Connect with us

OLAHRAGA

Diangkat Jadi Penasehat Serpong City Football Club, Bamsoet Dorong Pengusaha Muda Majukan Dunia Olahraga

Published

on

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang sebelumnya diangkat menjadi Penasehat Club Bola Liga-1 Borneo FC, kembali dinobatkan menjadi Penasehat Serpong City FC yang akan menjadi Tim Satelit Borneo FC yang Siap Tampil di Liga-3 Zona Banten November 2021 mendatang.

Serpong City Football Club, merupakan klub sepakbola liga 3 zona Banten. Dirinya juga mendukung langkah para pengusaha muda terjun ke dunia olahraga. Seperti yang dilakukan Nabil Husein, Mochamad Chandra Kurniawan, dan Daniel Zii yang mengakuisisi Serpong City FC pada Oktober 2021. Kehadiran mereka akan semakin membuat dunia olahraga Tanah Air, khususnya sepakbola, semakin meriah, modern, dan yang pasti tampil segar dan kekinian.

“Serpong City FC secara resmi berdiri sebagai klub sepak bola profesional dan menjadi anggota Asprov Banten pada tahun 2020. Di tahun 2021, secara resmi diakui PSSI menjadi klub sepak bola. Kini, Serpong City FC siap menghadapi Liga 3 yang akan bergulir pada November mendatang. Bukan sekadar mengejar kemenangan dalam setiap pertandingan, lebih dari itu, Serpong City harus berkomitmen mengedepankan pembinaan terhadap bibit-bibit muda sepakbola,” ujar Bamsoet dalam ‘Launching Tim dan Jersey Serpong City’, di Jakarta, Jumat malam (30/10/21).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, dari 270 juta penduduk Indonesia, sebanyak 27,94 persen atau sebesar 75,49 juta jiwa merupakan Generasi Z kelahiran 1997-2012, yang kini berusia antara 8-23 tahun. Sedangkan 10,88 persennya atau sekitar 29,4 juta jiwa merupakan generasi Post Gen Z yang lahir pada tahun 2013 keatas, yang kini berusia maksimal 8 tahun.

“Jika di total, generasi Post Gen Z dan Generasi Z (0-23 tahun), jumlahnya mencapai 104,8 juta jiwa. Seharusnya tidak sulit menemukan bakat hebat dari 104,8 juta jiwa tersebut untuk menjadi pesepakbola handal. Jumlah penduduk muda Indonesia unggul jauh dibandingkan jumlah penduduk Italia yang totalnya mencapai 60 juta jiwa, Inggris (67,22 juta jiwa), ataupun Spanyol (47,35 juta jiwa). Bahkan juga masih unggul jauh dibandingkan Thailand yang secara keseluruhan jumlah penduduknya mencapai 70 juta jiwa,” jelas Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menerangkan, Serpong City FC yang memilih berjersey merah dan hitam, dengan beruang sebagai logo, dan menyandang julukan Red Beast (Beruang Merah), tidak boleh melupakan asal usul jati diri mereka. Serpong City didirikan oleh Founder Ricky Nelson pada 12 Desember 2012, sebagai Sekolah Sepakbola yang fokus pada pembinaan bibit sepakbola usia dini. Jati diri ini harus tetap dipegang dan dijalankan.

“Konsistensi Serpong City FC dalam pembinaan bibit muda tidak boleh ditinggalkan hanya karena kesibukan menghadapi pertandingan di Liga 3. Karenanya, infrastruktur managemen tim harus diperkuat. Agar bisa tercipta kesimbangan antara pembinaan, prestasi, dan industri. Ketiganya harus saling menopang satu sama lain,” pungkas Bamsoet. (Dwi)

OLAHRAGA

Bamsoet: IMI dan The Brotos Gelar Kejuaraan Balap Vespa ‘The Brotos Vespa Race Championship 2022’

Published

on

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, untuk pertama kalinya IMI bersama komunitas vespa The Brotos, akan menyelenggarakan kejuaraan balap Vespa, The Brotos Vespa Race Championship 2022. Diselenggarakan sebanyak tiga seri di Sirkuit Internasional Karting Sentul, Bogor, Jawa Barat. Seri I pada 15-16 Januari 2002. Seri II pada 4-5 Juni 2022, dan Seri III pada 8-9 Oktober 2022. Memperebutkan total hadiah mencapai Rp 300 juta.

“Diikuti sekitar 350 pembalap Vespa yang akan bertanding di tiga kelas, Regular, Profesional, dan Support. Kelas regular terdiri dari 2T STD Tune Up Pemula, 2T STD Tune Up Open, 2T Tune Up Pemula, 2T Tune Up Open, 2T Tune Up Non Pembalap, 2T FFA Open, Smallframe Tune Up Open, Smallframe FFA Open, 4T STD Tune Up Open, 4T Tune Up Open, 4T Tune Up Non Pembalap, dan 4T FFA Open,” ujar Bamsoet usai menerima panitia The Brotos Vespa Race Championship 2022, di Jakarta, Jumat (14/1/22).

Panitia The Brotos Vespa Race Championship 2022 yang hadir antara lain Ketua Muhammad Ali Reza, Sekretaris Rifky Alhabsyi, dan Koordinator Acara Azizir Arfat.

Ketua DPR RI ke-20 ini menambahkan, untuk kelas Profesional yang dipertandingkan antara lain 2T STD Tune Up Open, 2T Tune Up Open, 2T FFA Open, 4T STD Tune Up Open, 4T Tune Up Open, 4T FFA Open. Sedangkan kelas Support terdiri dari 40+A&B, serta ZIP.

“Kejuaraan menggunakan sistem poin, sebagaimana yang diterapkan dalam kejuaraan balap MotoGP. Pembalap yang finish pertama disetiap serinya mendapatkan 25 poin, finish kedua 20 poin, finish ketiga 15 poin, hingga finish kesepuluh mendapatkan 1 poin. Poin yang didapatkan oleh setiap pembalap dalam setiap seri akan diakumulasikan untuk menentukan juara umum yang akan diumumkan usai penyelenggaraan Seri III pada 8-9 Oktober 2022,” tandas Bamsoet.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menerangkan, tidak hanya menyelenggarakan balap Vespa, The Brotos Vespa Race Championship 2022 juga akan menampilkan vespa contest, lomba foto dan video di instagram, bazar aksesoris vespa klasik dan metik, hingga doorprize vespa PX restorasi.

“Vespa Contest akan menampilkan 2T Original Style 60’s, 2T Original Style 70’s, 2T Original Style 80’s dan 90’s, 2T Restorasi Style 60’s, 2T Restorasi Style 70’s, 2T Restorasi Style 80’s dan 90’s, 4 T Good Looking, dan 4 T Racing Looking,” terang Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, sejak masuk ke Indonesia pada tahun 50-an, jumlah penggemar vespa di Indonesia hingga kini terus meningkat. Bahkan pada tahun 2020, tercatat sudah mencapai 40 ribu. Berdasarkan laporan PT Piaggio Indonesia (PID) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Vespa di Indonesia, komunitas penggemar Vespa di Indonesia merupakan terbesar kedua di dunia, setelah Italia yang menjadi negara asal Vespa.

“Selain untuk menggairahkan olahraga balap Vespa di Tanah Air, kejuaraan ini juga sebagai apresiasi atas keberhasilan Vespa yang akan memasuki usia ke-76 tahun. Sekaligus perayaan karena pada tahun 2021 ini, vespa sudah mencapai produksi lebih dari 19 juta unit,” pungkas Bamsoet. (Dwi)

Continue Reading

OLAHRAGA

Piala Juara Balap World Superbike 2021 Mandalika Buatan Seniman UMKM Bali

Published

on

LOMBOK – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengapresiasi hasil karya Tuksedo Studio Bali dalam membuat trofi khusus bagi para juara World Superbike 2021, World Supersport 2021, dan Asia Talent Cup 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Desain masing-masing trofi memiliki filosofi yang berfokus pada simbolisasi Mandalika sebagai sirkuit tempat balap kejuaraan internasional tersebut diselenggarakan.

“Trofi dibuat secara handmade oleh para seniman Indonesia di Tuksedo Studio Bali. Sehingga mampu meninggalkan kesan mendalam bagi para juara yang menerimanya, maupun bagi penggemar balap pada umumnya. Sekaligus menjadi bukti nyata betapa hebatnya talenta serta potensi warga Indonesia sebagai pekerja, partisipan aktif, hingga penyelenggara ajang olahraga otomotif di level internasional,” ujar Bamsoet saat menyaksikan World Superbike 2021, di Pertamina International Street Circuit, di Kuta Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (21/11/21).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, materi trofi terbuat dari bahan dasar aluminium dan stainless steel sebagai representasi dari Tuksedo Studio Bali yang bergerak dalam bidang pembuatan kit car, modifikasi, re-kreasi, hingga restorasi kendaraan, yang juga menggunakan kombinasi material yang sama dalam berbagai project kendaraan mereka.

“IMI senantiasa mendukung pelibatan UMKM industri dalam negeri dalam mendukung penyediaan sarana dan prasarana dalam setiap penyelenggaraan kejuaraan otomotif. Baik kejuaraan skala regional, nasional, hingga internasional. Pelibatan UMKM menjadi bukti bahwa karya mereka memiliki kualitas internasional, sekaligus menjadi tambahan dorongan bagi mereka untuk semakin meningkatkan kualitas dan produktifitas,” jelas Bamsoet.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menerangkan, selain melibatkan Tuksedo Studio Bali, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku penyelenggaran World Superbike 2021 dan Asia Talent Cup 2021 juga melibatkan tidak kurang dari 330 UMKM lokal NTB untuk memeriahkan kedua ajang kejuaraan internasional tersebut. Menyediakan berbagai produk cinderamata mulai dari seni kriya, kuliner, pakaian, hingga aksesoris berupa mutiara.

“Lokasi gerai mereka tersebar. Ada yang di parkir sebelah timur sirkuit, yang memiliki stand masing-masing berukuran 20×50 meter yang disiapkan Pemprov NTB dan 20×20 meter yang disiapkan Pemkab Lombok Tengah. Selain itu juga ada stand yang berlokasi di pintu VIP sirkuit dengan ukuran stand 20×20 meter. Seluruh UMKM yang terlibat yang tidak dikenakan biaya maupun dipungut pajak. Mereka gratis berjualan disana,” pungkas Bamsoet. (dwi)

Continue Reading

OLAHRAGA

Senangnya PKS WSBK Mandalika Sukses Gegara Ini…

Published

on

JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi bangga atas diselenggarakannya WSBK atau World Superbike Mandalika. Bagi Habib Aboe, kegiatan internasional itu berhasil atas jasa kader PKS sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Sebagai sekjend PKS tentu saya sangat bangga atas penyelenggaraan WSBK di Mandalika. Karena perhelatan internasional itu berhasil terlaksana di bawah kepemimpinan Gubernur Zulkifliemansyah, salah satu kader terbaik PKS,” kata Habib Aboe pada Lintas Parlemen, Ahad (21/11/2021).

“Kepada Gubernur NTB kami selalu ingatkan agar mensukseskan gelaran WSBK di Mandalika. Karena hal ini terkait dengan nama baik bangsa di dunia internasional. Secara moral kami memberikan dukungan penuh untuk kesuksesan acara tersebut,” sambung Habib Aboe.

Tak hanya sukses penyelenggaraan, sebagai pimpinan partai dirinya juga sering mengingatkan agar penyelenggaraan WSBK ini membawa dampak positif untuk masyarakat lombok, baik langsung maupun tidak.

Menurut Ketua MKD DPR RI ini, WSBK Mandalika ini bampak langsung tentunya berupa perputaran ekonomi selama penyelenggaraan WSBK ini. Berbagai usaha masyarakat lombok menjadi hidup kembali, perputaran ekonomi kembali berasa setelah terdampak pandemi sekian lama.

“Dampak tak langsungnya adalah citra positif lombok sebagai destinasi wisata. Serta semakin dikenalnya lombok di dunia internasional. Tentunya ini menjadi investasi jangka panjang untuk pembangunan lombok ke depan,” jelas politisi senior PKS asal Kalimantan Selatan ini. (HMS)

Continue Reading

Kategori

Topik Terkini

Trending