI ke-20 ini mengingatkan IWO untuk bisa memberikan edukasi yang baik dan benar kepada masyarakat. Apalagi pemberitaan berbasis online tidak dipungkiri di era ini menjadi yang paling mengemuka. Menggeser media konvesional lain, semisal media cetak.

“Saya juga sangat mengapresiasi IWO yang sangat peduli dengan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. MPR membuka tangan selebar-lebarnya kepada siapa saja, termasuk kepada insan pers Indonesia untuk bersama-sama melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada seluruh lapisan masyarakat,” pungkas Bamsoet. (dwi)

Continue Reading














Kategori

Topik Terkini

Trending