Connect with us

PARLEMEN

Bamsoet Sosialisasikan Empat Pilar MPR RI di Ajang Balap Jatim Drag Race and Drag Bike Championship 2021

Published

on

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menekankan, semangat kolaborasi menggabungkan pertandingan olahraga Jatim Racing Machine Madness Drag Race and Drag Bike Championship 2021 dengan vaksinasi ideologi berupa Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, merupakan langkah inovatif yang berdampak strategis. Selain memperluas jangkauan penerima sosialisasi secara lebih masif, meningkatkan kemampuan balap anak bangsa, sekaligus memberikan multiplier effect yang bermanfaat dalam membangkitkan geliat roda perekonomian.

“Olahraga menjadi salah satu sarana untuk menumbuhkan dan membangun nasionalisme bangsa. Nilai-nilai keutamaan dalam olahraga, seperti kegigihan semangat juang, sportivitas, dan fairplay, adalah contoh nilai dalam olahraga yang masih satu tarikan nafas dengan nasionalisme,” ujar Bamsoet dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di ajang Jatim Racing Machine Madness Drag Race and Drag Bike Championship 2021, secara virtual dari Jakarta, Sabtu (25/9/21).

Ketua DPR RI ke-20 ini mengapresiasi terselenggaranya Jatim Racing Machine Madness Drag Race and Drag Bike Championship 2021 yang digelar di Gelora Bung Tomo, Surabaya. Tidak hanya diikuti para pembalap dari Jawa Timur saja, pembalap dari berbagai daerah juga turut hadir. Antara lain dari Palembang, Medan, hingga Gorontalo. Selain mempertandingkan kelas point juara umum Braket 9dtk, Braket 10dtk, Braket 11 dtk, Sedan Stock Modif 1800, Pro NA, dan FFS, juga terdapat kelas OMR CBR250RR dan FFA 2 Silinder demi mengakomodir komunitas motor gede (moge).

“Untuk kelas OMR CBR 250RR menggunakan motor Honda CBR 250RR. Sementara bagi kelas FFA 2 Silinder, menggunakan moge yang berkapasitas 2 silinder dengan kapasitas mesin boleh lebih dari 250cc keatas. Kedua kelas ini akan bertarung di lintasan sepanjang 201 meter, menantang adrenalin joki dalam memacu motor dengan kecepatan mesin di 250cc berkapasitas dua silinder yang terkenal gahar dan kencang,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, melalui ajang tersebut diharapkan bisa hadir para atlet balap motor yang berkualitas. Mengingat lahirnya atlet yang berprestasi, dan tumbuhnya jiwa dan semangat nasionalisme, keduanya sama-sama menuntut adanya keteguhan komitmen, ketahanan mental, serta semangat determinasi yang tinggi.

“Sangat tepat menjadikan olahraga sebagai media yang dapat mempersatukan keberagaman. Ketika atlet nasional bertanding di kancah internasional, maka kita semua satu suara dan satu hati sebagai pendukung tim Indonesia. Beragam perbedaan yang kita miliki, mulai dari perbedaan pandangan politik, latar belakang identitas budaya, kehidupan sosial dan ekonomi, tidak lagi menjadi sekat pembeda,” pungkas Bamsoet. (Dwi)

PARLEMEN

Segera Anulir Penetapan UMK, Sekjen PKS: Pemerintah Harus Patuh!

Published

on

JAKARTA – Sekjen DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi meminta pemerintah harus segera menganulir penetapan Upah Minimum Kabupaten atau Kota atau UMK pasca ditetapkan hasil uji materi UU Cipta Kerja oleh MK. Bagi Habib Aboe, menganulir penetapan UMK sebuah kewajiban.

“Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pemerintah paska Putusan Mahkamah Konstitusi Terkait Pengujian UU Cipta Kerja adalah menganulir penetapan UMK. Hal ini sejalan dengan amar putusan yang telab ditetapkan oleh MK,” kata Habib Aboe pada wartawan Lintas Parlemen, Sabtu (27/11/2021).

Habib Aboe menyampaikan, salah amar putusan MK adalah penangguhan kebijakan strategis terkait UU Cipta Kerja. Dimana amar putusan MK menyatakan untuk menangguhkan segala tindakan/kebijakan yang bersifat strategis dan berdampak luas, serta tidak dibenarkan pula menerbitkan peraturan pelaksana baru yang berkaitan dengan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Tentu ini wajib dipatuhi dan segera dilaksanakan oleh pemerintah.

Menurut Ketua MKD DPR RI ini, UMK adalah kebijakan strategis dan berdampak luas sebagaimana dimaksudkan oleh MK, karenanya kebijakan UMK ini harus dianulir.

“Karena UMK 2022 didasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan untuk menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2022. Dimana aturan tersebut merupakan turunan dari Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja,” jelas Habib Aboe.

Ia menegaskan, pada satu sisi penetapan UMK dengan PP tersebut mendapat penolakan yanv masif dari buruh. Sedangkan pada sisi yang lain legal standing penetapan UMK tersebut dianggap MK tidak konstitusional.

Oleh karenanya, lanjut Anggota Komisi III DPR RI ini, pemerintah wajib patuh terhadap putusan MK tersebut, agar tidak menggunakan Perhitungan UMK 2022 menggunakan PP 36 Tahun 2021.

“Tentunya, seharusnya jika mengikuti amar putusan MK, pemerintah mengacu pada PP Nomor 78 Tahun 2015 untuk menetapkan UMK 2022,” pungkasnya. (HMS)

Continue Reading

PARLEMEN

Hermanto: Maggot Pakan Mampu Turunkan Biaya Produksi Ternak

Published

on

BATUSANGKAR – Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di daerah pemilihan menyempatkan bertemu dengan petani Kabupaten Tanah Datar guna mensosialisasikan manfaat maggot dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Akselerasi Ekspor Budidaya Maggot di Hotel Emersia, Batusangkar, Sabtu (20/11/2021). Ia berharap ada dari peserta kegiatan ini kelak menjadi eksportir maggot.

“Maggot itu berasal dari salahsatu jenis ulat. Banyak orang jijik saat melihat ulat. Tapi kini yang terlihat jijik itulah yang kita kelola menjadi intan permata,” ujar Hermanto dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut.

Maggot, jelasnya, memiliki multifungsi. Maggot merupakan alternatif pakan ternak yang kaya protein. “Penggunaan maggot sebagai pakan mampu menurunkan biaya produksi ternak,” ucap legislator dari FPKS DPR RI ini.

Maggot, lanjutnya, mampu mengurai limbah organik menjadi pupuk organik. “Ini berarti maggot berperan aktif dalam kelestarian lingkungan dan berkontribusi menyuburkan tanaman,” papar Hermanto.

Dengan demikian, katanya, budidaya maggot tidak sulit. Bahan bakunya berupa sampah organik, murah dan mudah didapat. “Kesuksesan dalam budidaya maggot tergantung kedisiplinan kita. Disiplin mengumpulkan sampah organik,” tutur Hermanto.

Dengan sentuhan sains, mengelola sampah maka memanen maggot. “Mengubah barang yang semula tidak bermanfaat menjadi bermanfaat dan menghasilkan uang,” pungkas legislator dari Komisi IV DPR RI ini.

Kegiatan bimtek terselenggara atas kerjasama Badan Karantina Pertanian dengan Komisi IV DPR. Hadir dalam kegiatan ini Koordinator Keamanan Hayati Hewani Sri Endah Ekandari, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang Iswan Haryanto, Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Tanah Datar Nusirwan serta 3 tokoh setempat Adib Fadil, Firdaus Agus dan Ade Raunas. (Joko)

Continue Reading

PARLEMEN

DPR Sayangkan Kembali Terjadi Kebakaran Tangki Pertamina

Published

on

JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI, Andi Yulinani Paris menyayangkan peristiwa kebakaran Tangki Pertamina, Cilacap Jawa Tengah.

“Terlalu sering kebakaran. Kami akan panggil Pertamina untuk mendapat penjelasan detil kebakaran ini. Apakah di kilang atau di bagian lain,”ujar Andi Yuliana Paris dalam pesan singkatnya kepada Parlementaria, Sabtu (12/11).

Politisi dari Fraksi PAN ini kembali menambahkan, harus ada audit forensik terhadap kelayakan alat. Termasuk menanyakan apakah semua alat di Kilang- Kilang memang rawan terhadap petir.

Sebagaimana diketahui telah terjadi kebakaran tangki Pertamina di Cilacap pada Sabtu (13/11) pukul 19.15 WIB. Konon, tangki 36T102 berisi Pertalite dengan level tangki 15,9 meter versus maximal level 20 meter atau sekitar volume 31.000 KL versus maximal 39.000 KL. (Ayu)

Continue Reading

Kategori

Topik Terkini

Trending