Connect with us

TIPS

Viral! 13 Tips Cara Menipu Caleg

Published

on

Jakarta – Redaksi menemukan 13 menipu dan mencegah diri tak tertipu jika Anda terdaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari netizen.

Menariknya dari artikel yang tak diketahui penulis itu mengurai bagaimana mendapatkan keuntungan memperoleh uang dari caleg tersebut.

Tak hanya itu, sebagai caleg, bisa saja 13 jurus itu untuk melawan atau mengantisipasi jurus-jurus ‘tipu’ tersebut. Penasaran, ayo simak berikut ini:

Mendekati pileg mendatang, sebagai rakyat, atau minimal orang-orang yang dipaksa menjadi rakyat, kita harus memiliki pengetahuan yang cukup agar sukses menipu caleg.

Sebab, kesuksesan seorang rakyat di abad ini dilihat dari sejauh mana mereka mampu menipu caleg. Tidak lama lagi, mungkin akan ada riset khusus terkait kemampuan rakyat menipu caleg. Kita tunggu saja.

Sembari menunggu hasil riset yang penelitinya belum kita kenal, sekarang kita akan mencoba mengulas beberapa trik ampuh tersebut.

PERTAMA, jika ada caleg yang meminta dukungan, segera sambut dengan ramah. Katakan bahwa rakyat membutuhkan orang-orang seperti dia. Katakan juga bahwa dia harus memantapkan pikiran dan tekad untuk maju. Puji dia setinggi langit. Khusus caleg-caleg baru, biasanya akan tergoda.

Setelah itu, minta sedikit uang kopi untuk membicarakan pencalonannya dengan kawan-kawan. Kalu tipuan pertama ini berhasil, maka lanjutkan dengan tipuan berikutnya.

KEDUA, setelah caleg menaruh kepercayaan kepada kita, segera usulkan pembentukan tim sukses. Untuk tahap awal, silakan catat beberapa nama anggota tim sukses di kertas, kalau bisa diketik rapi dan dilengkapi dengan foto copi KTP. Untuk mendapatkan foto copi KTP, kita bisa meminta bantuan perangkat desa seperti kepala lorong. Setelah daftar nama-nama tim sukses diajukan kepada caleg, jangan lupa minta biaya administrasi.

KETIGA, setelah tim sukses terbentuk, segera ajukan jadwal pertemuan tim sukses dengan caleg. Untuk mempermudah mengumpulkan orang-orang, usulkan agar pertemuan dilakukan di kedai kopi.

Setelah usulan pertemuan dan tempat diterima, jangan lupa minta sejumlah dana untuk mengorganisir tim sukses dan biaya makan-minum saat acara. Agar keuangan aman terkendali, jumlah anggaran yang diajukan harus dikalikan dua, tiga, atau empat; sesuai kebutuhan.

KEEMPAT, pada hari pertemuan tim sukses, orang-orang harus dikumpulkan tiga puluh menit sebelum jadwal. Buat saja pengumuman di kampung bahwa ada acara makan-minum di kedai si A pada pukul sekian. Pada saat mereka sudah terkumpul, beri sedikit penjelasan kepada mereka, bahwa sebentar lagi akan ada caleg yang datang.

Mereka boleh pesan kopi, jus dan makanan apa saja dengan syarat harus mengangguk apa saja yang akan disampaikan caleg. Ingatkan mereka agar jangan ada yang membantah. Jika perlu, atur beberapa orang untuk menipu si caleg bahwa di beberapa kampung, rakyat sudah sepakat memilih dia. Intinya beri motivasi kepada caleg. Tetap semangat!

KELIMA, pada saat caleg tiba di lokasi, sebelum acara dimulai, segera bisik kepada caleg agar nanti setelah acara disediakan sedikit uang transpor. Minta uang itu dititipkan kepada kita saja. Usahakan orang-orang yang sudah dikumpulkan tadi jangan sampai mengetahui persoalan uang transpor. Mereka cukup diberi makan minum dan rokok.

KEENAM, setelah pertemuan selesai, segera sampaikan kepada caleg bahwa tim sukses membutuhkan spanduk, baliho, stiker banner dan kartu nama. Minta agar caleg mencetak dalam jumlah banyak, karena tim sukses kita sangat ramai. Usahakan dan rayu si caleg agar dia memercayakan kita untuk mencari percetakan yang pas. Ini penting agar kita juga mendapat keuntungan di percetakan.

KETUJUH, pada saat alat peraga kampanye tersebut selesai dicetak, segera temui caleg untuk meminta biaya distribusi kartu nama, stiker, banner spanduk dan baliho. Untuk spanduk dan baliho jangan lupa minta juga biaya tambahan untuk membeli tali dan tiang. Biasanya harga tali dan tiang lebih mahal dari spanduk/baliho. Satu lagi, ongkos pasang harus di atas UMP.

KEDELAPAN, kalau biaya distribusi sudah dicairkan, segera keliling kampung. Untuk menghemat anggaran, kartu nama dan stiker bagikan saja sendiri di kedai-kedai kopi dan tempat keramaian, atau minta anak-anak yang punya sepeda untuk membagikannya ke rumah-rumah di kampung.

Biasanya anak-anak tidak meminta bayaran mahal. Untuk memasang spanduk dan baliho, silakan ajak beberapa pengangguran di kampung dengan sistem kerja borong. Dengan pola ini akan banyak uang yang tersisa.

KESEMBILAN, segera usulkan kepada caleg untuk melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat dan para pemuda. Untuk meyakinkan si caleg, pada saat bertemu , ajaklah satu atau dua orang teman yang mirip tokoh, misalnya yang sering pakai peci.

Pada saat usulan sudah diterima, segera minta dana dari caleg untuk mengatur pertemuan dengan para tokoh; sewa tempat dan konsumsi. Lebih baik pertemuan dilaksanakan di aula hotel. Jangan lupa buat perjanjian komitmen fee dengan penyedia tempat dan konsumsi. Sampaikan juga tentang uang saku perserta pertemuan kepada caleg. Tapi, seperti biasa, jumlah uang saku ini jangan sampai diketahui oleh peserta agar nanti dana ini bisa kita cubit sedikit.

KESEPULUH, setelah semuanya beres, segera cari tokoh untuk diangkut ke tempat acara. Tidak perlu susah-susah, ajak saja beberapa orang ketua pemuda, kepala desa dan beberapa orang teungku. Atau kalau tidak ada teungku, cari saja orang-orang yang wajah dan pakaiannya mirip teungku. Katakan kepada mereka bahwa acara ini hanya ceramah politik biasa, tugas mereka hanya mendengar saja.

Agar mereka bersemangat kabarkan juga bahwa dalam acara ini disediakan uang saku, dan nanti kalau caleg itu terpilih mereka bisa memasukkan proposal. Kemudian, pada saat acara berlangsung, jangan lupa menyetel beberapa tokoh tersebut untuk menyampaikan kepada caleg bahwa dia sangat berpotensi untuk menang. Informasi bohong ini penting diketahui oleh caleg agar ia semakin percaya dengan kita.

KESEBELAS, biasanya kalau pertemuan dengan tokoh ini sukses, si caleg akan mengundang kita secara khusus ke rumahnya. Sampai di sana dia akan menepuk bahu kita dan memberikan sejumlah bonus. Jangan lupa gunakan kepercayaan ini untuk memasang tipuan selanjutnya.

Segera usulkan untuk persiapan saksi menjelang pileg. Untuk tahap pertama minta dana perekrutan saksi, kemudian biaya pelatihan saksi. Sebagai saksi cari saja anak muda pengangguran di kampung, pasti mereka bersedia. Untuk pelatihan saksi cukup buat pertemuan kecil saja guna menghemat anggaran.

KEDUABELAS, menjelang pileg, segera panggil saksi untuk dipertemukan dengan caleg. Ini penting agar si caleg tidak ragu atas kerja kita sehingga ia pun akan berani mengeluarkan sejumlah dana untuk biaya saksi. Tapi, kepada para saksi jangan pernah sampaikan berapa total biaya saksi yang diberikan caleg. Hal ini penting diingat agar nantinya kita bisa memotong dana saksi tanpa diketahui oleh saksi dan caleg sendiri. Dan, jangan lupa meminta mobil operasional plus BBM dari caleg untuk mengontrol kerja saksi di hari H.

KETIGABELAS, pada hari H sebaiknya kita menjaga jarak dengan caleg. Kalau perlu merantau sejenak ke luar kota. Dari sana kita melakukan pemantauan dengan cara menelepon para saksi setelah penghitungan suara. Jika si caleg menang, maka secepat kilat kita harus menjumpai caleg untuk melaporkan kesuksesan kita.

Tapi, seandainya terjadi kecelakaan sehingga caleg kalah, maka segera matikan HP dan melanjutkan perantauan. Tentunya selama menipu caleg beberapa bulan, atau mungkin setahun, modal kita sudah lebih dari cukup. Bukan tidak mungkin, dengan modal itu, lima tahun ke depan kita bisa mencalonkan diri sebagai caleg tanpa bisa ditipu oleh siapa pun, sebab kita sendiri sudah berpengalaman menipu.

Semoga trik ini bermanfaat.

EKONOMI

Ingin Kaya? Jangan Ambil Jurusan Ini Saat Kuliah

Published

on

By

Jakarta – Anda yang sedang mempertimbangkan jurusan kuliah mungkin bingung memilih antara minat dan masa depan. Banyak pakar menyarankan calon mahasiswa untuk selalu memilih kebidangan yang disukai agar lebih mudah mendalami.

Namun tak sedikit pula yang menyarankan agar Anda juga memikirkan apakah jurusan itu menjanjikan di masa depan. Jika begitu, hasil riset berikut mungkin bisa jadi referensi.

Setelah lulus kuliah, mahasiswa tentu menginginkan ilmu yang telah dipelajarinya berguna dan menghasilkan banyak uang.

Meski jurusan kuliah tak jadi standar kesuksesan, tapi tak dapat dipungkiri pula jika hal tersebut juga mempengaruhi. Pemilihan jurusan yang tepat bisa membuat Anda mendapat kerja lebih cepat dan berpenghasilan lebih besar.

Mengetahui hal tersebut, sebuah riset dilakukan Institure of Fiscal Studies dan BCC. Temuan dari penelitian tersebut pun cukup menarik. Terungkap bahwa orang-orang yang mengambil 10 jurusan kuliah berikut tergolong berpendapatan lebih rendah dalam lima tahun terakhir.

10. Ilmu sejarah dan filosofi
9. Ilmu sosial
8. Sains biologis
7. Ilmu gabungan
6. Pendidikan
5. Bahasa Inggris
4. Psikologi
3. Komunikasi (termasuk ilmu media, jurnalistik, dan publikasi)
2. Agrikultur
1. Seni kreatif dan desain

Meski begitu, sukses atau tidaknya seseorang memang tidak selalu bergantung dengan jurusan kuliah. Apalagi standar kesuksesan semua orang tidak melulu soal finansial. Banyak pula pekerja yang mengambil jalur karier yang bertolak belakang dengan jurusan kuliah pilihannya dan menjadi sukses di bidang tiu.

Jurusan kuliah yang diketahui menghasilkan pendapat lebih besar, seperti kedokteran atau hukum mungkin memang tampak lebih menjanjikan.

Namun disarankan pula untuk kemampuan dan ketertarikan Anda dengan jurusan tersebut agar bisa lebih menjiwaidalammempelajarinnya. Dengan kesungguhan, setiap orang pasti bisa tetap sukses apapun jurusan kuliahnya. (detik/kabar)

Continue Reading

TIPS

Bagi Penyuka Duren: Ini Tips Sehat dari Meteri Kesehatan RI

Published

on

By

Jakarta – Tak bosan Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek menyerukan ajakan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa jenis penyakit seperti diabetes dan kolesterol tinggi meningkat karena gaya hidup yang tidak sehat.

Sebagai penyedia pelayanan kesehatan, Menkes Nila menyebutkan sekitar 96,8 juta masyarakat Indonesia yang mendapatkan akses pelayanan kesehatan secara gratis dengan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Preminya dibayarkan pemerintah 96,8 juta jiwa. Bayangin hampir 100 juta jiwa, sekarang penduduk kita sudah 260, berarti kira-kira 40 persen itu preminya dibayarkan pemerintah dan dia bisa dapat akses fasilitas kesehatan dan tidak membayar lagi,” ujarnya saat ditemui di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Kamis (8/11/2018).

Jadi ingat, yuk kita jaga kesehatan mulai dari diri sendiri. Makan duren jangan sampai tiga ton itu loh
Nila F Moeloek – Menteri Kesehatan RI

Meski demikian, Menkes Nila tetap menyarankan untuk lebih fokus pada tindakan preventif-promotif untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. Menkes Nila menegaskan bahwa negara sehat itu berawal dari masyarakatnya.

“Masyarakat juga mesti berubah, saya ingat kalimat Pak Presiden, ‘makanan kita semua enak tapi belum tentu sehat’,” ungkap Menkes Nila.

“Jadi ingat, yuk kita jaga kesehatan mulai dari diri sendiri. Makan duren jangan sampai tiga ton itu loh,” tambahnya, menyindir kisah viral tentang muatan durian sebanyak 2 ton yang sempat mengganggu jadwal penerbangan. (detik/kabarakyat)

 

Continue Reading

TEKNOLOGI

Ada Fitur Stiker Baru di WhatsApp Begini Cara Kirimnya

Published

on

KabaRakyat.com – WhatsApp baru saja mengeluarkan fitur terbaru yaitu WhatsApp Stiker.  Meskipun sudah dirilis ke publik, fitur baru ini belum sepenuhnya diterima oleh semua pengguna Android/iOS.

Bagi pengguna yang sudah menerima pembaruan tetapi belum tahu cara pakainya, bisa mengikuti cara berikut. Cara mengirim stiker di ruang obrolan pun mudah, seperti halnya  mengirimkan stiker di Line ataupun Facebook Messenger.

Photo oleh Kompas

Caranya Gampang:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp lalu pilih salah satu chat yang ingin dikirimi stiker.
  2. Kemudian, ketuk ikon emoji yang terletak di sebelah kiri kolom untuk menulis pesan. Ikon stiker akan muncul di sebelah bawah deretan emoji, sejajar dengan ikon emoji dan GIF.
  3. Setelah mengetuk ikon stiker tadi, akan muncul beberapa pilihan stiker.
  4. Karena masih terbilang baru, stiker yang tersedia juga masih sedikit
  5. Namun, sebagaimana KabaRakyat rangkum dari Phone Arena, Minggu (28/10/2018), WhatsApp berjanji menambahkan stiker dari pihak ketiga ke depannya.
  6. Pengguna juga bisa menambahkan koleksi stikernya dengan mengunduh dari toko stiker.
  7. Photo oleh Kompas

    1. Caranya, klik ikon tambah di pojok kanan sub-menu stiker.
    2. Semua koleksi stiker akan dibagi berdasarkan kategori, seperti ekspresi senang, jatuh cinta, sedih, atau marah.
    3. Cara mengunduh stiker di WhatsApp, ketuk ikon tambah lalu unduh stiker yang dipilih.
    4. Semua koleksi stiker akan dikategorikan.
    5. Pengguna bisa pilih stiker favorit yang nantinya terkumpul di ikon bintang.

 

Saat menerima stiker baru yang belum dikoleksi, pengguna bisa melihat-lihat daftar stiker serupa atau menambahkannya ke daftar favorit. Semua stiker yang masuk daftar favorit bisa dilihat dengan megetuk ikon bintang di pojok kiri.

Perlu diingat kembali ya Sobat KabaRakyat, fitur ini masih dirilis secara bertahap. Jika belum muncul pembaruan di toko aplikasi baik Google Play Store maupun Apple Apps Store, pengguna WhatsApp harus bersabar sedikit lebih lama.

Continue Reading
Advertisement

Kategori

Topik Terkini

Trending