Connect with us

RAKYAT

Syaiful Bahri Anshori Beri Bantuan Korban Banjir Jember

Published

on

JAKARTA – Politisi PKB asal Daerah Pemilihan (Dapil) Jember Syaiful Bahri Anshori mendistribusikan bantuan untuk banjir yang melanda sejumlah desa di wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim). Di mana banjir itu dengan ketinggian air mulai 60 sentimeter hingga 2 meter.

Seperti dilaporkan sebelumnya, ratusan warga Jember harus mengungsi ke tempat lain karena rumahnya terendam air.

“Kami bersama-sama Tim lapangan membagikan bantuan berupa kebutuhan pokok yang sangat diperlukan masyarakat tertimpa musibah,” kata Syaiful pada wartawan Lintas Parlemen, Sabtu (16/1/2021) kemarin. 

Terkait banjir, diungkapkan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo bahwa, berdasarkan data yang dihimpun hingga saat ini telah tercatat 408 orang pengungsi.

Bahkan banjir di dua kecamatan itu melanda telah empat desa yakni Desa Wonoasri, Sidodadi, dan Curahnongko di Kecamatan Tempurejo. Kemudian, Desa Andongrejo di Kecamatan Ambulu.

“Kita berusaha bantuan kita serahkan ini benar-benar langsung diterima para korban banjir. Kita juga berkoordinasi dengan pihak terkait sehingga bantuan tidak hanya menumpuk di satu titik saja. Sementara di lokasi pengungsi lainnya tidak dapat bantuan. Kasian jika bantuan tak terdistribusi merata,” kata Anggota Komisi I DPR RI ini. 

Menurut Syaiful, dua kecamatan yang kena banjir parah itu karena terus diguyur hujan dengan intensitas yang sangat tinggi menyebabkan debit air Sungai Gladak Puting meningkat. Dan membuat jebolnya empat tanggul di sungai itu jebol.

“Ke depan perlu langkah antisipasi agar debit air di sungai itu tidak meluap lagi,” ujar Syaiful yang pernah menjabat Ketua Umum PB PMII ini. 

Syaiful menjelaskan, banjir di Kabupaten Jember telah meluas hingga tujuh kecamatan, yaitu Kecamatan Bangsalsari, Tanggul, Gumukmas, Puger, Ambulu, Tempurejo, dan Jenggawah yang merendam ribuan rumah warga.

“Alhamdulillah, dari laporan yang ada. Tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir itu,” pungkas Syaiful. (HMS) 

RAKYAT

Di Dharmasraya, Hermanto Serahkan Bantuan Kambing untuk Warga

Published

on

By

Dharmasraya – Anggota DPR RI dari dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di daerah pemilihan singgah di Kabupaten Dharmasraya untuk menyerahkan kambing bantuan Pemerintah. Kali ini yang beruntung mendapat bantuan kambing tersebut adalah kelompok wanita tani (KWT) Sakinah, Jorong Koto Hilalang II, Nagari Sungai Langkok, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya.

“Program ini merupakan salahsatu upaya negara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Hermanto.

Kambing-kambing ini, menurutnya, bila dirawat sehingga kondisinya baik bisa beranak 3 kali dalam 2 tahun. “Kalau sekali beranak lahir 2 anak kambing, maka dalam 2 tahun akan mendapat tambahan 6 ekor kambing,” papar legislator FPKS DPR ini.

Ia minta kelompok kompak dan semangat dalam merawat kambing-kambing tersebut agar kondisinya baik.

“Bila ada permasalahan kesehatan kambing, tanya kepada penyuluh atau mantri hewan yang bertugas disini,” pungkas legislator dari Komisi IV DPR ini.

Pada penyerahan tersebut, Hermanto didampingi tokoh muda setempat Suparto. Sebelumnya, Hermanto juga sudah menyerahkan bantuan kambing kepada 2 kelompok tani lainnya yaitu kelompok tani Kapalo Parak, Kampung Koto Barapak, Nagari Koto Barapak, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan dan kelompok tani Tunas Baru, Kampung Baru, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan. Ketiga kelompok tersebut masing-masing dapat 25 ekor kambing, jadi total diserahkan 75 ekor kambing. (Joko)

Continue Reading

NASIONAL

Menjelang Konferwil PWNU DKI Jakarta, ini Harapan Kaum Muda NU

Published

on

Jakarta, Menjelang Konferensi Wilayah (Konferwil) PWNU DKI Jakarta, Ketua PW GP Ansor DKI Jakarta H. Saiful Rahmat Dasuki membayangkan calon pemimpin NU DKI Jakarta ke depan. Ia menyebutkan beberapa karakter ideal yang mesti dimiliki calon pemimpin di lingkungan PWNU DKI Jakarta.

Ji pul sapaan akrabnya menjelaskan ada 4 hal penting yang harus dimiliki calon ketua PWNU DKI Jakarta, yaitu Kader murni yang lahir dari NU, Munazhim, Muharrik dan Mutamawwil.

pertama Ketua PWNU harus dipimpin oleh kader yang memang terseleksi secara alami, dengan porses internalisasi yang ditempuh seorang kader di jam’iyah NU secara tuntas maka akan lahir personal pemimpin yang betul-betul berjuang untuk membesarkan NU dan merawat nya”.Bukan personal yang bermimpi menjadi ketua NU hanya untuk kepentingan pribadi mengejar kekuasaan ataupun jabatan-jabatan publik lainnya.

“Hal ini berkaca dari pengalaman ditahun sebelum-sebelumnya,” kata Ketua PW GP Ansor DKI, di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Yang Kedua Harus seorang munazhim, ahli organisasi. Karena bagaimana pun juga NU adalah organisasi besar, yang bergerak dibidang keagamaan sehingga harus berlatar belakang santri dan keilmuan agama yang mumpuni.

Ketiga Calon pemimpin NU DKI Jakarta harus memiliki sifat muharrik, seorang penggerak. PWNU membutuhkan pemimpin yang mampu membangkitkan semangat pergerakan kepada para pengurus yang lain,” Ujar Ji pul

Selain itu, pemimpin NU DKI Jakarta ke depan mesti ahli terutama di bidang ilmu agama dan profesional yang tidak menjadikan NU hanya sebatas batu pijakan kepentingan pribadi. Kemampuan ini sangat mendukung penataan organisasi.

Kendati demikian, ia harus memiliki karakter kewara’an dan berakhlak mulia. Bagaimana pun NU adalah Organisasi ulama.

“Karenanya pengurus NU mesti memiliki akhlak ulama, yang tidak punya rekam jejak masa lalu yang buruk”,ujarnya

“Terakhir mutamawwil, orang yang memiliki harta, karena masalah klasik dalam melaksanakan program dan kegiatan-kegiatan NU biasanya terbentur dana. Kalau tidak, ia memiliki alternative lain dalam mendanai gerakan organisasi,” tutupnya.(Jodira)

Continue Reading

RAKYAT

Hermanto Keliling Dapil Bagikan 1000 Paket Ikan Tuna

Published

on

By

PADANG – Anggota DPR RI dari dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di daerah pemilihan berkeliling membagikan 1000 paket ikan tuna bantuan pemerintah dalam kegiatan Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Paket-paket ikan tersebut diserahkan kepada masyarakat di 11 kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

“Kegiatan Safari Gemarikan ini merupakan upaya negara mempromosikan pentingnya makan ikan agar masyarakat tumbuh sehat, kuat dan cerdas. Targetnya, terjadi peningkatan konsumsi ikan per kapita dari tahun ke tahun,” papar Hermanto.

Di era pandemi Covid saat ini, katanya, makan ikan menjadi sangat penting. “Dengan makan ikan dapat meningkatkan antibodi. Antibodi ini yang membuat tubuh memiliki daya tahan terhadap berbagai serangan penyakit termasuk virus corona,” ucap legislator dari FPKS ini.

Penyerahan paket ikan, lanjutnya, merupakan stimulus. “Dengan stimulus itu selanjutnya para penerima diharapkan bersedia mengkonsumsi ikan secara rutin sesuai dengan kondisi keuangan keluarga masing-masing,” ujar Hermanto.

Ada 2 jenis paket ikan yang dibagikan. Pertama, paket yang berisi tuna beku, abon tuna, rendang tuna, kaos, dan brosur manfaat ikan bagi kesehatan. Kedua, paket yang berisi tuna beku, abon ikan, baso ikan, pempek ikan, kaos, dan brosur. “Paket tersebut semoga memberikan kesan yang mendalam terhadap penerima sehingga siap melanjutkan program Gemarikan secara mandiri dan bersemangat mensosialisasikan ke masyarakat lainnya,” pungkas legislator dari Komisi IV DPR ini.

Seribu paket ikan tersebut secara simbolis dibagikan di 6 titik yaitu di Padang (untuk masyarakat Padang dan Pesisir Selatan), Kota Solok (untuk masyarakat Kota Solok, Kabupaten Solok dan Solok Selatan), Sijunjung (untuk masyarakat Sijunjung dan Sawahlunto), Dharmasraya, Tanah Datar (untuk masyarakat Tanah Datar dan Padang Panjang) dan terakhir di Padang Pariaman.

Pada pembagian paket di Padang, hadir juga Direktur Pengolahan dan Bina Mutu, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Trisna Ningsih, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat Yosmeri, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Muharlion dan tokoh muda Dede Suhendi.

Di Kota Solok, hadir juga pejabat Dinas Kelautan Perikanan Sumatera Barat Fariyetmi, pejabat Dinas Pangan dan Perikanan Kota Solok Regensi serta tokoh muda setempat Indra, Roy Yurnandes dan Effendi Muharom.

Di Sijunjung, hadir juga pejabat Dinas Kelautan Perikanan Sumatera Barat Fariyetmi, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Sijunjung Nizam Muluk serta tokoh muda setempat Hendri Susanto dan Kepridaus.

Di Dharmasraya, hadir juga Direktur Pengolahan dan Bina Mutu, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Trisna Ningsih, pejabat Dinas Kelautan Perikanan Sumatera Barat Fariyetmi, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Dharmasraya Purwanto serta tokoh muda setempat Widiyatmo dan Suparto.

Di Tanah Datar, hadir juga pejabat Dinas Kelautan Perikanan Sumatera Barat Fariyetmi, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Hilmi, Camat Limo Kaum Hendra Setyawan serta tokoh muda setempat M. Adib Fadil, Firdaus Agus dan Ade Raunas. (Joko)

Continue Reading

Kategori

Topik Terkini

Trending